(024) 76601186 umroh@syakirawisata.com

Manasik Haji Ajaran Rasulullah Muhammad SAW mengandung berbagai rahasia dan makna ibadah haji dalam berbagai aspek. Ada baiknya kami kemukakan tuntunan praktis ibadah haji (manasik al-hajj). Hal ini akan berguna tidak saja bagi mereka yang sudah pernah berhaji, namun bagi mereka yang akan berhaji sebagai tuntunan yang mudah dan praktis.  

manasik haji

 

Penulis kemukakan sabda Rasulullah Muhammad SAW yang cukup panjang mengenai pelaksanaan haji :Sehingga pembaca dapat memahami lebih lanjut tentang berbagai makna dan hikmah berhaji, serta akan memiliki wacana yang utuh, tidak sebagian (parsial).

Dari Jabir Ibnu Abdullah bahwa Rasulullah SAW menunaikan haji dan kami keluar bersamanya. Ketika kami sampai di Dzul Hulaifah, Asma’ binti Umais melahirkan, lalu Beliau bersabda, “Mandilah dan bercawatlah dengan kain, lalu berihramlah,” dan Rasulullah shalat di masjid, kemudian naik unta Qoshwa (julukan unta Nabi). Ketika tiba di Baida’ beliau bertalbiyah dengan kalimat tauhid,

 

لَبَّيْكَ اَللَّهُمَّ لَبَّيْكَ,لَبَّيْكَ لاَشَرِيكَ لَكَ لبَّيْكَ,إِنَّ اَلْحَمْدَوَالِنّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ,لاَشَرِيِكَ لَكَ

“Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Aku penuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu. Segala puji, nikmat dan kerajaan hanya milik-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu.”

 

Ketika kami sampai di Ka’bah, beliau menyentuh Hajar Aswad, lalu tawaf dengan berlari-lari kecil tiga kali dan berjalan empat kali. Kemudian Beliau datang ke Maqam Ibrahim dan shalat. Setelah itu beliau kembali lagi ke Hajar Aswad dan menjamahnya. Lalu beliau keluar dari pintu menuju Shafa. Ketika sudah mendekati Shafa, Beliau membaca:

 

manasik haji

 

Lalu Beliau menaiki puncak Shafa sehingga dapat melihat Ka’bah. Kemudian beliau menghadap Ka’bah. Kemudian Beliau menghadap Ka’bah, lalu membaca kalimat Tauhid dan Takbir, serta mengucapkan:

لاَإِلهَ إِ لاَّ اللَّهُ وَحْدَ هُلاَشَرِيك لَهُ,لَهُ الْمُلْكُ,وَلَهُ الْحَمْدُ,وَ هُوَعَلَى كُلِّ شَيْ ءٍقَدِ يٌر,لاَإِلَهَ إِلاَّاللّهُ وَحْدَ هُ أَنْجَزَو عْدَ هُ,وَنَصَرَعَبْدَ هُ,وَ هَزَمَ الْأَحْزَا بَ وَ حْدَ هُ

“Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan, bagi-Nya segala puji, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tiada Tuhan selain Allah Yang Esa, yang menepati janji-Nya, menolong hamba-Nya, dan menghancurkan golongan-golongan musuh sendirian.”

 

Kemudian Beliau berdoa seperti itu tiga kali, lalu turun ke Marwah. Ketika kedua kakinya menginjak tengah-tengah lembah, beliau berlari-lari kecil, lalu kami mellihat beliau berjalan biasa menuju Marwah. Di Marwah beliau berbuat sebagimana yang beliau lakukan di Shafa. Kemudian perawi melanjutkan hadist dan di dalamnya disebutkan: Tatkala tiba hari Tarwiyah, mereka berangkat menuju Mina dan Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam menaiki kendaraannya.

Di tempat itu (Mina) Beliau shalat Zuhur, Asar, Magrib, Isya, dan Subuh. Kemudian beliau beliau berhenti sejenak hingga matahari terbit, lalu Beliau berangkat menuju Arafah, dan Rasulullah telah mendapatkan kemahnya telah dipasang di Namirah. Baliau singgah di tempat tersebut. Ketika matahari tergelincir, bilau menyuruh agar untanya, Qoshwa, disiapakan. Kemudian beliau berkhutbah di tengah lembah dan di tengah-tengah manusia.

