Prosedur Paspor Online Bagi Calon Jamaah Umroh di Semarang

Paspor adalah salah satu dokumen wajib yang harus dimiliki oleh setiap jamaah Umroh, tak terkecuali calon jamaah umroh yang berdomisili di Semarang. Paspor Online adalah salah satu layanan Kantor Imigrasi berbasis web yang bertujuan untuk mempercepat proses pembuatan paspor.

7. Paspor Online

Langkah Pertama, bagi warga negara Indonesia yang berdomisili atau berada di Wilayah Indonesia, khususnya bagi calon jamaah umroh di Semarang adalah mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk pengurusan paspor online, yaitu:

 

  1. Kartu tanda penduduk yang sah dan masih berlaku;
  2. Kartu keluarga;
  3. Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah (dapat dipilih salah satu)
  4. Koneksi Internet yang cukup stabil dan email yang masih aktif
  5. Khusus bagi calon Jamaah Umroh harus memiliki nama minimal 3 suku kata (co : Tutik Amaliyah Syakira)
  6. Surat Rekomnedasi dari Biro Travel Umroh yang menyatakan bahwa Anda adalah calon jamaah umroh dari BIRO TRAVEL UMROH YANG BERIZIN RESMI.

Kanim Semarang

Prosedur Paspor Online Bagi Calon Jamaah Umroh di Semarang sendiri sangatlah mudah, tidak sesulit yang dibayangkan, dan tidak perlu melalui Calo. Secara garis besar, proses tersebut terbagi atas 3 (tiga) bagian, yaitu Submit Data Via Website Ditjen Imigrasi dan Pembayaran di Bank BNI terdekat dan Proses Verifikasi Data, Foto, Wawancara, serta Pengambilan Paspor. Adapun proses tersebut adalah sebagai berikut :

A. Memasukkan data melalui Webesite Ditjen Imigrasi dan Melakukan Pembayaran di Bank/ATM BNI Terdekat

  1. Calon jamaah umroh diharuskan untuk mengunjungi website www.imigrasi.go.id atau bagi calon jamaah umroh yang memilih tempat pembuatan paspornya di Kantor Imigrasi Semarang dapat mengakses layanan imigrasi semarang DISINI Masuk ke menu Layanan Paspor online, dan pilih “prapermohonan personal”.

1. Paspor Online Umroh Semarang2. Paspor Online2. Pada laman selanjutnya calon jamaah umroh diminta untuk memilih mengenai informasi pemohon. Diantaranya pilihan apakah paspor yang diajukan merupakan pembuatan paspor baru bagi jamaah yang belum pernah memiliki paspor sama sekali, maupun paspor penggantian maupun perpanjangan (habis masa berlaku), dan kantor imigrasi terdekat tempat jamaah umroh berada (tidak harus sama dengan tempat dimana KTP/KK diajukan). Selanjutnya tekan tombol “LANJUT”

3. Paspor Online Umroh Semarang

  1. Langkah berikutnya adalah jamaah Di form tersebut adalah entry data diri, yang meliputi nama (calon jamaah Umroh WAJIB menggunakan 3 suku kata nama), jenis kelamin, tinggi badan, jenis identitas, dll. Pastikan data yang diisi sesuai dengan KTP, maupun Kartu Keluarga dan Buku Nikah/ Ijazah. Apabila diantara ketiganya terdapat perbedaan, maka harus dilampiri dengan surat keterangan dari kelurahan yang diketahui oleh kecamatan. Setelah isi data dengan benar, klik “Lanjut”

4. Paspor Online

  1. Setelah semua diisi dengan benar, maka akan muncul informasi pembayaran dan konfirmasi pembayaran, termasuk di dalamnya adalah informasi tanggal kedatangan yang tersedia di kantor imigrasi yang telah dipilih oleh calon jamaah umroh.

4. Paspor Online Umroh Semarang

  1. Pemohon calon jamaah umroh akan mendapatkan email resmi dari sistem milik imigrasi (spri@imigrasi.go.id) berisi pengantar pembayaran ke Bank BNI dan perintah untuk melanjutkan proses permohonan online setelah itu klik OK.

5. Paspor Online

  1. Pemohon/ calon jamaah umroh membuka e-mail konfirmasi yang telah dikirim ke e-mail yang bersangkutan. Saat membuka link tersebut pemohon akan masuk ke halaman ‘Verifikasi Permohonan’ dan pada halaman tersebut pemohon akan mendapat informasi Pastikan sebelumnya calon jamaah umroh sudah melakukan pembayaran ke bank BNI baik melaluui ATM atau datang ke bank BNI langsung kemudian tekan tombol ‘Lanjut’’.
  2. Setelah pemohon calon jamaah umroh melakukan pembayaran, kemudian klik Lanjut. Pemohonakan masuk ke halaman Konfirmasi Tanggal Kedatangan. Pada halaman tersebut juga terdapat contoh resi, untuk melihat Nomor Bukti Pembayaran (Jurnal Bank) apabila pemohon telah melakukan pembayaran. Kembali masukkan kode captcha dan klik ‘Lanjut’.
  3. Dan proses prapermohonan personal melalui Internet selesai.  Calon Jamaah Umroh dapat dilayani selanjutnya di kantor imigrasi yang menjadi pilihan pemohon bersangkutan. Pemohon calon jamaah umroh akan mendapatkan e-mail kembali, yang berisi e-mail informasi beserta lampiran PDF yang dapat di download dan di cetak

