Zam Zam Mata Air dari Surga Yang Tak Pernah Habis

Air Zam zam merupakan oleh – oleh khas yang paling dinanti manakala kita melakukan silaturahmi ke jamaah muslim baik itu tetangga, sahabat, maupun kerabat, sekembalinya melakukan ibadah haji maupun umrah. Namun pernahkah kita membayangkan berapa juta liter air zam zam yang “dikuras” jutaan jamaah haji dan umrah setiap tahun nya?

1. Air Zam - zam

Zam zam diyakini memiliki banyak keiistimewaan, antara lain air yang berasal sumur zam zam dari mata air surga, yang merupakan pemberian Allah SWT berkat doa Nabi Ibrahim. Tatkala nabi Ibrahim meninggalkan siti Hajar dan Nabi Ismail kecil, seraya berdoa : “

Wahai Tuhanku! Aku telah tempatkan puteraku dan keturunannya di dekat rumah-Mu (Baitullahil Haram) di lembah yang sunyi dari tanaman dan manusia agar mereka mendirikan solat dan beribadat kepada-Mu. Jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan berilah mereka rezeki dari buah-buahan yang lezat, mudah-mudahan mereka bersyukur kepada-MU.”

4. Air Zam - zam

Dalam kepasrahan Siti Hajar setelah berlari antara bukit Shafa dan Marwa, namun tidak didapatinya setetes pun. Allah menghadirkan air dari hentakan Malaikat Jibril. Melihat air yang melimpah, Siti Hajar pun segera meminum dan menyusui bayi Ismail. Namun Air itu tumpah kesegala arah, Siti Hajar menggerakkan tangannya seraya mengucapkan “Zam-Zam” yang artinya : “Berkumpullah“. Seketika air itupun berkumpul dan tidak pernah habis-habisnya,. Sampai sekarang peristiwa kemunculan air zam zam tersebut digunakan sebagai salah satu rukun haji dan umrah, sebagai sa’i yang artinya berlari-lari kecil dari shofa ke marwah. .

Air zam zam membawa manfaat besar pada Masjidil Haram, tempat paling suci di muka bumi. Air Zam zam juga dipergunakan untuk mencuci hati Nabi Muhammad SAW lebih dari satu kali, Zam zam diyakini menjadi makanan sekaligus obat bagi segala macam sakit, tentunya dengan ijin Allah. Selain dipercaya menjadikan badan yang bugar, Sumur Zam zam tidak bakal habis walau setiap tahun nya diambil jutaan umat muslim. Rasulullah bersabda :

Sesungguhnya, Zamzam ini air yang sangat diberkahi, ia adalah makanan yang mengandung gizi”. Rasulullah SAW menambahkan: “Air zamzam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu, maka Allah menyembuhkannya. Jika engkau minum dengan maksud supaya merasa kenyang, maka Allah mengenyangkan engkau. Jika engkau meminumnya agar hilang rasa hausmu, maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. Ia adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail”. (HR Daruqutni, Ahmad, Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas).

2. Air Zam - zam

Sumber air yang ada sejak 5.000 tahun ini tercatat sebagai sumur paling tua. Memang pernah ada ke khawatiran sumur zam zam akan mengering, namun kekhawatiran itu sampai sekaran belum terbukti. Sumber air zam zam dapat menghasilkan jutaan liter galon tiap musim haji, tanpa kekering satu kali pun. Setidaknya Mari kita hitung secara “kasar”.

Jamaah haji yang berasal dari seluruh dunia pada sekali musim haji ini berjumlah setidaknya 2 jt jamaah . Bonus air zam zam dari maskapai penerbangan untuk semua jamaah diberi bonus bagasi 5 hingga 10 liter air zam zam dalam kabin pesawat. Jika 2 juta jamaah membawa minimal 5 liter zam zam ke rumahnya, itu berarti 10 juta liter. Disamping itu selama di Mekah dan Madinah, kalau saja jamaah rata-rata tinggal 26 hari (ONH Plus), dan setiap jamaah mengkonsumsi minimal satu liter perhari, maka terhitung 52 juta liter !!.Ini belum termasuk jamaah haji dan jamaah PAKET UMROH REGULER setiap hari nya.

3. Air Zam - zam

Keistimewaan yang lain, struktur mineral, rasa serta unsur garam yang terkandung di dalamnya selalu stabil, selalu sama dari sejak terbentuknya sumur ini. “Rasanya” jg selalu terjaga, ini hampir diakui oleh semua jemaah haji dan umrah yang berangkat bersama SYAKIRA WISATA.

www.umrohalhabsyi.com

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!