(024) 76601186 umroh@syakirawisata.com

Terkadang di dalam memilih paket umroh, masyarakat sekarang berlomba – lomba untuk mendapatkan harga yang murah dengan mengesampingkan keberadaan Asuransi Perjalanan ibadah umroh. Padahal apabila ditilik lebih dalam, keberadaan asuransi ini urgen dalam kesuksesan ibadah umroh, selain faktor tiket, visa, hotel dan land arrangement umroh.

asuransi haji dan umroh

Indonesia adalah penduduk yang mayoritas adalah umat muslim. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan lamanya daftar tunggu haji, tak jarang mereka menunaikan ibadah umroh terlebih dahulu. Ketika menunaikan ibadah umroh tidak sedikit pula risiko yang harus di hadapi yang sebenarnya merupakan hal yang tidak diharapkan.

Itulah pentingnya suatu upaya perlindungan, dalam hal ini Asuransi Perjalanan Ibadah Umroh  guna mengatisipasi hal yang tidak diinginkan, sekaligus demi kenyamanan perjalanan dalam beribadah.

Asuransi Perjalanan  Umroh ialah sebuah produk asuransi yang dalam hal ini mengusung perlindungan atas segala risiko selama perjalanan umroh. Risiko tersebut antara lain  kecelakaan, meninggal dunia, perawatan medis, hingga kehilangan barang atau harta benda serta gangguan dalam penerbangan umroh.

Asuransi perjalanan  Umroh adalah produk asuransi yang dikembangkan secara syariah oleh masing-masing perusahaan asuransi. Asuransi Syariah ialah sebuah sistem dimana semua jamaah umroh (termasuk jamaah dari beberapa travel umroh yang lain) “mendonasikan” sebagian atau semua premi yang telah mereka bayar untuk dipakai membayar klaim atas musibah yang dirasakan oleh beberapa peserta lain nya. Sehingga menggunakan risk sharing, atau berbagi untuk meghadapi risiko tertentu.

asuransi penerbangan umroh

Prinsip tolong-menolong ini menjadi point central dalam konsep asuransi syariah, tak terkecuali dalam Asuransi Perjalanan Ibadah Umroh. Sesama nasabah dalam sebuah perusahaan asuransi memang diharuskan untuk saling berderma dan saling menolong antara satu dengan yang lainnya, meskipun secara langsung tidak saling mengenal.

Hal inilah yang dilaksanakan ketika di antara para nasabah, yang dalam hal ini juga jamaah umroh tertimpa  musibah dan merasakan kerugian.  Dalam hal ini pihak perusahaan asuransi Cuma  akan beraksi sebagai pengelola dana saja. Demikain lah  di dalam konsep dasar asuransi syariah.

Ada sejumlah manfaat yang bakal di peroleh jamaah maupun biro umroh yang memasukkan  Asuransi dalam komponen penyusun biaya umroh, diantaranya:

  1. Perlindungan atas Kecelakaan

Manfaat kemalangan ini akan menyerahkan uang santunan kepada para ahli  waris bilamana jamaah umroh (tertanggung) meninggal dunia. Dapat karena murni peristiwa kecelakaan, cacat tetap maupun sebagian karena sebab kecelakaan atau bahwa perlu mendapatkan perawatan medis oleh sebab kecelakaan pula.

rumah sakit haji umroh

2. Perawatan Medis

Perawatan medis para jamaah umroh antara lain bantuan berupa ongkos pengobatan, ongkos rawat inap atau biaya-biaya lainnya yang barangkali timbul selama menunaikan perjalanan ibadah Umroh di Saudi Arabia.

Biaya ini seringkali akan ditanggung terlebih dahulu oleh peserta, yang nantinya sesudah kembali dari perjalanan  umroh, peserta dapat mengajukan klaim ke perusahaan asuransi yang bersangkutan. Tentu saja dengan segala dokumen dan kelengkapannya mesti dipersiapkan terlebih dahulu, supaya saat kembali dari perjalanan Umroh, tidak terdapat dokumen yang disusulkan untuk mengajukan klaim.

3. Uang Tunai

Asuransi Perjalanan Ibadah Umroh seringkali digunakan sekaligus guna menabung atau menyisihkan penghasilan secara terencana  yang diperlukan untuk menunaikan perjalanan umroh di masa berikutnya. Dana tunai yang terdapat di Asuransi Perjalanan Ibadah Umroh ini nantinya akan menghasilkan  dana tunai dengan jumlah yang dapat dipastikan dan dapat  dicairkan di tahun tertentu sesuai kesepakatan.

asuransi perjalanan ibadah umroh

Dana tunai yang dihasilkan ini nantinya akan dapat membiayai perjalanan umroh anda dan keluarga pada tahun yang telah disepakati. Dana itu besarnya bermaca – macam, bergantung pada jumlah premi yang sekaligus sebagai uang simpanan yang disepakati pada saat membeli produk Asuransi Perjalanan Ibadah Umroh tersebut.

4. Meninggal Dunia

Manfaat lain nya yakni perlindungan berupa uang pertanggungan bilamana jamaah umroh (tertanggung) meninggal dunia saat dalam masa perlindungan produk Asuransi Perjalanan Ibadah Umroh tersebut. Karena saat perjalanan umroh yang relative lama, maka bisa saja  jamaah umroh atau tertanggung meninggal dunia oleh berbagai sebab.

Karena hal tersebutlah maka selama  dalam masa kontrak asuransi perjalanan Umroh ini, maka pihak ahli waris atau keluarga di Indonesia bakal mendapatkan uang pertanggungan sekaligus santunan atas kabar duka  yang dialami.

5. Kehilangan Bagasi maupun Keterlambatan Penerbangan Umroh

Manfaatnya berupa ganti rugi bilamana jamaah umroh mengalami kehancuran atau kehilangan bagasi dan atau harta benda individu selama mengerjakan perjalanan  Umroh maupun yang berkaitan dengan penerbangan umroh.

Sebagaimana diketahui, pada penerbangan umroh antar benua sangat riskan adanya keterlambatan jadwal. maupun karena proses transit dalam perjalanan umroh akan sangat rawan atas kehilangan bagasi tercatat.  Disinilah pihak asuransi akan berperan.

asuransi perjalanan umroh haji

Biasanya jamaah umroh telah menyepakati besaran dana yang diberikan, untuk kemudian membeli barang – barang yang dibutuhkan dikarenakan hilangnya bagasi penerbangan umroh.

Demikian setidaknya beberapa manfaat asuransi perjalanan ibadah umroh. Sekali lagi, pastikan biro umroh anda telah memasukkan unsur asuransi dalam komponen biaya paket umroh. Semoga bermanfaat.