Tips Naik Pesawat saat Perjalanan Umroh

Melaksanakan Perjalanan umroh ke Tanah Suci, Thawaf dan Mencium hajar aswad, bersimpuh dan berdo’a di depan ka’bah sering menjadi pengalaman pertama bagi jamaah umroh. Bisa jadi inilah Pengalaman pertama mereka pergi ke luar negeri, pengalaman yang pertama kali mereka melihat ka’bah secara langsung, bahkan mungkin inilah pengalaman pertama kalinya menggunakan pesawat terbang dalam perjalanan jarak jauh dengan durasi lebih dari 6 jam penerbangan.

1. Umroh qatar airways

 

Perjalanan umroh menggunakan armada pesawat udara ke Tanah Suci memakan waktu yang cukup lama . Jika tidak ada aral melintang, penerbangan langsung dari Jakarta menuju Jeddah berlangsung kira – kira sembilan jam. Tidak semua penerbangan dalam perjalanan umroh langsung menuju ke Jeddah atau Madinah. Jamaah umroh murah dari embarkasi Jakarta terkadang akan transit di Dubai, Doha, maupun Abu Dhabi, tergantung dari maskapai yang dipergunakan, sebelum akhirnya mendarat di bandara King Abdul Aziz Jeddah (JED) maupun Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis Madinah (MED). Sedangkan banyak dari paket perjalanan umroh yang akan mendarat di bandara King Abdul Azis Jeddah, kemudian melanjutkan perjalanan nya melalui jalur darat untuk menuju Madinah dalam waktu 5-7 jam.

Pesawat yang dipergunakan untuk penerbangan umroh adalah pesawat yang memiliki badan lebar, dan diciptakan khusus untuk menempuh perhalanan jarak jauh dan menengah. Sebut saja Garuda Indonesia dan Lion Air yang beberapa penerbangan diantaranya masih menggunakan pesawat sejenis Boeing 747 400 yang berkapasitas 455 penumpang berbagai kelas, dengan daya jelajah 13.000 kilometer, atau Emirates, Qatar Airways, maupun Etihad yang lebih sering menggunakan Boeing 777 300 yang memiliki daya angkut 550 kursi dengan daya jelajah 11.000 kilometer, airbus A340 yang berkapasitas hingga 500 kursi dengan daya jelajah 14.000 kilometer. Semua maskapai penerbangan umroh juga memiliki plus minus tersendiri. Untuk Garuda dan Saudi misalnya, memiliki keunggulan karena memliki jadwal penerbangan langsung. Sementara sebagian pesawat perjalanan umroh lain nya ada juga yang transit terlebih dahulu di Abu Dhabi (Etihad) atau Dubai (Emirates) maupun Doha (Qatar) Turkey (Turkish) selama 1 hingga 4 jam untuk mengisi bahan bakar. Ramainya bisnis penerbangan umroh ini pun dilirik oleh maskapai penerbangan murah (low cost carrier) sebut saja salah satunya adalah Air Asia. Melalui PT Indonesia AirAsia Extra (AirAsia X) mulai bulan November 2015, Indonesia AirAsia X  melayani penerbangan berdurasi 10 jam 30 menit dalam penerbangan langung tanpa transit Jakarta – Jeddah lima kali seminggu. Meskipun dengan harga murah namun penerbangan umroh ini  dioperasikan menggunakan armada Airbus A330-300 dengan konfigurasi dua kelas yaitu 12 kursi Premium Flatbed dan 365 kursi kelas ekonomi.

3. airasia X jakarta jeddah

Di satu sisi penerbangan transit ini menguntungkan. Emirates misalkan, dengan armada pesawat terbaru dan merupakan maskapai penerbangan yang masuk dalam jajaran maskapai terbaik di dunia versi sebuah lembaga penerbangan internasional, jamaah pun dimanjakan dengan kemasan paket umroh plus dalam perjalanan umroh nya. Sejumlah jamaah umroh Plus juga diinapkan dan diberikan fasilitas hotel bintang lima, baik saat keberangkatan maupun sepulang dari beribadah.

Sebelum berangkat biasanya pihak travel umroh memberitahukan kepada para jamaahnya dimana pesawat penerbangan umroh akan mendarat maupun sekedar transit. Bagi jamaah umroh yang mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, dan melanjutkan perjalanan umroh nya langsung menuju kota Mekkah Al Mukarramah, maka kain ihram harus dimasukkan ke dalam tas tentengan dan termasuk dalam bagasi kabin, bukan dimasukkan ke dalam koper yang akan masuk di bagasi pesawat. Beberapa travel umroh juga mengharuskan jamaah nya mengenakan ihram dan berniat umroh ketika pesawat melewati miqat makani di sekitar Yalamlam. Kira – kira satu jam sebelum memasuki miqat, awak pesawat maupun di dalam layanan inflight entertainment telah diumumkan agar calon jamaah umroh mempersiapkan diri untuk berihram, dan sejak saat itulah jamaah umroh telah terikat larangan selama ihram.

1. Tips Umroh

Namun Banyak pula dari jamaah umroh yang perjalanan umrohnya langsung menuju Jeddah sudah mengenakan kain ihramnya saat masih boarding di bandara asal. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesulitan saat berganti pakaian di atas pesawat dan membuat pengalaman dalam penerbangan umroh lebih menyenangakan. Namun Bagi jamaah yang penerbangan umroh nya transit di negara ketiga, kain ihram dapat dikenakan saat di hotel apabila menginap, maupun di bandara saat akan take off bila tidak menginap. Namun ada pula jamaah umroh yang mengenakan pakaian ihramnya saat mendarat di bandara King Abdul Aziz Jeddah. Dan bagi jamaah yang perjalanan umroh nya menuju Madinah terlebih dahulu, biasanya pakaian ihram disimpan di tas koper, karena belum dikenakan saat di atas pesawat penerbangan umroh.

Jamaah yang sakit, atau kurang fit dianjurkan untuk segera melapor kepada pemimpin rombongan. Perbedaan tekanan udara di dalam kabin membuat banyak keluhan, diantaranya yang paling sering dialami jamaah adalah rasa sakit yang di kepala dan telinga. Pendengaran pun terkadang terganggu. Apabila dalam penerbangan umroh mengalami gejala demikian mengunyah permen saat pesawat mengudara dapat sedikit menghilangkan gangguan tersebut. Jumlah toilet di dalam pesawat perjalanan umroh sangatlah terbatas, dibandingkan dengan rasio penumpang. Persediaan di air pun terbatas, pelajari tata cara tayamum, karena tidak mungkin jika semua jamaah ingin menunaikan sholat di dalam pesawat berwudhu menggunakan air. Untuk membuka pintu toilet, tarik handle toilet dan mengeser ke kiri/kanan hingga pintu toilet dalam kedaan terlipat. Sedangkan untuk keluar dari dalam, pintu dibuka dengan cara menarik handle.

3. Tips Umroh

Perjalanan umroh dengan terbang dalam jarak ribuan kilometer dan lama nya waktu sepintas memang menimbulkan kesulitan, terutama bagi jamaah umroh yang sama sekali belum pernah naik pesawat. Sebaiknya jamaah tak perlu ragu untuk meminta tolong maupun bertanya kepada awak kabin atau jika jamaah menemui kesulitan dengan kendala bahasa, jangan ragu untuk bertanya pada pemimpin rombongan TRAVEL UMROH Anda.

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!