(024) 672 4321 umroh@syakirawisata.com

Minat umat Islam di seluruh Indonesia untuk menunaikan ibadah haji sangatlah tinggi, sehingga tidak sebanding dengan kuota haji yang di berikan pemerintah Arab Saudi.  Akibatnya calon jamaah haji di Indonesia harus mengantri bertahun-tahun lama nya

Namun hal ini tidak berlaku Penduduk di 3 Negara ini, dimana warga Negara maupun Permanent Residency, termasuk para Pelajar dan Pekerja WNI disana cukup bebas tanpa menunggu antrian kuota haji. Nah, baru-baru ini justru ratusan warga negara Indonesia berangkat lewat 3 negara ini  dan menggunakan kuota haji di negara itu. Tapi tunggu dulu. Mereka bukan melakukan proses illegal seperti halnya “Haji Philiphina” yang pernah kita dengar 

Sebaliknya, para WNI ini berangkat dengan cara sah alias legal. Tiga Negara itu setidaknya Korea, Jepang dan Hongkong  di Negara ini berangkat haji tidak perlu menunggu bertahun-tahun berikut pembahasanya.

 

Waktu Tunggu Haji Di Negara Korea Selatan

Bagi TKI  maupun Umat muslim di Korsel, menunaikan haji seperti  berlibur ke Negara lain, tidak terkendala masalah kuota seperti yang ada di Indonesia. Sehingga di Negara ini berangkat haji tidak perlu menunggu lama hingga bertahun-tahun. Umat muslim Korea sampai saat ini berjumlah 35.000 orang saja.

haji tanpa antri dari korea selatan

Sebagian besar masyarat negeri Gingseng ini tidak beragama (Atheis), sisanya pemeluk agama Budha dan Kristen. Kuota Haji di Korea sebagian besar dipakai oleh umat muslim warga Negara Asing yang mempunyai izin tinggal disana. Termasuk warga Negara Indonesia.

Selain tidak terkendala masalah kuota. WNI di negeri Gingseng ini umumnya tidak terkendala mengenai masalah biaya perjalanan ibadah haji. Karena penghasilan TKI disana sudah cukup bagus, untuk berangkat haji. Sementara itu keberangkatan para jamaah haji Indonesia di lepas oleh duta besar Indonesia untuk Negara Korea selatan.

 

Waktu Tunggu Di Negara Jepang

Setiap Negara mempunyai cara tersendiri, untuk menanggani warganya yang ingin melaksanakan haji seperti yang berada di negara jepang ini. Minoritas agama di jepang menganut agama Shinto dari nenek moyang. Meskipun demikian perkembangan Islam di Negara ini mengalami kemajuan. Dan kini pemerintahan jepang juga menyediakan fasilitas bagi umat Islam seperti tempat ibadah dan menu makanan yang halal. 

Meskipun jumlah umat muslim di jepang sedikit .Pemerintah Arab Saudi masih memberikan kuota untuk Jamaah haji bagi umat musllim yang ingin melaksanakan ibadah. Kuota tersebut jarang terpenuhi Karena umat muslim yang berada di sana jumlahnya sedikit hal inilah yang menyebabkan di Negara ini tidak perlu menunggu bertahun-tahun untuk berangkat haji

Untuk memenuhi Kuota tersebut. Masyarakat Asing yang berada di Jepang dan beragama Islam di perbolehkan untuk mendaftar.  Berbeda dengan Negara Indonesia di Negara jepang urusan agama adalah urusan personal (sekuler). Jadi penangganan calon jamaah haji di sana akan di serahkan kepada individu atau pihak swasta. Tetapi di jepang tidak ada paket OHN plus seperti yang ada di Indonesia.

 

Waktu Tunggu Di Negara Hong Kong

Tahun 2017 ini jumlah jamaah haji dari Hongkong  mencapai 39 WNI dan 17 diantaranya adalah TKW yang bekerja di rumah tangga.  Karna mengingat  tidak ada keterbatasan kuota maka di Negara ini  berangkat haji tidak perlu menunggu bertahun-tahun. Para jamaah haji tersebut akan berada di Saudi Arabia selama 20 hari. Dengan rincian sebagai berikut, 5 hari berada di Kota Madinah, 2 hari berada di kota Jeddah dan sisanya berada di kota Makkah

haji tanpa antri dari hongkong

Pemberangkatan warga Negara Indonesia calon jamaah haji di Hong Kong menggunakan fasilitas Haji Luar Negeri yang di kelolai oleh Koperasi sejahtera (KJRI Jeddah). Pemberangkatan Haji bagi warga indonesiapun cukup mudah syaratnya, Mengisi formulir Visa haji, menyertakan HKID, Paspor, dan Medical Sertificat, telah berusia 45 tahun atau lebih, dan menyertakan foto ukuran paspor serta surat nikah bagi yang berangkat dengan pasanganya.

Untuk pendaftaran Tahun depan di Hong Kong bisa menghubungi Ikatan Keluarga Jamaah Haji Indonesia atau panitia haji sebelum bulan Ramadhan.

 

Cukup asyik andai ibadah haji di Indonesia dapat dilakukan tanpa menantikan bertahun – tahun lamanya. Namun sayangnya Pihak Arab Saudi secara tegas menyatakan  sisa kuota haji yang tidak terpakai oleh negara yang lain tidak dapat dipindahkan untuk Indonesia begitu saja. 

 

 

Be Sociable, Share!