(024) 672 4321 umroh@syakirawisata.com

Raudhah yang  memliki nama lengkap raudhatul janah yang secara bahasa memiliki arti taman surga. Dahulu raudhah berada di luar halaman Masjid Nabawi, atau tepatnya diantara rumah Rasulullah SAW dan Mighrab (mimbar)  di masjid Nabawi.

Namun seiring terus dilakukannya PERLUASAN MASJID NABAWI yang telah dilkasanakan beberapa kali, lokasi itu sekarang berada di dalam masjid. tempat yang hanya berukuran 22 x 15 meter tersebut tak pernah sepi, selalu dijejali oleh jamaah haji dan umroh yang ingin berebut beribadah di dalamnya. Lalu, apakah keistimewaan tempat ini?

Selain menunaikan shalat, i’tikaf dan berziarah ke Makam Rasulullah SAW dan Sahabatnya, tempat ini selalu ingin dikunjungi oleh para jamaah haji dan umroh selama di kota Madinah. Dapat beribadah di sebuah tempat yang ukurannya tidak terlalu luas di dalam bangunan MASJID NABAWI. Tempat itu bernama raudhah, sesuai penamaan yang dianugerahkan oleh Rasulullah SAW.

Di Raudhah, Rasulullah SAW sering sekali duduk untuk mendengarkan wahyu serta mengajarkannya kepada para sahabat Beliau. Rasulullah SAW pernah bersabda:

raudhah

Hadits inilah menyebabkan jutaan umat Muslim yang sedang melaksanakan ibadah haji dan umroh berusaha untuk dapat berlama – lama berada di raudhah. Karena keyakinan pula bahwa setiap doa dzikir dan munajat kepada Allah SWT akan memiliki nilai yang tinggi, atau dengan bahasa lain Raudhdah sangatlah  mustajab untuk berdo’a. Sholat dan berdo’a memanjatkan suatu keinginan kepada Allah SWT.

Para jamaah haji dan umroh ini mengharapkan dengan dapat berada di salah satu taman surga tersebut. Insya Allah nantinya mereka akan dimasukkan sebagai ahli surga. Sedangkan kamar/rumah  Rasulullah sekarang menjadi makam Rasulullah sesuai risalah wasiat Beliau, bahwasannya “Tak dikebumikan seorang Nabi pun kecuali di tempat dimana seorang Nabi meninggal dunia.”. 

Sudah menjadi kebiasaan umum, setiap musim haji maupun umroh tiba para jamaah yang mengunjungi Masjid Nabawi. Saat berada di Masjid Nabawi MADINAH. Mereka akan berebut untuk bisa masuk ke Raudhah. Untuk Mengenali lokasi Raudhah amatlah mudah.

 

Raudhah berupa ruangan yang ditandai dengan karpet berwarna hijau muda. Warna karpet yang mencover Raudhah sangat berbeda dengan warna karpet di ruangan lain di dalam masjid Nabawi. Jika umumnya karpet di masjid nabawi berwarna merah. Ruangan juga ditandai dengan 5 pilar atau tiang yang berwarna putih atap nya bertuliskan ornamen kaligrafi yang khas (klasik).

Jamaah haji dan umroh dari Indonesia harus berebut dengan jamaah dari Turki, Iran, dan negara lain maupun warga asli Suadi sendiri. Memang agak sulit mencari tempat shalat dan berdo’a yang nyaman, apalagi untuk sekedar duduk membaca ayat suci Al-Qur’an. Akibatnya memang banyak jamaah yang tidak sengaja terinjak orang yang ingin masuk.

Bahkan tak jarang pula, jamaah yang telah selesai melaksanakan sholat di Raudhah diminta petugas ketertiban masjid (askar) untuk segera keluar, memberi kesempatan bagi jamaah yang lain

Bagi para jamaah haji dan umroh, berdesakan masuk ke Raudhah seringkali memunculkan persoalan tersendiri. Apalagi jamaah Indonesia yang umumnya berpostur lebih kecil jika harus beradu secara fisik dengan jamaah dari negara-negara lain. Umumnya mereka berpostur lebih tinggi besar.

Tidak ada sholat khusus di sini, sholat apapun bisa dilakukan disini, baik Tahiyatul Masjid, Tahajjud, witir, dll. Keluar dari area Raudhah, hampir dapat dipastikan ziarah para jamaah haji dan umroh akan dilanjutkan ke makam Rasulullah. selain Beliau juga 2 khalifah sahabat yang dimakamkan di sebelahnya. Mereka adalah Abu Bakar Asshidiq dan Umar bin Kaththab.

kaum laki – laki dapat mengunjungi Raudhah all time, namun tidak bagi jamaah perempuan. Mereka hanya dapat mempergunakan secara bergiliran. Terkadang dikelompokkan sesuai negara asalnya pada jam 07.30 hingga 30 menit sebelum adzan Dhuhur dikumandangkan.

Oleh sebab itu, jamaah HAJI dan UMROH perempuan disarankan untuk sejak pagi hari mencari tempat terbaik untuk mengantri di dekat Raudah,  sehingga akan lebih mudah untuk mengunjungi Raudhah ketika penyekat ruang yang berupa terpal putih terbuka.

 

Raudhah
Be Sociable, Share!