(024) 672 4321 umroh@syakirawisata.com

Pengalaman Penerbangan umroh dengan Maskapai Qatar Airways merupakan salah satu pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh para calon jamaah umroh. Seringkali mereka masih bertanya – tanya mengenai fasilitas biro travel umroh, termasuk soal maskapai penerbangan. Salah satu artikel yang sempat kami tulis di situs ini adalah 6 Maskapai Penerbangan Terbaik Dunia 2015 yang Melayani Rute Penerbangan Umroh (baca artikelnya disini), dengan maskapai terbaik kelas dunia 2015 yaitu Qatar Airways. Beberapa pertanyaan dari pembaca yang umumnya merupakan calon jamaah umroh pun terus bermunculan.

1. Penerbangan Umroh Qatar Airways

Menjawab pertanyaan sekaligus rasa penasaran beberapa pembaca artikel yang menyambangi situs www.syakirawisata.com tersebut. Kali ini kami akan mencoba menggambarkan Pengalaman Penerbangan umroh dengan Maskapai Qatar Airways Jakarta – Madinah, via Doha. Dengan biaya umroh yang murah, nyamankah menggunakan maskapai asal negeri Qatar ini?? Mari kita simak Pengalaman Penerbangan Umroh Dengan Maskapai Qatar Airways rute Jakarta – Madinah, via Doha. Diharapkan artikel ini dapat memberi sedikit gambaran, terutama bagi mereka yang baru Pertama Kali Melaksanakan Ibadah Umroh.

Kali ini rombongan jamaah umroh www.syakirawisata.com yang berjumlah 90 jamaah berkesempatan menggunakan Qatar Airways, which is world’s best airlines 2015. Qatar Airways menghubungkan Jakarta dengan 150 kota tujuan lainnya, melalui bandara Doha. Penerbangan umroh kali ini adalah penerbangan umroh yang mendarat di Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz Madinah, dengan transit di bandara milik Qatar yang baru dipergunakan mulai tanggal 27 Mei 2014, Hamad International Airport, Doha. Waktu tempuh Jakarta – Doha sendiri sekitar 8 jam 25 menit. Sedangkan waktu tempuh Doha – Madinah sekitar 2 jam 25 menit. Waktu transit di Doha hanya 1 jam 30 menit.

2. Pengalaman Umroh Qatar Airways

Mengapa memilih penerbangan umroh yang langsung mendarat di Madinah? Karena jika pesawat yang kita tumpangi mendarat di Bandara Madinah, selain waktu antrean pemeriksaan imigrasi lebih singkat, kita bisa langsung beribadah di masjid nabawi, setibanya di Madinah. Jarak dari bandara Madinah menuju Masjid Nabawi hanya 20 menit. Namun jika kita mendarat di bandara King Abdul Aziz Jeddah, butuh waktu sekitar 6 – 7 jam perjalanan darat untuk menuju kota Madinah.

Kali ini jamaah syakirawisata.com menggunakan Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR 0955 yang diberangkatkan pada pukul 00:25 dengan armada Boeing 787-8 Dreamliner. Tiba di Bandara Internasional Doha 04:50, transit 1 jam 30 menit, rombongan kami melanjutkan penerbangan dengan Qatar Airways QR 1178, menuju Prince Mohammad Bin Abdulaziz International Airport Madinah dengan armada Airbus A330-300 tiba di madinah pada pukul 09:25

Sebagai layaknya penerbangan tujuan internasional pada umumnya, proses yang harus dilalui memang memakan waktu lebih lama daripada penerbangan domestik, karena harus mengecek paspor,visa, buku vaksin dll. Untuk mengantisipasi segala kemungkinan, rombongan kami sudah berkumpul di terminal 2D bandara Soekarno Hatta pada pukul 21:00 atau tiga jam sebelum penerbangan. Proses check-in rombongan kami sangatlah lancar, dengan pelayanan petugas ground staff Qatar Airways yang ramah senyum dan sopan dalam melayani calon jamaah umroh. Sekitar 45 menit sebelum penerbangan umroh, sudah ada panggilan boarding untuk memasuki pesawat.

