(024) 672 4321 umroh@syakirawisata.com

Penerbangan Umroh Landing Madinah dengan Maskapai Qatar Airways merupakan salah satu keistimewaan layanan maskapai terbaik kelas dunia tahun 2015 ini. Mengapa istimewa? Tentu saja karena tidak semua maskapai penerbangan, terutama yang berasal dari asia diizinkan mendarat di Bandara Prince Mohammad Bin Abdulaziz International Airport Madinah, oleh otoritas bandara Madinah (General Authority Of Civil Aviation In Saudi Arabia). Proses transit pesawat selama 1 jam 30 menit di bandara Hamad International Airport (baca : Pengalaman Transit di Bandara Hamad International Airport DISINI) . Walaupun transit, namun bagasi pesawat sudah langsung terhubung dengan pesawat yang akan membawa jamaah menuju Madinah (bagasi tidak turun). Pilihan ini kami pergunakan daripada harus mempergunakan maskapai yang mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah

1. Qatar Landing Madinah

Jika pesawat yang kita tumpangi dalam Penerbangan Umroh Landing Madinah, waktu antrean pemeriksaan imigrasi bagasi dan jauh lebih singkat, hanya sekitar 30 menit, karena arus penumpang di Bandara Madinah tidak sepadat di bandara Jeddah. Selain alasan pemilihan tersebut, jarak dari bandara Madinah menuju Masjid Nabawi hanya 15 km, atau ditempuh hanya dalam waktu 20 menit. Namun jika kita mendarat di bandara King Abdul Aziz Jeddah, selain harus mengantri untuk keluarnya bagasi dan imigrasi yang memakan waktu 3-5 jam, masih membutuhkan waktu sekitar 6 – 7 jam menempuh perjalanan darat 450 km untuk menuju kota Madinah Al Munawwarah.

Kali ini jamaah umroh syakirawisata.com menggunakan Penerbangan Umroh Landing Madinah dengan Maskapai Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR 0955 yang diberangkatkan pada pukul 00:25 dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta dengan armada Boeing 787-8 Dreamliner (simak Pengalaman Penerbangan Umroh dengan Maskapai Qatar Airways DISINI). Tiba di Bandara Internasional Doha 04:50, transit 1 jam 30 menit, rombongan kami melanjutkan penerbangan dengan Qatar Airways QR 1178 rute Doha – Madinah, dengan armada Airbus A330-300 menuju Prince Mohammad Bin Abdulaziz International Airport Madinah dan tiba di madinah pada pukul 09:25 waktu setempat.

3. Transit Penerbangan Umroh Qatar Airways

Waktu tempuh Doha – Madinah sekitar 2 jam 25 menit. Sebagai layaknya penerbangan pada umumnya, Sekitar 45 menit sebelum penerbangan umroh, sudah ada panggilan boarding untuk memasuki pesawat. Petugas di bagian boarding gate akan melakukan pemeriksaan paspor,visa, boarding pass. Proses boarding rombongan kami sangatlah lancar, dengan pelayanan petugas ground staff Qatar Airways yang ramah senyum dan sopan. Sekitar 30 menit sebelum penerbangan umroh, sudah ada panggilan untuk menumpang bus khusus yang akan membawa jamaah umroh menuju pesawat penerbangan umroh Landing Madinah.

Memasuki kabin Kelas ekonomi di dalam pesawat Qatar Airways Airbus A330-300, kami disambut dengan salam hangat dari para pramugari pesawat. Suasana Interior di dominasi dengan warna ungu, kesan mewah dengan formasi tempat duduk 3-3-3, yang terdiri atas 3 seat sisi kanan dan kiri, serta 3 seat kursi di bagian tengah. Meskipun duduk di kelas ekonomi, namun ruang kaki cukup nyaman untuk Penulis yang memiliki tinggi badan 180 cm. Di setiap kursi tempat duduk penerbangan Qatar Airways QR 1178 sudah terdapat selimut, bantal, eye mask, dan headset untuk kenyamanan penerbangan umroh landing Madinah. Sebagaimana pesawat yang kami pakai sebelumnya dalam penerbangan rute Jakarta – Doha, disetiap kursi Penerbangan Umroh Landing Madinah penumpang terdapat juga tv screen set, dimana sesaat sebelum lepas landas televisi tersebut menampilkan video tata cara keselamatan. Audio lantunan do’a sebelum perjalanan diperdengarkan dan ditampilkan sesaat sebelum penerbangan, sehingga menambah rasa khidmat kami dalam beribadah.

