(024) 672 4321 umroh@syakirawisata.com

Mengenal Makna Wuquf di Arafah  merupakan hal yang perlu diketahui ketika akan melakukan ibadah haji. Dimana wuquf di Arafah ini adalah miniatur dari padang mahsyar yang mana seluruh manusia akan dibangkitkan dari kematian dan berkumpul disuatu tempat yang disebut dengan padang mashsyar.

Mengenal Makna Wuquf di Arafah

Manusia pada dasarnya harus mempertanggungjawabkan semua amal perbuatan di  hadapan Allah SWT. Wukuf di arafah ini tentu saja seolah mengingatkan kepada semua orang bahwasanya hari kebangkitan itu ada. Sudah selayaknyalah manusia mempersiapkan hari pembalasan. Dimana setiap orang akan dihisab secara adil oleh Allah SWT.

Tidak ada sedikit pun kesalahan dalam hisap nanti dan keadilan betul-betul ditegakkan. Hukum tidak bisa dibeli oleh apapun karena barang siapa berbuat suatu kejahatan maka akan dibalas sesuai dnegan apa yang dilakukan.

Pentingnya Wuquf di Arafah

Mengenal Makna Wuquf di Arafah  ini sangat penting mengingat wukuf adalah inti dari puncak haji. Arafah berarti mengenal, menyadari, dan mengetahui. Sedangkan makna dari wukuf sendiri adalah berdiam diri.

 

Wuquf di Arafah ini bisa saja melakukan suatu perenungan terhadap diri sendiri di hadapan Allah SWT dan dihadapan makhluk yang lainnya lalu melakukan transformasi secara besar-besaran.

Dasar Hukum Mengenal Makna Wuquf di Arafah

Dasar Hukum Wuquf di Arafah sudah dijelaskan dalam hadist nabi Muhammad Salallahu alaihi Wasalam yakni “ Haji itu di Arafah barang siapa yang datang pada malamnya jam’in tanggal 8 sebelum terbitnya fajar maka ia menjumpai hajinya (sah).”

Keutamaan Mengenal Makna Wuquf di Arafah

Pada dasarnya keutamaan wuquf merupakan hari yang paling utama dan pada saat itu Allah turun ke bumi dengan mambanggakan pada penduduk bumi terhadap seluruh isi langit. Pada saat itu juga banyak orang yang dibebaskan dari neraka. Selain itu diampuni dosa-dosanya dan dikabulkan segala doanya.

Tatacara Wuquf di Arafah

Dalam melaksanakan wuquf di Arafah entu saja hal yang pertama dilakukan adalah melaksanakan shalat dzuhur dan ashar di jama’ dengan menghadap kiblat, diteruskan dengan khutbah wukuf. Setelah itu perbanyak dzikir, berdzikir dan berdoa baik untuk diri sendiri ataupun  orang lain.

Lebih baik berdoa mengenai kepentingan agama atau dunia disertai dengan perhatian yang penuh sambil terus mengangkat kedua tangan. Sebaik-sebaik doa adalah pada hari Arafah.Lalu setelah maghrib maka secara perlahan akan meninggalkan  padang Arafah menuju ke Mudzalifah dengan tentram dan tenang.

Kesalahan dalam Wuquf di Arafah

Biasanya kesalahan yang sering terjadi pada wuquf adalah sebagian jamaah ada yang sudah berhenti diluar batas arafah dan tetap diam sampai matahari tenggelam. Lalu berangkat ke mudzalifah tanpa wuquf di Arafah. Selain itu sebagian jamaan berdesak-desakan untuk naik ke atas gunung Arafah sebelum terbenam matahari. Hal itulah yang tidak boleh karena wuquf Arafah harus sampai matarhi terbenam secara sempurna.

Dalam melakukan wuquf di Arafah juga tentu saja melepaskan diri dari selera duniawi, cinta harta, berkata keji, amarah, dan perkataan kotor. Dalam berhaji juga tentunya para jemaah dilarang untuk memakai parfum dan perhiasan. Tentu akan sangat bangga apabila dapat memenuhi panggilan dari Allah SWT dalam menjalani rukun islam yang  kelima. 

Mengenal Makna Wuquf di Arafah ini tentunya menjadi bekal untuk kelak mendapatkan panggilan dari Allah dalam berhaji. Meskipun tidak semua orang dapat melakukan ibadah Haji akan tetapi tidak menutup kemungkinan apabila diberikan jalan lain oleh Allah SWT.

 

Be Sociable, Share!