Masjid Quba, Masjid Pertama Shalat Berjamaah Dilaksanakan

Setelah mengarungi padang pasir yang sangat luas dan amat panas serta mendaki gunung dan menuruni jurang dalam rangkaian perjalanan hijrah NYA, Rasulullah SAW pada hari Senin tanggal 8 Rabiul alawal tahun 1 Hijrah tiba di desa Quba, sebuah tempat yang berjarak kira – kira berjarak 10 km jauhnya dari Yatsrib (sekarang Madinah). Selama 4 hari beristirahat, Rasulullah SAW mendirikan sebuah masjid, yaitu yang sekarang dikenal dengan masjid quba. Inilah masjid yang pertama kali didirikan dalam sejarah Islam sebelum Masjid Nabawi.

Masjid Quba

Masjid quba terletak di desa Quba, kira – kira berjarak 5 kilometer dari luar Batas Kota Madinah. Masjid ini merupakan saksi sejarah perjalanan Hijrah rasulullah SAW dari Mekkah al Mukarramah sekaligus masjid yang memiliki beberapa keistimewaan serta fadhilah, diantaranya

  1. Masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah SAW
  2. Shalat di Masjid quba memperoleh keistimewaan dan pahala sebanding dengan satu kali pahala umroh
  3. Menurut Hadist Tirmidzi dan lainnya dari Usaid bin Zubair, Rasulullah bersabda :

صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِ قُبَاءٍ كَعُمْرَةٍ

“Satu kali Sholat di Masjid quba adalah sama dengan Satu kali Umroh”

2. Masjid Quba

Masjid quba merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah SAW, sehingga disinilah tempat shalat berjamaah pertama kali didirikan di bangunan masjid. Masjid quba dibangun diatas tanah milik Kalsum bin Hadam dari Kabilah Amir bin Auf. Pembangunan masjid ini dilakukan 2 kali. Pertama ketika kiblatnya menghadap ke Baitulmaqdis di Palestina, dan kemudian tahap kedua menghadap ke Baitullah di Mekkah Al Mukarramah.

Adapun pembangunan nya dilakukan pada saat kedatangan Rasulullah SAW di desa Quba dalam perjalanan hijrahNYA menuju Madinah yaitu 12 Rabi’ulawal tahun ke 13 hijrah (622 Masehi). Masjid ini terletak di kaki bukit dengan telaga yang mengalirkan air jernih yang menyuburkan pepohonan dan kebun – kebun kurma disekitarnya.

3.. Masjid Quba

Bentuk masjid ini sangatlah sederhana, terdiri dari ruangan persegi empat, memiliki serambi berdinding dimana terdapat atap di bagian Mihrab, dan ditengah – tengahnya terdapat lapangan terbuka yang kemudian diberi nama “sahn”

Tanda qiblat, yang merupakan arah shalat dibuat oleh Rasulullah SAW sendiri dari batu. Masjid quba merupakan tempat pelaksanaan shalat pertama ini juga sering dijadikan model atau sebagai contoh bentuk dari masjid – masjid yang didirikan kemudian. Masjid ini disebut Masjid Takwa seperti dalam QS At – Taubah 108

لَا تَقُمْ فِيهِ أَبَدًا ۚ لَمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى التَّقْوَىٰ مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَنْ تَقُومَ فِيهِ ۚ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَنْ يَتَطَهَّرُوا ۚ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ

Janganlah kamu bersembahyang dalam masjid itu selama – lamanya. Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa (masjid quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat di dalamnya. Di dalamnya masjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih. (QS: At-Taubah (9) Ayat: 108)

3. Masjid Quba

Pada hari Jum’at tanggal 12 Rabi’ul awal tahun 1 Hijriyah, bertepatan dengan tanggal 24 september 622 Masehi, Rasulullah, Abu Bakar As sidiq dan ali bin Abi Thalib memasuki kota Yatsrib, dengan mendapat sambutan meriah penuh kerinduan dan rasa hormat dari penduduknya. Pada saat itu juga Rasulullah SAW mangadakan shalat Jum’at pertama kali dalam sejarah Islam, dan Beliau pun berkhotbah di hadapan kaum Muslimin, Muhajirin dan Anshar. Sejak saat itu pula Yatsrif berubah nama menjadi Madinatun Mabiy yang diartiak sebagai “Kota Nabi”, dan selanjutnya disebut sebagai Madinah.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Masjid quba merupakan salah satu destinasi dari paket Zaiarah dan City Tour di kota Madinah. Dengan mengunjungi Masjid quba diharapkan para jamaah umroh Syakira Wisata dapat lebih menghayati dan merasakan lebih mendalam sejarah Hijrah Nabi Rasulullah Muhammad SAW dan diharapkan akan menumbuhkan cinta dan kerinduan akan Nabi junjungan kita. Disamping tujuan tersebut, diharapkan dengan berwudhu sejak dari rumah (hotel) dan shalat dua rakaat di Masjid quba kita akan mendapatkan Pahala setara dengan Pahala Umroh seperti sabda Beliau dalam hadist.

 

Masjid Quba
Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!