Masjid – Masjid Bersejarah di Kota Makkah (Bagian 1)

Salah satu agenda wajib yang dilakukan oleh jamaah Umroh dan haji khusus Syakira Wisata adalah city tour dan ziarah seputar kota Mekkah dan Madinah, termasuk di dalam rangkaian kegiatan tersebut adalah mengunjungi Masjid bersejarah di Kota Makkah. Setidaknya terdapat 7 (tujuh ) masjid bersejarah yang hingga sekarang masih berdiri kokoh di kota Makkah. Diantaranya adalah :

  1. Masjid Jin

Masjid ini terletak di sebelah kiri jalan menuju pemakaman Ma’la, yaitu ke arah utara dari Maulidun Nabi. Dinamakan masjid jin karena menurut satu riwayat, di tempat inilah para jin yang berjumlah sekitar dua belas ribu lebih bertemu dengan Rasulullah SAW dan Ibnu Abbas untuk berbaiat dan mendengarkan ayat suci Al Qur’an, dimana saking banyaknya para jin yang datang mereka saling berdesakan untuk dapat mendekat kepada Rasulullah SAW dan mendengarkan bacaan Qur’an dari beliau

Masjid Jin

Menurut Zubair bin Awwam, para jin itu ada yang duduk diantara bahunya yang lain karena begitu banyaknya. Peristiwa ini pun tergambar di dalam Al Qur’an Surat Al Jin ayat 19 :

2. Masjid Jin_1

Pertemuan Rasulullah SAW dengan para jin ditempat ini merupakan pertemuan kedua, dimana pertemuan pertama terjadi pada tahun ke 11 keNabian. Saaat itu Rasulullah SAW dalam perjalanan pulang dari Thaif, yakni di sebuah tempat yang bernama Nakhl. Di tempat ini Rasulullah sedang melaksanakan sholat subuh. Saat membaca surat Ar Rahman, ada sekitar 7 – 9 jin yang mendengarkan bacaan Rasulullah dan kemudian para jin ini kembali ke kaum nya dan berkata “sesungguhnya kami telah mendengarkan Al Qur’an yang menakjubkan”. Peristiwa inipun digambarkan oleh Allah SWT dalam pembukaan QS Al Jin ayat 1 :

2. Masjid Jin

  1. Masjid Syajarah

Masjid ini terletak hampir berhadapan dengan Masjid Jin. Jika masjid Jin terletak di sebelah barat jalan, sedangkan Masjid Syajarah terletak di timur jalan. Dikisahkan bahwasanya ditempat ini Rasulullah SAW pernah memanggil pohon, dan pohon itu tercabut dari bumi untuk datang memenuhi panggilan Beliau hingga berada di depan Beliau untuk sebuah urusan. Kemudian Rasulullah SAW menyuruh pohon tersebut untuk kembali ke tempat asalnya. Pada tempat itu pula akhirnya dibangun sebuah masjid yang dinamakan sebagai masjid Syajarah, yang memiliki nama Masjid Pohon

  1. Masjid Khief

Masjid ini terletak di bawah Gunung Shibih dan merupakan bagian dari Mina. Di masjid ini Rasulullah SAW dan nabi – nabi sebelumnya serta para sahabat pernah shalat di dalamnya. Oleh karena itu para khalifah dan pemimpin umat Islam sangat memperhatikan keberadaan masjid ini

Masjid Kheif

Saat ini masjid Khief memuat lebih dari 35.000 (tiga puluh lima ribu) jamaah shalat dan memiliki menara yang masing – masing memiliki ketinggian 45 meter, serta memiliki toilet dengan jumlah kurang lebih 1000 buah, serta tidak kurang dari 3000 kran air

  1. Masjid Namirah

Namirah diambil dari nama gunung yang terletak di sebelah barat masjid ini, sehingga kemudian disebut sebagai Masjid Namirah. Pada saat hari Arafah tanggal 9 Dzulhijjah Rasulullah pernah membuat perkemahan di tempat ini, dan setelah tergelincirnya matahari Beliau pindah di Lembah Urnah. Rasulullah berkhutbah dan shalat dhuhur disana.

masjid namira

Pada saat pemerintahan Dinasty Abbasiyah, di lembah Urnah ini (tempat tenda dan shalatnya Rasulullah SAW) masjid ini dibangun. Saat ini masjid Namirah mampu menampung puluhan ribu jamaah dengan 6 buah menara yang masing – masing menara memiliki ketinggian 60 meter. Disekitar masjid juga disediakan ratusan kamar mandi dan toilet serta ribuan lebih kran pancuran air.

Masih terdapat beberapa masjid bersejarah lain yang menjadi objek kunjungan ziarah dan city tour jamaah UMROH MURAH dan UMROH VIP  serta jamaah haji khusus syakirawisata.com. Sebut saja Masjid Tan’im, Masjid Ji’rahan, Masjid Hudaibiyah dan juga Masjid Masyaril Haram. Sedikit wawasan  mengenai masjid-masjid bersejarah  tersebut dapat Anda simak DISINI. Semoga bermanfaat.

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!