1. Umroh qatar airways

Memasuki kabin Kelas ekonomi di dalam pesawat Boeing 787-8 Dreamliner, untuk kesekian kalinya Pengalaman kami dalam Penerbangan umroh Dengan Maskapai Qatar Airways, kami disambut dengan salam hangat dari para pramugari dan interior mewah dengan deretan kursi 3-3-3, yang terdiri dari 3 deret kursi di kanan dan kiri, serta 3 deret kursi di bagian tengah yang cukup luas. Seperti penerbangan berdurasi di atas 4 jam pada umumnya, space (jarak antar tempat duduk) mempunyai ukuran yang lega. Kursi ini pun dapat direbahkan ke belakang (reclyning seat). Lorong atau space kursi lumayan luas, space yang luas ini cukup baik untuk menyelonjorkan kedua kaki tanpa mentok dengan bangku penumpang di depan maupun belakang kita.

Di setiap kursi tempat duduknya telah tersedia selimut, bantal, eye mask, sikat gigi, kaus kaki, juga headset untuk kenyamanan dalam penerbangan umroh. Di setiap kursi penumpang terdapat tv screen, dimana sesaat sebelum lepas landas ditampilkan video tata cara keselamatan, dan yang paling istimewa adalah karena pesawat ini berasal dari timur tengah maka diperdengarkan lantunan do’a sebelum perjalanan. Pesawat yang kami naiki akhirnya lepas landas on time, Proses take off sangat lembut dan tidak menimbulkan goncangan sama sekali.

Perjalanan Jakarta – Doha memakan waktu sekitar 8 jam 25 menit. Untuk membunuh rasa bosan para penumpang, di setiap tv screen yang memutar film- film terbaru, bacaan Al qur’an, games, music, dengan pilihan lebih dari 2.000 judul. Layanan yang diberi nama ORYX ONE INFLIGHT ENTERTAINMENT ini sebagai sarana hiburan membunuh waktu di dalam pesawat yang memang disediakan, dipilih, ditonton dan didengarkan melalui headset di masing – masing bangku penumpang Qatar Airways.

umroh dengan Maskapai Qatar Airways

Qatar Airways dalam inflight entertaintment selain layanan hiburan juga menyiarkan secara langsung informasi yang diambil dari televisi dari berita BBC World. Selain itu di menu Information berita yang disajikan secara live, para penumpang jamaah umroh juga bisa melihat informasi tentang perjalanan mereka. Dalam penerbangan umroh kali ini, selain posisi pesawat, ketinggian pesawat, kecepatan, suhu diluar, hingga perkiraan waktu tempuh pun disajikan lengkap dengan peta interaktif (maps) dalam layar monitor berukuran sekitar 12 inchi. Bagi jamaah umroh yang hobi menonton film, di flight rombongan syakirawisata.com bulan Juni 2015 ini, terdapat film Iron Man, Fast and Furious 7, Minions, The SpongeBob SquarePants Movie, dan film-film terbaru lainnya. Bahkan terdapat sajian film dari Indonesia yang beberapa pilihan menampilkan artis seperti Reza Rahadian, Acha Septriasa dan Bunga Citra Lestari. Atau bagi mereka

Remote TV terletak di panel TV set di depan kita. Remote ini dapat dilepas dan dipasangnya kembali, kemiringan layar monitor dapat diatur dengan menarik knop yang berada di sebelah kiri. Selain berfungsi untk memilih chanel televisi, audio, film, maupun sebagai sarana bermain games, remote ini juga berfungsi sebagai sarana komunikasi. Ya, pesawat Qatar Airways Boeing 787-8 Dreamliner ini sudah dilengkapi fasilitas untuk berkomunikasi dengan keluarga di Indonesia yang notabene ada yang di darat. Remote TV ini dapat berfungsi layaknya sebuah HP, dapat dipergunakan untuk telephone dan sms. Beda dengan pesawat pada umumnya, dimana penumpang termasuk jamaah dalam penerbangan umroh harus mematikan ponsel, di dalam pesawat ini tersedia layanan internet wi-fi berkecapatan tinggi, dimana kita bisa membuka email, browsing, bahkan chating dari gadget yang kita bawa dalam kabin pesawat (dikenakan biaya charge wi-fi hotspot  kurang lebih 22 USD untuk pemakaian non-stop selama penerbangan).