2. Qatar Airways Landing Madinah

Pesawat yang kami naiki akhirnya lepas landas tepat pukul 06: 35, Perjalanan Doha – Madinah hanya memakan waktu sekitar 2 jam 25 menit. Walaupun singkat, TV set yang disedikan menampilkan onboard inflight entertainment yang mereka namakan ORYX ONE INFLIGHT ENTERTAINMENT. Layanan ini tak hanya menyediakan tampilan hiburan, games, dan informasi saja, namun juga lantunan ayat suci alqur’an 30 juz dari Imam besar Masjidil Haram, maupun Masjid Nabawi. Selain tontonan televisi yang individual, didalam pesawat ini tersedia inboard wifi, yakni layanan akses internet wifi selama penerbangan, yang dapat dijadikan sarana komunikasi melalui gadget maupun laptop selama di dalam pesawat Penerbangan Umroh Landing Madinah.

Penerbangan Umroh Landing Madinah maskapai Qatar Airways QR 1178 merupakan maskapai dengan layanan full service. Berbeda dengan layanan maskapai Low Cost Carrier ( simak Artikel kami mengenai 4 Maskapai Penerbangan Umroh Berbiaya Murah Terbaik DISINI). Sesaat setelah take off dan lampu kenakan sabuk pengaman dimatikan, pramugari membagikan refreshing towel, semacam handuk hangat berukuran kecil untuk menyegarkan diri. Karena ini adalah penerbangan pagi hari, maka menu yang akan disajikan adalah menu sarapan dan snack Pramugari membagikan brosur yang berisi pilihan menu.

4. Pengalaman Umroh Qatar Airways

Main course atau sebagai menu utama dalam Penerbangan Umroh Landing Madinah ini hampir semuanya merupakan menu makanan timur tengah. Hidangan sosis daging sapi serta perpaduan sayuran dan kentang yang lezat, disajikan dengan standart Internasional, namun halal. Disediakan pula 2 buah gelas mika kosong dimana saat membagikan menu makanan, pramugari dengan sigap menawarkan kopi, teh, susu, soft drink, atau jus. 30 menit sekiranya para penumpang selesai menyantam menu makanan, mereka kembali membawa trolley yang berisi teko teh, kopi dan minuman lain untuk penumpang yang ingin tambah, dan karena ini merupakan penerbangan full service, maka semuanya gratis.

4. Umroh qatar airways landing madinah

Sebagai maskapai penerbangan yang meraih predikat bintang lima (baca artikel 6 Maskapai Penerbangan Terbaik Dunia 2015 yang Melayani Penerbangan Umroh, DISINI), pramugari Qatar Airways senantiasa sigap jika kita membutuhkan bantuan tak jarang mereka membawa trolley yang berisi berbagai macam minuman dan snack. Apabila kita masih haus atau mebutuhkan bantuan selama penerbangan, jangan ragu untuk menghubungi awak kabin. 20 menit sebelum pesawat mendarat para awak kabin pun kembali membagikan handuk kecil dan snack ringan. Pada pukul 09:05 rombongan jamaah umroh syakirawisata.com pun tiba di Bandar Udara Internasional Princess Mohammad bin Abdul Aziz yang terletak di Timur Laut Kota Madinah.

bandara madinah

Demikian pengalaman rombongan kami duduk di kelas ekonomi Qatar Airways QR 1178 dalam Penerbangan Umroh Landing Madinah. Diharapkan artikel ini dapat memberikan sedikit informasi serta gambaran terutama bagi jamaah umroh akan mempergunakan maskapai Qatar Airways dalam perjalanan umrohnya

Be Sociable, Share!