(024) 672 4321 umroh@syakirawisata.com

Untuk mensiasati harga Paket Umroh menjadi lebih Murah beberapa biro travel penyelenggara umroh menggunakan maskapai penerbangan umroh tidak langsung (non – direct) menuju Jeddah maupun Madinah, di mana dalam rangkaian perjalanan umroh tersebut harus melalui proses transit terlebih dahulu di negara ketiga. Selain di Doha untuk pengguna maskapai Qatar Airways (baca artikel  Pengalaman Umroh Landing Madinah dengan maskapai Qatar Airways DISINI) Salah satu tempat transit, bagi biro travel dalam rangkaian perjalanan umroh yang mempergunakan maskapai Etihad Airways adalah di Bandara Abu Dhabi, Uni Emirates Arab.

1. Etihad Transit di Abu Dhabi International Airport

Abu Dhabi International Airport (AUH) merupakan airlines hub atau bandara penghubung dari maskapai Etihad Airways atau maskapai lain yang memiliki perjanjian code share dengan maskapai Etihad Airways, termasuk Garuda Indonesia. Maskapai Etihad Airways berasal dari Uni Emirat Arab. Maskapai menjadi langganan penerima penghargaan dan masuk dalam jajaran 10 maskapai terbaik dunia dari lembaga pemeringkat SkyTrax. (baca artikel 6 Maskapai Terbaik Dunia Tahun 2015 Yang Memiliki Rute Penerbangan Umroh DISINI). Bagi jamaah yang juga penggemar club sepak bola Manchester City, saat ini Etihad tercatat sebagai sponsor resmi setelah pemiliknya memegang kendali dan menjadikan Etihad stadium menjadi markas besarnya. Ketika jamaah umroh mempergunakan maskapai Etihad dalam penerbangan umroh nya, maka dipastikan pesawat akan transit di Bandara Internasional Abu Dhabi.

Penerbangan umroh jamaah syakirawisata.com kali ini menggunakan maskapai Etihad Airways yang mendarat di Bandara Prince Mohammad bin Abdul Aziz Airport Madinah (MED) Madinah dengan nomor penerbangan EY 475 pada pukul 17:45 WIB dan dilanjutkan dengan maskapai yang sama dengan nomor penerbangan EY 345 yang akan tiba di bandara Madinah pada pukul 04:35 waktu setempat. Penerbangan umroh ini harus melalui proses transit di bandara Internasioanl Abu Dhabi selama kurang lebih 2 jam 25 menit.

2. Etihad Transit di Abu Dhabi International Airport

Setelah pesawat Etihad Airways EY 475 yang membawa rombongan kami dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta menuju Abu Dhabi terparkir dengan rapi bersama dengan “teman – teman” nya sesama maskapai Etihad, seluruh penumpnag tak terkecuali jamaah penerbangan umroh turun melalui garbarata (sebuah jembatan berdinding kaca yg menghubungkan ruang tunggu penumpang atau terminal kedatangan, dengan pintu pesawat terbang untuk memudahkan penumpang keluar/masuk dari dalam pesawat). Namun menurut pengalaman kami, adakalanya pesawat Etihad yang berbadan lebar (biasa nya menggunakan tipe pesawat Boeing 777-300ER dan Airbus A340) parkir di area yang lumayan jauh dari gedung terminal. Tapi jangan khawatir, pesawat yang mampu menampung 28 penumpang di Kelas Bisnis dan 384 penumpang di Kelas Ekonomi telah mempersiapkan bus yang di desain secara khusus menuju ke terminal kedatangan. Meskipun penumpang harus turun untuk berpindah pesawat, namun bagasi akan langsung terhubung dengan penerbangan selanjutnya yang membawa rombongan kami menuju Madinah.

Sesampainya para jamaah di terminal kedatangan, mohon diperhatikan arahan dari muthawwif/ tour leader biro umroh yang pastinya sudah berpengalaman, atau bagi Anda jamaah UMROH BACKPACKER atau UMROH MANDIRI (Baca artikel kami Umroh backpacker?? Cobalah 4 Maskapai Berbiaya Murah Terbaik Ini DISINI) ikuti tanda arah “Flight Transfer”.

