(024) 76601186 umroh@syakirawisata.com

Jamaah umroh yang sedang melaksanakan ibadah umroh di Kota Suci Makkah dipastikan akan terimbas pada Renovasi Sumur – Zam. Hal ini terjadi karena proyek renovasi sumur zam – zam memang memakan sebagian area Thawaf. Banyak jamaah umroh yang mengeluhkan menyempitnya area thawaf karena sebagian di tutup oleh pagar pembatas. Para penjaga masjid pun membatasi jamaah yang akan mendekat di Ka’bah khusus bagi mereka yang mengenakan kain ihram.

proyek renovasi sumur zam - zam

Ketika Dikonfirmasi oleh Saudi Gazette, Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais, Imam Besar Masjidil Haram yang sekaligus menjabat sebagai Kepala kepresidenan Dua Masjid Suci. Membenarkan bahwa saat ini tengah berlangsung proyek renovasi sumur Zamzam yang diharapkan akan bisa segera selesai sebelum datangnya bukan suci Ramadhan 1439 H.

Pihak kerajaan Arab Saudi mengerahkan lebih dari 250 insinyur dan tenaga ahli terbaiknya, hingga para teknisi, serta buruh bangunan. Tak Cuma SDM, dari sisi peralatan pun ditunjang dengan 11 derek modern. Para pekerja dan peralatan ini terus bekerja sepanjang waktu untuk mempercepat proyek renovasi saluran air sumur peninggalan zaman Nabi tersebut.

Ketika meninjau langsung proyek renovasi sumur zam zam Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais seperti dikutip Harian Arab Saudi, Al Madina menambahkan. Bahwa proyek ini terbagi atas beberapa bagian. Disetiap bagiannya memiliki ukuran 8 meter serta memiliki panjang 120 meter, kata Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais.

Hingga tulisan ini di turunkan proyek renovasi Sumur Zam Zam telah selesai Sekitar 50 persen pekerjaan. Semua nya berjalan dengan baik, Sehingga di harapkan saat bulan Ramadhan semua nya telah selesai, dan area thawaf dapat dibuka 100 % kembali. Sebagaimana diketahui bahwa bulan Ramadhan adalah puncak kepadatan jamaah umroh yang datang dari segenap penjuru dunia.

renovasi sumur zam - zam

Meskipun beroperasi selama 24 jam penuh, namun pengerjaan proyek akan dihentikan 30 menit sebelum adzan berkumandang. Proyek akan dilanjutkan segera setelah pelaksanaan ibadah shalat wajib selesai. 11 crane di terjunkan untuk menggali sisa – sisa beton peninggalan renovasi sebelumnya. Puluhan truk juga terlihat lalu – lalang membawa sisa – sisa puing beton keluar dari masjid.

Hingga saat ini terhitung sudah tiga setengah bulan proyek renovasi sumur zam – zam berjalan. Semua pengawasan dilakukan secara ketat oleh pihak Kepresidenan Dua Masjid Suci. Diperkirakan proyek ini akan selesai dalam waktu tiga bulan lagi.

Sejak awal proyek renovasi sumur zam – zam dimulai para petugas keamanan selalu mencegah jamaah umroh dan peziarah kecuali mereka yang sedang ber ihram memasuki sekeliling (mendekat) di sekitar Ka’bah. Untuk para jamaah Umroh saja, yang sedang mengenakan pakaian ihram yang diizinkan thawaf di lantai dasar, berdekatan dengan Ka’bah.

Mereka yang melaksanakan thawaf sunnah atau mereka yang melaksanakan ibadah lain selain ibadah thawaf umroh di sediakan tempat di tingkat atas. Namun Tawaf juga tidak diizinkan di laukan di lantai atap masjid. Hal ini sebagai tindakan pencegahan manakala crane sedang beroperasi.

proyek renovasi sumur air zam - zam

Para calon jamaah umroh yang dikoordinir oleh Biro Umroh atau pun mereka yang melaksanakan nya secara mandiri dapat memasuki Masjidil Haram melalui pintu nomer 87, 88, 89, 93 dan 94. Kelima pintu tersebut langsung memberikan akses menuju mataf (tempat thawaf) melalui akses jalan yang baru.

Proyek renovasi sumur Zam – zam secara garis besar terdiri atas dua bagian. Pada bagian pertama mendirikan lima tendon guna transit air zam – zam pada sayap timur, dan bagian kedua untuk sterilisasi air terutama menghilangkan partikel – partikel besi, beton, serta material lain bekas renovasi masjidil haram beberapa waktu yang lalu.

Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais menegaskan bahwa proyek renovasi sumur zam – zam ini sebagai bukti bahwa pemerintah kerajaan Saudi Arabia senantiasa selau memperbaiki fasilitas dan pelayanan terkait infrastruktur bagi para jamaah haji dan umroh serta peziarah dari seluruh dunia. Juga untuk melindungi kualitas air sumur Zam zam yang bersejarah dan terkenal berkhasiat.

 

Renovasi Sumur Zam – Zam