Secara kasat mata perbedaan yang cukup mencolok dari proses Submit Data Via Website Ditjen Imigrasi yang berlaku saat ini dibandingkan dengan proses Submit Data Via Website Ditjen Imigrasi yang sama beberapa waktu yang lalu adalah sebagai berikut :

  1. Pemohon termasuk calon jamaah umroh tidak melakukan proses upload lampiran persyaratan, namun Pemohon harus membawa dokumen persyaratan asli dan fotocopy saat jadwal kedatangan yang sudah di pilih ke Kantor Imigrasi tujuan.
  2. Permohonan harus ditindak lanjuti segera paling lama 7 hari setelah melakukan permohonan, jika tidak permohonan secara otomatis akan dibatalkan oleh sistem. Pembatalan, kesalahan dalam pengisian data, dll yang telah dilakukan pembayaran di bank BNI, maka uang yang sudah masuk ke Kas Negara tidak dapat ditarik kembali

B. Proses Verifikasi Data, Foto, Wawancara

  1. Setelah melakukan proses Submit Data Via Website Ditjen Imigrasi dan Pembayaran di Bank BNI terdekat, Proses selanjutnya adalah datang ke kantor imigrasi terdekat sesuai waktu yang tertera di Tanda Terima Permohonan, untuk Verifikasi Data, Foto, Wawancara, Datanglah ke Kantor Imigrasi sepagi mungkin dengan membawa Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku (syarat wajib); Kartu keluarga (syarat wajib); dan Akta kelahiran, buku nikah, maupun ijazah (wajib namun dapat dipilih salah satu), Selain membawa berkas yang asli, sangat disarankan untuk membawa fotocopy nya dokumen tersebut dengan ukuran kertas quarto utuh.
  2. Saat datang dikantor Imigrasi, tanyakan kepada petugas front office bahwa Anda calon jamaah umroh yang telah mendaftara secara online, maka petugas dengan senang hati akan mengarahkan untuk mengambil nomor antrian. Duduk hingga nomor antriannya anda dipanggil.Kanim Semarang 2
  3. Di loket verivikasi dokumen, Pemohon yang merupakan calon jamaah umroh akan ditanya mengenai identitas yang masih berlaku dan asli seperti KTP, Kartu Keluarga/KK, Akte Kelahiran/Ijazah/Akta Nikah. Serta surat rekomendasi dari biro travel umroh Anda. Setelah verifikasi identitas yang asli selesai maka calon jamaah umroh akan mendapatkan nomor antrian akan melakukan proses wawancara.
  4. Pemohon paspor online langsung menuju lokasi pengambilan foto dan sidik jari. Pada saat pengambilan foto, seluruh atribut yang melekat di kepala harus dilepas (kacamata, softlens, peci, dll) KECUALI JILBAB bagi perempuan. Setelah proses pengambilan foto dan sidik jari selesai, pemohon diminta untuk menunggu panggilan untuk proses wawancara
  5. Di meja wawancara, Pemohon akan ditanya mengenai negara serta tujuan pembuatan paspor (jawab : arab saudi, melaksanakan ibadah umroh), serta diminta untuk menunjukkan dokumen asli seperti pada ponit 3 (tiga) , dan jika tak ada kesalahan penulisan nama, maka pemohon diminta untuk meneliti kembali data yang telah masuk serta menandatangani buku paspor. Petugas wawancara berhak menangguhkan permohonan paspor online jika pada hasil wawancara ditemukan keraguan perihal perbedaan identitas serta jati diri pemohon utk dikerjakan penelitian selanjutnya. Jika hasil penelitian kelanjutan dapat dibuktikan ada pelanggaran keimigrasian maka permintaannya ditolak.

C. Pengambilan Paspor

Setelah wawancara selesai, maka selesailah proses pengajuan paspor. Waktu pengambilan paspor paling lama 3 (empat) hari kerja setelah proses wawancara.

1. Paspor Online

INGAT…!!! HINDARI MENGURUS PASPOR MELALUI CALO

 

KLIK DISINI UNTUK MULAI PROSES PENDAFTARAN PASPOR ONLINE ANDA

 

*) Kami memberikan layanan konsultasi GRATIS bagi calon jamaah umroh yang akan mengajukan permohonan paspor online di kantor Imigrasi Kelas I Semarang. Hubungi kami di Nomor 081226760101 (Syfa)

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!