Ikuti petunjuk arah yang tertulis dalam neon box tersebut. Bandara Abu dhabi memang tidak sebesar bandara internasional Dubai. Entah mengapa, meskipun sama – sama berasal dari Uni Emirat arab, Bandara ini tidak dibuat semegah, selengkap dan seluas bandara Internasional Dubai, markas dari maskapai Emirates. Layar-layar monitor yang khusus menampilkan informasi gate (pintu) dan jam keberangkatan pesawat tidak banyak tersedia, dan kalaupun ada ukuran tulisan nya pun relatif kecil, sekali lagi tidak seperti di bandara Doha, dimana layar informasi tersebut jelas terpampang di titik strategis dan dengan ukuran yang cukup besar serta mudah ditemukan (baca artikel Transit di Bandara Internasional Doha dalam Rangkaian Perjalanan Umroh DISINI). Di saat transit dan transfer pesawat, ada baiknya jamaah umroh jangan terpisah dari rombongan. Namun jika tidak sengaja terlepas dari rombongan, jangan ragu bertanya. Jika jamaah kesulitan maupun terkendala bahasa, tunjukkan tiket maupun boarding pass yang jamaah dapatkan sejak dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta. Maka petugas bandara yang memperoleh peringkat ke 29 dari 100 bandara terbaik di dunia ini akan membantu menunjukkan tempat yang dimaksud.

3. Etihad Transit di Abu Dhabi International Airport Umroh

Ketika jamaah mengikuti petunjuk arah Flight Transfer diatas, maka akan bertemu pada bagian custom clearance. Salah satu proses utama custom clearance adalah pemeriksaan dengan metal detector. Sebelum ikut memasuki antrian untuk proses custom clearance di bandara Abu dhabi, ada baiknya segala benda yang mengandung unsur logam, termasuk perhiasan, akik, jam tangan, sabuk, handphone, power bank, passport, dan tiket semua dimasukkan ke dalam tempat khusus dan harus yang terpisah dari badan. Sebelum melanjutkan penerbangan umroh, saat melewati metal detector, segala benda yang mengandung logam akan menyebabkan alarm pada metal detector berbunyi. Tak mau kecolongan benda berbahaya, petugas bandara akan menyuruh jamaah melewati metal detector kembali, sampai alarm benar – benar tidak berbunyi.

Apabila jamaah telah melewati proses pemeriksaan custom clearance, maka kita akan diarahkan menuju menuju terminal keberangkatan dengan sebelumnya melewati duty free area. Di deretan pertokoan bebas pajak ini terdapat beberapa konter pakaian, parfum, tas, perhiasan, elektronik, termasuk makanan dan minuman, tak terkecuali yang mengandung alkohol. Ya, meskipun penduduk Abu dhabi mayoritas beragama Islam, namun entah mengapa di Bandara ini meyediakan minuman beralkohol. Bagi calon jmaah dalam penerbangan umroh yang tidak membawa mata uang lokal (Arab Emirates Dirham/AED), transaksi dapat dilakukan dengan mata uang USDollar, Euro, dan dapat pula menggunakan kartu debit maupun kartu kredit berlogo MasterCard, Visa, dll. Dengan membawa kartu kredit maupun debit, selain dapat sekedar berbelanja makanan dan minuman saat transit, Namun bagi jamaah yang hanya membawa uang tunai dalam bentuk rupiah, maka terdapat satu money changer yang terletak di dekat konter telephone internasional.

