(024) 672 4321 umroh@syakirawisata.com

Lazimnya bepergian ke suatu tempat, kepergian jamaah umroh ke Tanah Suci selain beribadah juga tidak luput dari mencari dan membeli oleh – oleh untuk sanak keluarga dan kerabat. Dahulu sebelum tahun 2007, Pasar Seng merupakan salah satu Tempat berbelanja murah di kota Mekkah Al Mukarramah yang paling favorit. Namun keadaan saat ini berbeda dengan tahun – tahun yang lalu.

2. Tempat Belanja Mekkah

Proyek perluasan Masjidil Haram yang sudah dimulai sejak tahun 2005 sudah banyak menghancurkan bangunan di sekelilingnya, termasuk pasar seng saat ini sudah rata dengan tanah. Lalu kemana jamaah umroh akan berbelanja selama berada di Kota Suci Mekkah? Berikut sedikit pengalamaan dari beberapa jamaah umroh syakirawisata.com.

  1. Kompleks Abraj Al Bait atau Zam – Zam Tower

Kompleks pertokoan modern ini berada di depan Masjidil Haram. Di kompleks bangunan ini selain pusat perbelanjaan, juga terletak beberapa hotel mewah yang termasuk dalam daftar 9 HOTEL MEWAH DENGAN PEMANDANGAN MASJIDIL HARAM DAN KA’BAH LANGSUNG DARI JEMDELA KAMAR. Al – Bait Tower Complex (ABRAJ ALBAIT) atau kompleks ZAM – ZAM TOWER dengan JAM BESAR tersebut adalah kompleks pertokoan modern yang berisi gerai atau toko – toko merek terkenal di dunia.

2. Tempat Belanja Murah Mekkah

Di kompleks pertokoan dan hotel seluas lebih kurang 1.500.000 m2 ini, jamaah umroh dapat dengan mudah menemukan berbagai macam merek terkenal di dunia. Berbagai macam barang dijual disini, seperti fashion, parfum, perhiasan, pernak – pernik souvenir dan masih banyak jenis barang belanjaan lain nya. Mall ini didesain dengan modern dan nyaman

  1. Bin Dawood Superstores

Supermarket Bin Dawood mungkin tidaklah asing bagi jamaah umroh dan haji. Hampir semua jamaah umroh dan haji tidak pernah melewatkan kesempatan beerbelanja di Supermarket ini. Sebagai superstore yang mengusung merk loka, Bin Dawood hanya terdapat di kota Jeddah, Mekkah dan Madinah. Sebagai layaknya superstore atau hypermarket lain, Bin Dawood juga menyediakan berbagai macam barang kebutuhan belanja sehari-hari.

3. Tempat Belanja Mekkah

Di dalam Bin Dawood para jamaah akan melihat rame nya pengunjung yang berbelanja seperti lazimnya pusat perbelanjaan modern. Pusat perbelanjaan milik negeri padang pasir ini menyediakan berbagai macam outlet dan barang kebutuhan jamaah selama beribadah umroh / haji, seperti outlet makanan, baju, barang elektronik hingga peralatan rumah tangga lengkap tersedia disini. Berbagai barang merek terkenal, dari made in china, eropa, hingga made in Indonesia juga bisa di dapatkan di sini.

  1. Pertokoan di Sepanjang Jalan Misfalah hingga Bakhutmah

Sejak penggusuran Pasar Seng, salah satu daerah tujuan berbelanja murah yang dipenuhi toko – toko oleh – oleh adalah di jalan Misfalah hingga Bakhutmah. Daerah ini merupakan salah satu jalan utama yang dilalui para jamaah umroh jika berangkat maupun pulang dari Masjidil Haram. Di jalan Misfalah, berjajar banyak toko yang menjual aneka oleh – oleh khas Saudi Arabia di sepanjang trotoar. Beberapa barang favorit yang paling banyak dibeli oleh para jamaah umroh maupun haji diantaranya tasbih, peci, minyak zaitun, sajadah, karpet, hingga pacar kuku.

6. Belanja Mekkah

Diperlukan kelihaian dalam tawar menawar barang dan Janganlah terpaku di satu toko. Semakin mendekati Masjidil Haram, semakin banyak toko yang ada. Bahkan, konon lebih dekat dengan Masjidil Haram harganya akan lebih murah. Di sepanjang jalan ini juga banyak berderet aneka toko souvenir seperti gantungan kunci, gelang, peci, parfum, tasbih yang dijual dengan harga hanya 2 riyal. Bahkan ada toko yang menjual semua barangnya dengan harga 2 riyal hingga 5 riyal. Biasanya terpampang di depan toko dengan tulisan yang sangat jelas “Everything 3 riyal”

  1. Hilton Tower Mall

Letak Hilton tower Mall persis di depan Masjidil Haram. Di gedung Hilton Tower ini terdapat setidaknya 450 gerai toko bermerek internasional dan local. Berbagai macam barang bermerk seperti aneka fashion, perhiasan, sajadah, jam tangan mewah, souvenir, hingga parfum terkenal tersedia disini. Hilton Tower Mall juga dilengkapi dengan restoran baik merek lokal, sebut saja Al Baik, hingga merek Internasional (KFC, dll) . Dis Hilton Tower Mall ini selain dapat berbelanja dengan harga murah, jamaah haji maupun umroh juga dapat memanfaatkan waktu untuk BERIBADAH SAMBIL BERWISATA KULINER.

8. Hilton Tower Hotel Terdekat Masjidil Haram

  1. Mira Mall

Mira Mall merupakan pusat perbelanjaan yang letaknya menjadi satu kesatuan dengan Gedung Mira Ajyad Hotel, di jalan Ajyad. Lokasi ini sangat mudah dicapai hanya dengan berjalan kaki dari pintu keluar nomor 1 Abdul Azis. Jamaah cukup berjalan kearah kiri dari pintu nomor 1 dan berjalan sekitar 100 meter.

1. Tempat Belanja Murah Mekkah

Be Sociable, Share!