 

 

Setelah azan dan ikamah, Rasulullah shalat Zuhur. Kemudian ikamah dan shalat Asar, dan Beliau tidak melakukan shalat apapun antara keduanya. Lalu Rasulullah menaiki kendaraan menuju tempat wukuf. Beliau merapatkan perut untanya ke batu – batu besar. Beliau berhenti di jalan besar dan menghadap kiblat. Beliau terus wukuf hingga matahari terbenam, awan kuning mulai menghilang dan bola matahari telah benar-benar lenyap, lalu Rasulullah bertolak. Beliau mengencangkan kendali untanya hingga kepala unta itu menyentuh tempat duduk kendaraan.

Beliau memberi isyarat dengan tangan kanannya sambil bersabda, “Wahai sedikit demi sedikit sehingga unta itu dapat berjalan mendaki. Setibanya di Muzdalifah Rasulullah shalat Magrib dan Isya dengan sekali azab dab dua kali ikamah. Beliau tidak membaca tasbih apapun antara keduanya.

Kemudian Beliau berbaring hingga fajar terbit. Beliau shalat subuh tatkala berangkat dengan kendaraannya, dan ketika sampai di Masy’aril Haram, Beliau menghadap kiblat. Rasululah lalu membaca doa, takbir, dan tahlil. Beliau tetap berada di situ hingga terang benderang, lalu beliau bertolak sebelum matahari terbit.

Ketika tiba di Lembah Muhassir, Beliau mempercepat kendaraannya sedikit dan memilih jalan tengah yang keluar menuju ke tempat Jumroh Qubra. Setibanya di Jumroh dekat pohon, beliau melempar tujuh kali lemparan batu-batu kecil, setiap biji batu sebesar kelingking. Beliau melempar dari tengah-tengah lembah itu. Dikutip dari Terjemah Kitab Bulughul Maram  disebutkan Kemudian beliau menuju tempat penyembelihan dan berkurban di tempat tersebut. Lalu menaiki kendaraan menuju Baitullah untuk melakukan tawaf ifadhah dan salat Zuhur di Mekkah.

thawaf ka'bah

 

Dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah SAW (setelah tawaf Ifadhah, selesai mencukur rambut) berdoa:

اَللَّهُمَّ ارْحَمِ الْمُحَلِّقِينَ

“Ya Allah rahmatilah orang-orang yang mencukur rambutnya.”

Mereka bertanya: Dan orang-orang yang memendekkan rambutnya, wahai Rasulullah. Beliau berdoa yang ketiga kalinya, “Dan orang-orang yang memendekkan rambutnya.”

Dari Abdullah Ibnu Amar Al-‘Ash bahwa Rasulullah SAW berhenti pada haji Wada dan orang-orang saling bertanya kepada beliau. Seorang laki-laki bertanya, “Aku tidak sadar, aku telah mencukur sebelum menyembelih kurban.” Beliau bersabda : “Sembelihlah kurban, tidak apa-apa.” Pada hari itu beliau tidak ditanya dengan sesuatu yang didahulukan dan diakhirkan kecuali beliau menjawab, “kerjakanlah, tidak apa-apa.” (Diriwayatkan oleh Bukhari-Muslim dengan panjang, Bulugh Al-Maram, No. 759, 782, 783).

Jadi, sebenarnya manasik haji Rasulullah Muhammad SAW cukup sederana dan ringan untuk dijalankan. Lain halnya dengan sekarang, yang sering kali memberatkan jemaah, yaitu dengan adanya kesan yang begitu rumit dalam pelaksanaan ibadah haji dengan keharusan menghafalkan doa-doa yang sangat banyak. Kebanyakan doa tersebut merupakan tambahan dari para ulama berikutnya. Kalau mampu, memang tidak masalah. Namun, jika memang kesulitan, sebaiknya kembali kepada aturan pokok Rasulullah SAW sebagaimana disebutkan dalam hadist tersebut.

 

madinah hijrah

 

Pada bagian selanjutnya penulis kemukakan tuntunan praktis manasik haji bagi orang muslim, yang didasarkan pada tuntunan Al-Qur’an, Sunah Nabi, dan pendapat para ulama yang rajih (terkuat dan dipercaya). Bagian Pertama, Ihram

 

Tag : Manasik Haji