4. Etihad Umroh Transit di Abu Dhabi International Airport

Layaknya sebuah Mall di dalam bandara, lantai 2 deretan pertokoan duty free ini pun terdapat restoran, dan food courts. Ada beberapa macam counter restoran mulai fast food, burger, hingga makanan arab dan timur tengah pun tersedia. Sayangnya jika ingin membeli makanan di food court, kebanyakan counter makanan disini menggunakan mata uang Dirham (UAE). Sehingga jamaah penerbangan umroh harus rela menukarkan ke money changer, namun sebaiknya dalam jumlah yang sekiranya mencukupi sekedar untuk berbelanja di bandara Abu dhabi. Sambil menunggu waktu transit penerbangan umroh selesai yang biasa nya memiliki jeda 2 hingga 4 jam, jamaah bisa beristirahat sambil menikmati aneka makanan di food court. Bagi jamaah penerbangan umroh yang tidak berminat untuk berbelanja di Abu dhabi duty free, kesempatan transit ini dapat dimaksimalkan untuk sekedar beristirahat di waiting lounge.

Bagi jamaah yang merasa cukup berbelanja maupun menikmati aneka macam makanan di food courts, begitu keluar dari area duty free, maka akan langsung menjumpai area terminal (gate) keberangkatan. Penerbangan umroh yang transit di terminal 3 Bandara Abu dhabi ini akan menjumpai pintu (Gate) nomor 28 hingga 41. Jika bingung, dimana pintu keberangkatan pesawat penerbangan umroh menuju Jeddah maupun Madinah maupun yang akan kembali menuju Jakarta, jangan ragu untuk bertanya pada beberapa petugas yang standby dengan menunjukkan boarding pass maupun tiket. Sebenarnya begitu melewati area pertokoan duty free sudah terpampang TV yang berisi informasi maupun neon box petunjuk arah yang bertujuan membantu jamaah menemukan arah pintu (Gate) yang dicari.

6. Etihad Transit di Abu Dhabi International Airport Umroh

Bagi jamaah yang membawa laptop, tablet, maupun gadget yang terkoneksi wifi, layanan wifi gratis tersedia di area bandara maupun seluruh area pintu keberangkatan. Pihak Bandara juga melengkapi diri dengan Komputer lengkap dengan koneksi wifi gratis. Sambil menunggu waktu keberangkatan, jamaah dapat membuka jejaring sosial, browsing, atau sekedar membuka email. Fasilitas inipun dapat dimanfaatkan untuk tetap eksis, sekedar update status dan utamanya untuk memberi kabar kepada teman, saudara, atau tag foto selfi bersama keluarga dekat. Hanya saja ketika jamaah mengakses melalui komputer yang disediakan pihak bandara ini, secara otomatis setelah waktu 30 menit habis, sambungan internet secara otomatis akan mati dan kita harus mengulang login kembali melalui provider Abu dhabi Internet Connection. Tak cuma koneksi internet, di layar komputer itupun jamaah dapat mengecek informasi mengenai kapan waktu dan pintu keberangkatan pesawat penerbangan umroh. Tinggal memasukkan informasi kode penerbangan maupun nama maskapai dan jam keberangkatan, layanan ini tersedia hanya dalam bahasa Arab dan Inggris. Informasi mengenai ini bisa kita akses juga melalui tablet atau smartphone.

7. Etihad Transit di Abu Dhabi International Airport Umroh

Demikian informasi kami mengenai suasana Transit di Abu dhabi International Airport dalam Rangkaian Perjalanan Umroh. Tepat pukul 02:00 waktu setempat seluruh penumpang Etihad Airways dengan nomor EY 345, tak terkecuali rombongan jamaah syakirawisata.com pun dipanggil memasuki pesawat Airbus A380, pesawat jumbo terbesar di dunia yang mampu mengangkut hingga 800 penumpang untuk melanjutkan perjalanan umroh menuju Madinah. yang diberangkatkan pada pukul 02:25. Meskipun hanya transit hanya 2 jam 20 menit, semoga tulisan bermanfaat terutama bagi jamaah PAKET UMROH MURAH yang baru pertama kali melaksanakan ibadah umroh mengunakan Etihad Airways maupun bagi mereka yang dalam waktu dekat akan melakukan Penerbangan Umroh dan transit di Bandara Internasional Abu Dhabi.

Be Sociable, Share!