4. Pengalaman Umroh Qatar Airways

Tentang menu makanan, dalam penerbangan umroh kami mereka menyajikannya dalam 3 tahap. Sesaat setelah take off, pramugari membagikan handuk hangat untuk menyegarkan diri. Biasanya dipergunakan untuk membasuh wajah, leher, serta tangan hingga lengan. Tak lama setelah itu, dibagikan snack stik rasa keju, brownis dan juga minuman. Karena ini adalah penerbangan malam hari, maka menu yang akan disajikan adalah menu makan malam, snack, dan sarapan. Pramugari membagikan selembar menu untuk memilih makanan yang diinginkan. Saat makan malam pun tiba. Meskipun ini merupakan penerbangan internasional, para jamaah umroh tidak perlu khawatir, semua makanan yang disajikan adalah halal.

Seperti fine dining maskapai bintang lima dalam penerbangan internasional full service pada umumnya. Dalam penerbangan umroh kali ini kami disuguhi terdapat appetizer, main course, dan dessert. Perlengkapan makan pun dibagikan secara lengkap, yang terdiri dari sendok, garpu, pisau, dan tak ketinggalan sendok dessert.

Disediakan pula gelas kosong dimana saat membagikan menu makanan, pramugari dengan sigap menawarkan kopi, teh, susu, soft drink, atau jus. 30 menit sekiranya para penumpang selesai menyantap menu makanan, mereka kembali membawa trolley. Trolley yang berisi teko teh, kopi dan minuman lain untuk penumpang yang ingin nambah. Dan karena ini merupakan penerbangan full service, maka semuanya gratis. Atau tepatnya sudah included dalam biaya tiket penerbangan umroh.

makanan qatar airways umroh

Ada salah anggapan dari beberapa jamaah umroh. Bahwa menu yang disajikan oleh Qatar Airways yang notabene merupakan negara Timur Tengah. Maka semua menunya akan serba berbau Timur Tengah. Menurut kami pendapat seperti ini tidak sepenuhnya benar. Maskapai Qatar Airways justru membawa konsep dari mana tujuan asal penerbangan. Pilihan menu yang tersedia diantaranya ayam, ikan atau daging sapi yang kesemuanya dibuat oleh Aerowisata Catering Service (ACS) Indonesia, jasa katering milik Garuda Indonesia Group.

Beberapa awak kabin Qatar Airways justru berasal dari Melayu, diantaranya Indonesia dan Malaysia. Bahkan mungkin dalam penerbangan umroh ini Qatar Airways hanya membawa beberapa orang awak kabin yang hanya mampu berbahasa Arab. Disamping bahasa Inggris masih sebagai bahasa pengantar utama.

Kurang lebih 2 jam sebelum mendarat kembali para pramugari membagikan handuk hangat. Kira – kira 30 menit kemudian menu minuman dan snack akan dibagikan. Kali ini pramugari menyajikan nampan berisi roti, burger, pudding, dan air mineral. Tiba di Bandara Internasional Doha 04:50, rombongan umroh syakirawisata.com transit di Bandara Hamad International Airport (baca Suasana Transit di Bandara Internasional Doha dalam Perjalanan umroh DISINI). Selepas transit yang hanya berlangsung selama 1 jam 30 menit, Penerbangan umroh kami lanjutkan dengan Qatar Airways QR 1178. Menuju Prince Mohammad Bin Abdulaziz International Airport Madinah dengan armada Airbus A330-300. (baca artikel kami mengenai Penerbangan umroh Qatar Airways Landing Madinah DISINI)

Toilet Qatar Airways

Demikian pengalaman kami duduk di kelas ekonomi Qatar Airways dalam Penerbangan umroh, khususnya untuk Rute Jakarta – Doha. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah informasi. Terutama bagi jamaah umroh yang baru pertama kali atau baru mau mempergunakan pesawat Qatar Airways dalam perjalanan umrohnya.

Umroh dengan Maskapai Qatar Airways
Be Sociable, Share!