(024) 672 4321 umroh@syakirawisata.com

Dalam artikel kali ini kita akan Sekilas Mengenal Bandara King Abdul Aziz Jeddah, yang merupakan Bandara unggulan pemerintah Saudi dalam melayani jamaah haji dan umroh. Berlokasi di 19 kilometer dari pusat kota Jeddah, kota perdagangan yang beriklim panas dengan suhu lebih dari 40 derajat. Ini adalah bandara yang disebut- sebut memiliki sejuta keindahan dari fasilitas yang disediakan dari pihak bandara.

 

Meskipun dalam beberapa survey mengatakan bahwa bandara ini merupakan salah satu dari 10 bandara terburuk di dunia, namun keberadaan nya sangat vital. Terutama bagi para jamaah haji dan umroh.

Gagasan nama bandara ini diambil dari nama Raja Arab Saudi yang pertama yaitu Raja Abdul Aziz. Bandara yang dibuka pada bulan April tahun 1981 ini memiliki kapasaitas 30 juta penumpang setiap tahunnya dengan pembaharuan yang dilakukan mulai dari tahun 2006 lalu.

Saat ini beberapa fasilitas tambahan bandara mulai dibangun seperti pembangunan rel kereta api dengan kecepatan tinggi dan terminal baru agar tidak terjadi kepadatan pengunjung di bandara King Abdul Aziz. Menurut Arabnews Anggaran 4 miliar real sudah disiapkan dari pihak pemerintahan arab saudi.

Bandara king abdul aziz ketika sore datang adalah keindahan tersendiri jika diamati dengan saksama. Panorama senja menjadi keindahan dan daya tarik tersendiri bagi para jamaah yang transit ke bandara yang satu ini. Sangat indah dan mengagumkan ketika sore datang dengan matahari berawarna kuning kemerahan.

Pemandangan indah juga dapat dilihat dari atas bandara, tampak barisan tenda- tenda yang berderet rapi seakan senja bersembunyi dibaliknya. Keindahan itu hanya Sekilas Mengenal Bandara King Abdul Aziz Jeddah, dan masih banyak lagi informasi di bandara Jeddah  yang perlu disampaikan.

Terminal yang ada dibandara King Abdul Aziz

Salah satu bangunan informasi yang membuat bandara king abdul aziz teerkenal adalah dari terminal yang terdapat disana. Secara umum bandara King Abdul Aziz Jeddah memiliki 3 terminal utama dan 1 terminal VVIP. Terminal Utara (North) di bandara Jeddah dipakai oleh seluruh maskapai penerbangan asing, tak terkecuali untuk penerbangan umroh menggunakan Maskapai Emirates, Etihad, dan Oman Airways.

Terminal yang kedua disebut sebagai Terminal Selatan (South) ialah terminal yang khusus digunakan secara exclusive untuk maskapai penerbangan Saudi Arabian Airlines. Namun sejak tahun 2007 Maskapai penerbangan swasta Arab Saudi, Nas Air dan Sama Airlines diberi izin untuk memakai terminal ini. Terminal ini juga dipergunakan sebagai sebagai hub utama Saudi Arabian Airlines ke 90 destinasi.

Terminal Ketiga disebut sebagai Terminal Haji di Bandara King Abdulaziz Jeddah. Terminal ini khusus  dibangun untuk mengakomodir jumlah jamaah haji dan umroh dari seluruh dunia yang terus meningkat.

Fasilitas yang ditawarkan di Terminal Haji untuk jamaah haji dan umroh meliputi area sholat, tempat istirahat, ATM, pertukaran mata uang, kantor pos, minimarket, restoran, meja informasi umum, loket informasi penerbangan, hingga klinik medis.

Maskapai yang melayani penerbangan dari Terminal Haji Bandara King Abdulaziz Airport Jeddah adalah Air France, Air India, Alitalia, Bangladesh Biman, British Airways, Egypt Air, Ethiopian Airlines, Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Kuwait, Royal Brunei Airlines, Royal Jordanian, Saudi Arabian Airlines (beberapa tujuan tertentu dan penerbangan chartered), Scoot Airlines, Turkish Airlines, Air Asia dan masih banyak lain nya.

Sementara untuk Terminal Keempat disediakan khusus untuk raja dan keluarga nya, serta rombongan tamu negara. Terminal ini juga menyediakan secara khusus area parkir pesawat VVIP dan orang – orang penting lain nya

Bandara King Abdul Aziz Jeddah sebagai Pelayan Jamaah Haji dan Umroh

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Makkah News, terminal haji (dan umrah) di Bandara King Abdul Aziz Jeddah mempunyai luasan 510 ribu meter persegi, atau sekitar 51 hektare. Terminal haji di sisi timur bandara mempunyai luasan 90 hektare, sementara tempar Parkir lapangan penerbangan bisa menampung pesawat berbadan lebar sebanyak 26 unit, termasuk jenis  pesawat Airbus 380.

Di samping itu, tesedia 10 jembatan elektronik, 2 terminal eksklusif lansia dan 142 counter imigrasi, 120 counter pembagian hadiah dari Raja Salman guna jemaah haji yang akan pulang ke negara asalnya. 40 mushalla dan 123 café dan restaurant serta kemudahan lainnya sudah dipersiapkan khusus guna melayani  jemaah haji dari Tanah Suci.

Meskipun demikian jika dikomparasikan dengan Bandara Internasional Soekarno Hatta saja, Bandara ini jauh tertinggal, baik dari sisi fisik dan tekhnologi. Beberapa jamaah Syakira Wisata menyerupakan bandara ini dengan Bandara Kemayoran tempo dulu. Itupun masih dengan sejumlah kelebihan Bandara Kemayoran di sana-sini.  Seperti shuttle bus yang canggih dan dapat menampung wisatawan dengan jumlah besar, penerangan yang lebih dari cukup  dan luas ruang tunggu yang paling memadai pada masanya.

Bandara king Abdul Aziz, bagi  Jamaah haji dan Umrah familiar dengan sebutan sebagai bandara yang kurang ramah. Setidaknya untuk pengecekan passport hingga pengambilan bagasi memakan waktu yang tidak bisa dikatakan sebentar. Bahkan pengalaman kami dalam beberapa kali membawa group jamaah umroh dan haji,  urusan imigrasi dan bagasi dapat memakan waktu hingga 5 jam

System yang dipakai boleh dikata paling tradisional, jika dibandingkan dengan Bandara International Prince Mohammad bin Abdul Aziz Madinah. Meskipun, ada ungkapan bawa perjalanan Ibadah harus diperlukan kesabaran yang berlebih, tetapi situasi ini bisa diminimalisir andai saja, pihak Bandara melakukan sejumlah perbaikan dalam segi pelayanannya.

Penerbangan Umroh dengan mendarat di Bandara Jeddah menjadi salah satu pilihan, karena harga paket umroh dapat ditekan seiring dengan penerbangan PAKET UMROH LANDING JEDDAH, jika dibandingkan PAKET UMROH LANDING MADINAHPerjalanan dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah menuju Kota Suci Makkah memakan waktu sekitar 1 jam, sedangkan menuju kota suci Madinah sekitar 6 hingga 8 jam. Keduanya menggunakan moda transportasi darat.

Sekilas Mengenal Bandara King Abdul Aziz Jeddah ini semoga menjadi inspirasi sekaligus motifasi bagi anda yang akan mengunjungi Kota Suci Makkah dan Madinah ini agar anda mempersiapkan fisik serta tidak tertinggal informasi.

Be Sociable, Share!