(024) 672 4321 umroh@syakirawisata.com

Masjid Ji’ronah merupakan tempat terbaik dalam melaksanakan miqat umroh ketika Anda sudah berada di kota suci Makkah. Ji’ronah merupakan nama sebuah tempat yang tidak jauh dari sentral Kota Makkah yaitu berjarak sekitar 26 km saja.

Nama Masjid Ja’ronah atau Masjid Ji’ronah sebenarnya merupakan sebuah nama yang dihadiahkan bagi seorang wanita yang telah mengabdikan dirinya untuk membersihkan dan menjaga masjid di desa tersebut

Namun kini nama tersebut melekat menjadi nama sebuah masjid di Kota Makkah yang terkenal sebagai tempat pelaksanaan miqat terbaik. Bagi muslim yang sudah melaksanakan rukun islam yang ke lima tentu tidak asing dengan nama masjid tersebut. Sedangkan bagi Anda yang belum atau hendak menunaikan ibadah haji atau umroh penting untuk mengetahui keistimewahan dari Masjid ini.

Keistimewaan Masjid Ji’ronah

Tempat Paling Afdhal Untuk Melakukan Miqat

Menurut Ulama Madzhab Syafi’I Masjid Ja’ronah merupakan salah satu tempat yang telah ditentukan untuk melakukan ibadah maqat ketika menunaikan ibadah haji atau umroh khsusnya bagi penduduk asli Makkah. Yang dimaksud miqat di sini adalah miqat makani.

Menurut riwayat Imam Muslim menyebutkan bahwa Rasulullah SAW sendiri memulai memulai ihramnya dari tempat tersebut. Namun berbeda dengan Madzhab Hanafi yang berpendapat yang menyebutkan bahwa sebaiknya ihram dimulai di kota Tan’im yang lokasinya berjarak sekitar 5 km dari Makkah.

Baca : Tan’im Tempat Miqat Termurah Mukimin Kota Makkah

Terdapat Sumur Ajaib yang Dipercaya Dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Di samping hal itu Masjid Ja’ronah / Masjid Ji’ronah juga merupakan lokasi wisata favorit atau perziarahan jama’ah haji atau umroh.  Banyak lokasi wisata lain yang bisa disuguhkan di Jiro’ah ini salah satunya adalah sebuah masjid yang ada sumur alaminya dan dikenal dengan nama Bir Thaflah.

Menurut sumber sejarah menyebutkan bahwa Bir Thaflah merupakan salah satu mukjizat Nabi Muhammad SAW pada saat beliau melaksanakan perang untuk berjuang membela Agama Islam. Pada saat itu Nabi dan para sahabat dalam kondisi kehausan dan sangat membutuhkan air untuk diminum. Sementara tidak ditemukan ai di sekitar tempat tersebut.

Kemudian Nabi Muhammmad SAW memukulkan tongkatnya ke tanah dan atas kuasa Alloh SWT terpancarlah air dari pukulan tanah itu yang sekarang terkenal dengan sebutan Bir Thafla. Ajaibnya lagi sampai saat ini sumur tersebut tidak pernah mengalami kekeringan meski dalam musim kemarau sekali pun. Air Bir Thafla dipercaya dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Menyediakan Berbagai Cendera Mata Menarik

Masjid Ja’ronah / Masjid Ji’ronah terletak di bagian timur laut Kota Makkah yang selalu ramai dipadai para jama’ah haji dan umroh. Selain sebagai tempat utama melakukan ibadah miqat masjid ini juga mempunyai daya tarik sendiri yang memikat. Luarnya masjid cukup lebar yaitu mencapai 1.600 meter persegi.

Masjid tersebut mampu menampung hingga 1000 jama’ah sholat dan dilengkapi dengan area parkir yang cukup luas yang cukup untuk parkir ratusan bis serta kendaraan kecil lainnya. Masjid Ji’ronah tersebut juga menyediakan kamar mandi yang nyaman dan luas. Namun saat musim haji para jama’ah yang hendak mengganti pakaian atau menggunakan kamar mandi untuk keperluan lainnya harus rela mengantri lama.

Di sekitar masjid banyak ditemui para pedagang yang menjajakan barang dagangannya. Salah satu barang yang diperjualbelikan di tempat ini adalah berbagai cendera mata yang unik dan menarik dan khas dengan Kota Makkah. Sehingga ketika Anda melaksanakan ibadah haji atau umroh Masjid Ja’ronah / Masjid Ji’ronah bisa dijadikan tempat untuk membeli cendera mata terbaik sebagai oleh-oleh dari Makkah

Dalam pelaksanaan umroh dan haji Khusus, Syakira Wisata selalu mengagendakan pelaksanaan miqat Umroh dari Ji’ronah. Dalam paket umroh murah Syakira Wisata, pelaksanaan umroh dilaksanakan sebanyak dua kali, dengan salah satunya mengambil miqat di masjid Ini. Perjalanan menuju masjid ini merupakan satu rangkaian dalam ziarah dan city tour selain Jabal Rahmah dan Arafah.

Dalam sebuah riwayat Ibdu Abbas bahwa Rasulallah  SAW menunaikan  umroh selama 4 kali sepanjang hidup Beliau. Pelaksanaan umroh Pertama Miqat Hudaibiyah, kedua umroh merupakan umroh Qadha’, dan ketiga umroh yang dilakukanya dari Masjid Ji’ronah. Bahkan Rasulullah sempat menginap selama 13 hari dan berihram dari sini selama rangkaian perang Hunain, sementara keempat umroh pada saat melakukan Haji wada’.

Atas keistimewaan tersebut tak berlebihan kiranya jika Masjid Ji’ronah Tempat Terbaik Miqat Umrah Penduduk Kota Makkah

Be Sociable, Share!