(024) 672 4321 umroh@syakirawisata.com

Majid Quba adalah masjid pertama di Madinah  yang menjadi tempat perhentian pertama ketika Rasulullah berhijrah ke Madinah. Rasulullah berhenti disana sebelum beliau bersama Abu Bakar masuk ke tengah-tengah kota madinah.

Karena itulah, Rasulullah begitu mencintai masjid ini. Beliau singgah disana untuk membangun masjid tersebut dan ikut serta langsung dalam pembangunan selama lebih dari sepuluh hari. Masjid Quba inilah yang menjadi sebab turunnya ayat Al-Qur’an:

masjid quba

Bahkan di berbagaii riwayat, Rasulullah selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke Masjid Quba yang dicintainya itu, untuk sekedar melakukan shalat dua rakaat. Beliau membiasakan diri untuk mengunjungi pada setiap hari sabtu.

Beliau pergi ke Masjid Quba, kadang-kadang dengan berjalan kaki atau menaiki kendaraan. Kebiasaan itulah kemudian ditiru oleh Abdullah bin Umar. Abdullah bin Umar membiasakan dirinya untuk mendatangi Masjid ini pada hari sabtu untuk melakukan shalat didalamnya. Sebagaimana yang biasa dilakukan oleh Rasulullah, jika sudah memasuki Masjid yang terletak di tengah perkebunan kurma ini, pasti beliau melakukan shalat di dalamnya.

Namun, Abdullah bin Umar lebih sering berjalan kaki menuju Masjid Quba karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari tengah kota madinah. Diceritakan, suatu hari ketika Abdullah bin Qais pulang dari Masjid Bani Amar, di bertemu dengan Ibnu Umar yang sedang berjalan kaki menuju Masjid ini. Saat itu, Abdullah bin Qais mengendarai keledai.

Spontan, Abdullah bin Qais menawari Abdullah bin Umar untuk mengendarai keledainya. Namun, Abdullah bin Umar menolaknya sambil berkata,”Seandainya aku ingin naik kendaraan,tentu sejak dari rumah aku sudah naik kendaraan. Namun aku melihat Rasulullah berjalan kaki menuju Masjid itu  untuk melakukan shalat didalamnya. Oleh karena itu, aku berjalan kaki seperti Rasulullah”. Setelah berkata semikian,Abdullah bin Umar pun berpamitan dan kemudian melanjutkan perjalanannya.

Pertanyaanya sekarang adalah, mengapa Rasulullah dan juga sahabatnya begitu bersemangat melakukan shalat di Masjid Quba? Bukankah di tengah kota Madinah sudah dibangun dan didirikan Masjid Nabawi? Jawabannya adalah hadis yang disabdakan Rasulullah berikut ini:

Ya, mereka ingin mendapatkan pahala ibadah umroh, itulah alasan mereka pergi menuju Masjid Quba. Sejumlah sahabat pun banyak berusaha melakukan shalat di Masjid itu. Salah satu diantara mereka adalah Saad bin Abi Waqqash yang pernah berkata, “Sungguh, seandainya aku bisa melakukan shalat di Masjid Quba, itu lebih aku senangi dibandingkan aku bisa melakukan shalat di Masjid Baitul Maqdis.

Begitu juga sahabat-sahabat besar seperti Umar bin Khaththab, beliau pun melakukan kebiasaan Rasulullah melakukan shalat di Masjid Quba yang berpahala seperti pahala ibadah umroh itu. Apabila Allah memberikan kesempatan serta mengizinkan kita pergi ke tanah suci Makkah dan Madinah, maka berkunjunglah ke Masjid Quba dan shalatlah didalamnya. Shalat didalamnya adalah salah satu cara agar umroh atau haji kita mendapatkan pahala yang berlipat-lipat seperti pahala umroh berkali-kali.

Jangan pernah menganggap pergi menuju masjid Quba yang berada di kota Madinah itu hanya sebagai wisata belaka. Bersucilah terlebih dahulu, niatkan untuk pergi menuju Masjid ini dan melakukan shalat didalamnya.

Masjid Quba adalah salah satu masjid yang menjadi bagian dari agenda wajib program ziarah dan city tour PAKET UMROH MURAH  di seputar kota Madinah. InsyaAllah, Allah akan menyediakan pahala umroh untuk kita. Amiiin….

 

Masjid Quba
Be Sociable, Share!