Tips Memilih Biro Umroh Murah di Semarang

Menunaikan ibadah umroh akhir akhir ini menjadi alternatif disaat panjangnya antrian daftar tunggu haji reguler. Hal ini tak lepas dari semakin membaiknya kondisi ekonomi umat Islam di Indonesia, serta munculnya biro perjalanan haji dan umroh, tak terkecuali penawaran biro perjalanan umroh yang menawarkan paket murah di Semarang. Namun, memilih biro perjalanan umroh bukanlah perkara mudah. Bila tidak berhati-hati, Anda akan tertipu oleh ulah oknum biro umroh yang tidak bertanggung jawab, yang mencari keuntungan dengan cara menggelapkan dana jamaah.

3. memilih biro umroh murah

Kasus penipuan dan investasi gelap berkedok umroh dan haji khusus setidaknya telah terjadi terhadap 2 biro umroh di Semarang yang berbeda. Bahkan kasus yang terbaru, dengan embel – embel murah dan dengan mencatut figur ustadz terkenal sekalipun, ratusan jamaah umroh pun tertipu dengan kerugian jamaah umroh dan haji khusus mencapai milyaran rupiah (simak beritanya DISINI). Hampir semua dana nasabah tidak kembali, dan sudah tentu jamaah tidak dapat diberangkatkan untuk melaksanakan ibadah umroh. Hal ini tentu saja tidak dapat dikaitkan dengan karakteristik masyarakat Semarang yang “nrimo”.

Belajar dari kasus biro umroh murah di Semarang tersebut, agar terhindar dari penipuan dan penggelapan serta risiko sosial yang diakibatkan oleh karena gagalnya pemberangkatan umroh yang tidak diinginkan, berikut kami rangkumkan kiat atau tips bagi Anda dan keluarga sebelum memilih biro penyelenggara perjalanan umroh yang tepat, antara lain :

1. memilih biro umroh murah

  1. Jangan ragu menanyakan tanda bukti legalitas biro umroh di Semarang secara lengkap dan masih berlaku, seperti SK Kemenag, Keanggotaan IATA, NPWP, SK Notaris, dan tanda bukti legalitas yang lain.
  2. Hati-hati, banyak Biro umroh di Semarang yang mengaku memiliki kantor pusat di luar kota Semarang, namun pada kenyataannya tidak memiliki izin resmi dan hanya berperan sebagai agen pendaftaran umroh dan haji plus abal – abal.
  3. Cek dan yakinkan lokasi dan aktifitas kegiatan sebagai Biro Penyelenggara Perjalanan Umroh & Haji Khusus. Pastikan kegiatan Umroh dan haji Khusus adalah kegiatan utama dari biro umroh yang ada pilih. Bukan sekedar “kegiatan sampingan” serta dikelola ala kadarnya.
  4. Jangan cepat tergoda jika ada penawaran umroh dengan harga yang terlalu murah Bahkan iming – iming berangkat GRATIS, jika dibanding harga yang diberikan Biro Umroh & Haji Plus di Semarang pada umumnya. Jika harga yang ditawarkan memiliki selisih harga yang besar daripada harga Biro pada umumnya, bisa jadi ada komponen fasilitas dan pelayanan yang dikurangi.
  5. Lihat track record atau catatan jamaah yang pernah mengikuti biro perjalanan umroh yang bersangkutan, karena untuk menjadi Penyelenggara Ibadah Umroh resmi Kemenag dipersyaratkan pernah memberangkatkan setidaknya 200 (dua ratus) jamaah umroh selama kurun waktu 3 (tiga) tahun berturut turut.
  6. Pastikan fasilitas yang didapat jamaah, seperti total biaya harga yang pasti (fixed rate) baik dalam bentuk Rupiah maupun Dollar, biaya lain yang menjadi tanggungan jamaah (Airport Tax, Visa dan Vaksin dan Tour diluar paket), akomodasi dari dan ke Jakarta sebagai titik awal keberangkatan, kelas hotel/ bintang, jarak hotel ke Masjid, dan maskapai yang digunakan, sebanding dengan harga yang dibayarkan oleh calon jamaah umroh.
  7. Hindari memilih biro perjalanan umroh dengan jangka waktu antara pembayaran dan pemberangkatan yang lama. Biro umroh di Semarang umunya memberikan jangka waktu 2 minggu hingga 3 bulan saja.Pengalaman menunukkan bahwa berangkat dengan cara seperti ini memberikan kesempatan uang para jamaah akan “diputarkan” terlebih dahulu dalam usaha yang lain. Namanya usaha, jika untung pasti jamaah akan diberangkatkan, namun jika rugi maka tak hanya uang jamaah yang hilang, namun harapan untuk umroh juga sirna. Namun, hal ini tidak berlaku apabila Anda telah mengerti betul karakteristik biro umroh tersebut.
  8. Setelah Anda memastikan bahwa biro umroh di Semarang adalah biro perjalanan yang tepat, lakukan segala jenis transaksi pembayaran melalui transaksi jasa perbankan terpercaya. Jika terpaksa Anda melakukan pembayaran tunai, hendaknya dilakukan langsung kepada penanggung jawab biro umroh, dengan mendapatkan bukti pembayaran berupa Kwitansi Resmi, serta cap perusahaan.

2. memilih biro umroh murah
Biro umroh di Semarang memang beragam, semoga tips atau kiat diatas dapat membantu calon jamaah dalam memilih biro umroh murah di Semarang.

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!