(024) 76601186 umroh@syakirawisata.com

Tidak terdapat satu jamaah haji maupun umroh yang menginginkan sakit saat beribadah. Namun risiko terkena penyakit sudah barang tentu merupakan sebuah risiko dari mereka yang menunaikan ibadah di Tanah suci. Berbagai faktor penyebabnya, perbedaan iklim, cuaca,  lingkungan, dan kelelahan sudah barang tentu akan berpengaruh besar pada daya tahan tubuh seorang jamaah. Untuk calon jamaah umroh maupun haji Syakira Wisata, usahakan perhatikan 6 Tips Menjaga Kesehatan saat Beribadah Umroh dari Syakira Wisata, penyedia Paket Umroh Murah dan Haji Khusus.

Tips ini  supaya kesehatan tetap terjaga dengan baik, hingga dapat melalui seluruh rangkaian proses perjalanan umroh dan haji. Berikut 6 Tips Menjaga Kesehatan saat Beribadah Umroh

  1. Selalu Gunakan Masker

Jamaah umroh maupun haji secara umum banyak yang menderita penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan) sekembalinya dari tanah suci. ISPA sebetulnya bukanlah penyakit yang berbahaya, apabila mendapat perawatan dengan baik dan segera. Gejala yang menandai timbulnya ISPA dimulai dari bersin-bersin, batuk, dan demam.

tips menjaga kesehatan

ISPA sangat gampang sekali menular, oleh karena sebagai langkah pencegahan. Kecuali sedang berniat ihram,  selalu gunakan  masker ketika Anda bepergian keluar.  Masker pun akan menghambat penyebaran virus dari tubuh Anda terhadap jamaah lain.

 

  1. Rutin Cuci Tangan

Tangan merupakan salah satu “sarang” virus dan bakteri. Rutin mencuci tangan merupakan salah satu bentuk pencegahan virus dan kotoran memasuki tubuh kita. Jika ada peluang pergi ke toilet, ambil wudhu ataupun sekedar membersihkan tangan. Fasilitas toilet di hotel dekat masjidil haram dan masjid – masjid yang ada di tanah suci banyak yang meyediakan sabun cair  pembersih tangan,

Tangan adalahsarang bakteri dan virus, bilamana kita menyentuhkan tangan yang kotor ke hidung atau mulut maka akan mengakibatkan virus dan bakteri gampang masuk ke tubuh. Salah satu penyebaran ISPA dan diare juga diakibatkan kebersihan tangan kita sendiri.

  1. Perbanyak Minum Air Putih dan Air Zam – Zam

Rendahnya tingkat kelembaban udara di Kota suci Mekkah dan Madinah mengakibatkan tubuh kita cepat kehilangan cairan. Sehingga Mengakibatkan jamaah umroh dan haji yang sedang berada di kedua kota suci itu  gampang sekali terkena dehidrasi.

Air Zam - zam

Memperbanyak  konsumsi air putih baik itu air mineral atau air zam – zam. Umumnya hotel yang dipakai oleh jamaah selama di tanah suci selalu menyiapkan  air putih. Hindari mengkonsumsi air dingin. Karena ini akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh.

Mengkonsumsi minimal 2 liter air putih selain akan menjaga keseimbangan cairan tubuh juga dapat mengurangi risiko jet lag pasca penerbangan umroh.

  1. Bawa sun-block dan Pelembab Bibir

Kelembaban udara yang rendah dan terik matahari yang menyengat gampang sekali menyebabkan kulit dan bibir pecah-pecah, bahkan hingga mimisan. Selain Perbanyak minum  air putih dan air zam – zam, sediakan lotion anti sinar matahari (sun-block) juga  pelembab bibir. Setiap keluar kamar pergunakan  selalu lotion sun-block dan pelembab bibir. Sun-block dan pelembab bbir yang tidak mengandung alkohol dan wewangian banyak di jual di toko oleh – oleh umroh.

suhu panas mekkah 6

Sun-block dan pelembab bibir ini akan melindungi kulit dan  bibir dari panasnya sengatan matahari secara lansgung. Bilamana kulit dan bibir jamaah umroh dan haji terasa  pecah-pecah saat beribadah di tanah suci, terlebih di kaki, maka ini bakal sangat menyakitkan. Terutama  menyulitkan Anda saat menunaikan  ibadah wajib dan sunah di Masjid. Dan jangan anggap enteng kehilangan sandal di Masjidil Haram

  1. Jaga Pola Makan

Tips selanjutnya agar ibadah umroh anda dan keluarga lancer saat berada di tanah suci ialah menjaga pola makan. Memang banyak ditemukan “gejala” lelah dan rasa makanan yang tidak sesedap saat di tanah air membuat seseorang kehilangan nafsu makan. Namun hal ini tidak boleh dijadikan sebagai alasan untuk tidak makan.

Yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan nutrisi dan gizi, Tetap menjaga pola makan empat sehat lima sempurna. Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang berserat. Hindari merokok saat beribadah umroh dan haji. Jangan lupa minum susu dan vitamin guna menjaga situasi tubuh tetap prima.

  1. Jaga Pola Istirahat dan Tidur

Terakhir tips dari kami dalam Menjaga Kesehatan saat Beribadah Umroh adalah anda mesti menjaga keteraturan pola tidur dan istirahat. Jangan terlampau memaksakan diri, terutama pada tahap awal beribadah umroh. Sebab nantinya menjelang kepulangan stamina tubuh bakal drop dan menimbulkan gejala sakit. Tentu saja hal ini bakal berpengaruh akan kelancaran rangkaian perjalanan ibadah umroh Anda.

hotel dekat masjid nabawi

Setidaknya jaga pola istirahat minimal selama 6 jam sehari. Usai sholat Isya dan makan malam, sekitar jam 9 malam,  mulailah  merebahkan tubuh. Jam 3 pagi tujulah kembali Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi guna memunaikan sholat tahajjud hingga sholat Subuh.