Tak Selamanya Masjid Jin itu Menyeramkan

Ketika mendengar istilah masjid jin pasti yang terlintas adalah masjid yang dihuni banyak jin atau makhluk astral tak kasat mata. Atau bahkan masjid “tiban” yang dibangun oleh bangsa jin dalam waktu semalam. Namun, anggapan tersebut tidak tepat karena masjid ini merupakan masjid yang digunakan untuk sarana ibadah umat muslim. Yang membangun masjid jin juga manusia, bukan bangsa jin.

Masjid Jin di Mekkah

Lokasi Masjid Jin

Masjid Jin atau biasa disebut dengan Al-Jin ini berlokasi di kota Makkah, Arab Saudi. Untuk lebih tepatnya berada di kampung Ma’la serta tidak jauh dari pemakaman kaum muslim. Selain dikenal sebagai Al-Jin masjid ini juga sering disebut sebagai Masjid Al-Bai’ah oleh masyarakat setempat. Karena memiliki nama yang unik menjadikan masjid Jin sangat dikenal oleh masyarakat Arab Saudi dan juga luar Arab Saudi.

Masjid yang berlokasi di 1,5 km sebelah utara Masjidil Haram ini memiliki luas sekitar 20×10 meter. Masjid Jin terdiri dari dua lantai dengan warna abu-abu yang sangat mendominasi. Selain itu, terdapat juga kaligrafi atau seni tulisan Arab yang menghiasi kubah masjid. Ayat Al-Qur’an yang dikutip juga Surat Jin ayat 1 – 9.

Penamaan Masjid Jin

Sebenarnya ada kisah yang melatarbelakangi pemberian nama masjid Jin atau Al-Bai’ah. Kisah ini terjadi pada saat tahun kesepuluh dari kenabian Rasulullah SAW, yakni pada saat beliau bersama dengan para sahabat akan pulang dari Thaif untuk melaksanakan sholat Subuh di tempat ini. Pada saat itu Nabi Rasulullah SAW melantunkan ayat Al-Qur’an Surat Ar-Rahman. Dalam surah ar-Rahman yang dibaca Rasulullah ini terdapat bacaan Surat Ar Rahman yang memiliki berbunyi :

Ternyata, bacaan tersebut tidak sengaja di dengar oleh segerombolan jin yang melewati daerah yang sekarang berdiri masjid jin. Mereka hendak melakukan perjalanan menuju Tihamah. Para jin lantas menjawab, ’’Wahai Tuhan kami, sesungguhnya kami tidak mendustakan nikmat-Mu sedikit pun. Segala puji hanya bagi-Mu yang telah memberikan nikmat lahir dan batin kepada kami.”

Salah satu Juru Dakwah Jin kemudian mulai berdialog dengan Rasulullah SAW dan dibacakanlah Ayat Suci Al Qur’an. Saat itulah, mereka menyatakan keimanannya. Berita Gembira ini pun disampaikan dan menyebar dengan cepat kepada kaum jin yang lain.  Saat itu juga Allah langsung menurunkan surat Al jin.

Para jin lalu berbaiat dengan Rasul SAW. Itulah mengapa Masjid Jin juga di sebut dengan Masjid Al Bai’ah. Peristiwa itu juga diabadikan dalam Alquran surah al-Ahqaf [46]: 29-32.

Pengertian Jin

Mungkin bagi beberapa orang masih belum mengerti apa itu sebenarnya jin. Jin ini merupakan sejenis ruh yang memilki akal, kehendak, dan juga mukallaf atau dibebani tugas-tugas dari Allah seperti halnya manusia. Namun, yang membedakannya adalah jin tidak berbentuk materi seperti manusia, sehingga tidak bisa dijangkau oleh panca indra manusia.

Jin ini tidak bisa terlihat seperti apa bentuk sebenarnya dan juga memiliki kemampuan untuk tampil dalam berbagai bentuk. Dalam Al-Qur’an sendiri terdapat lima kata yang digunakan untuk menyebut jin, yakni jin, jinnat, jan, iblis, dan juga syaithan.

Jumlah Jin yang Berbaiat

Ada riwayat yang mengatakan bahwa jin yang berbaiat kepada Rasulullah SAW berjumlah sembilan. Namun, ada juga yang menyatakan bahwa terdapat tujuh jin yang berbaiat kepada Rasulullah SAW. Para jin tersebut merupakan jin yang berasal dari daerah Suriah, Iraq, dan juga Nasibain. Peristiwa berbaiatnya para jin ini merupakan awal mula jin yang masuk Islam.

Para jin yang bertemu dengan Rasulullah di kampung Ma’la dekat dengan Tihamah diabadikan dengan membangun sebuah masjid yang berkuran sedang. Untuk mengenang sejarah awal jin yang masuk Islam maka masjid ini diberi nama dengan masjid Jin. Peristiwa para jin yang masuk Islam ini diabadikan dalam Al-Qur’an Surat Al-Ahqaf ayat 29-32.

Peristiwa ini merupakan sebuah kejadian yang unik dan penting, sehingga mengundang rasa penasaran banyak orang untuk mengunjunginya. Dikarenakan kisah berbaiatnya jin ini kepada Rasulullah SAW menjadikan Masjid Al-Jin banyak dikunjungi oleh peziarah yang sedang melaksanakan ibadah haji maupun umrah ke Mekkah. Para jamaah haji atau umroh murah semarang yang datang ke masjid Jin biasanya menyempatkan untuk melaksanakan shalat fardhu di masjid bersejarah ini.

 

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!