(024) 672 4321 umroh@syakirawisata.com

Kawasan Mina memiliki sebuah masjid yang mana masjid ini pernah di kunjungi 70 Nabi untuk sholat. Sehingga terkenal dengan sebutan Masjid Al Khaif Mina, Masjid 70 Nabi. Masjid ini selain dinamakan Masjid Khaif juga di sebut dengan nama Masjid al-Muaisyumah. Dimana nama tersebut diambil dari sebuah nama pohon Al Muaisyumah yang terletak di tempat tersebut.

Masjid Al Khaif Mina

Sayangnya banyak biro travel umroh yang sering melewatkan kunjungan di masjid ini. Padahal Masjid Al Khaif ini berdiri kokoh dengan warna merahnya yang berada di kawasan  di Mina si Kota Tenda.

Baca :Menguak Sisi Lain Mina, Si Kota Tenda

Memang Masjid yang familiar dengan sebutan masjid 30 hari, ini hanya dibuka untuk umum 30 hari setiap tahunnya, yakni pada bulan Dzulhijjah atau sekitar musim haji. Menurut informasi Arab News Masjid Al Khaif ini sekarang bisa menampung lebih besar dari 100 ribu jamaah untuk mengerjakan shalat lima waktu berjamaah.

Masjid Khaif berdiri megah di kaki bukit sebelah selatan di Mina kota Makkah, tidak jauh dari tempat Jumrah Ula. Al khaif bisa bermakna dan mempunyai arti tempat tinggi di bumi karena terletak di kaki gunung Shabih. Pada masa Nabi Muhammad SAW dibangun Masjid  dan seiring perkembangan Islam terus dilakukan.

Masjid Khaif Mina

Dari zaman dahulu, hingga masa Pemerintah Saudi sudah banyak dilakukan pemugaran, dan sekarang termasuk penambahan pintu masuk yang dimaksudkan khusus untuk jamaah  perempuan.  Masjid yang mempunyai 403 tiang ini terletak di sekitar kantor administrasi Kementerian Keislaman Arab Saudi. Di dekatnya pun dibangun penginapan guna tamu besar Kementerian Keislaman Arab Saudi.

Kisah Masjid Al Khaif Mina, Masjid 70 Nabi

Bentuk bangunan masjid khaif ini tetap bertahan sampai masa pemerintahan dinasti Ottoman, dan pada jaman kerajaan Arab Saudi mulai mengalami perubahan besar besaran  karena masjid ini diperluas hingga mencapai 13.000 m2. Masjid ini menjadi ke 3 terbesar di Kota Mekkah Al Mukarramah setelah Masjidil Haram dan Masjid Namirah.

Hadits Riwayat Imam Al Baihaqi dari Mujahid: 

Telah shalat di masjid ini masjid Khaif yaitu masjid Mina, tujuh puluh orang Nabi. Pakaian-pakaian mereka dari bulu domba, dan sandal-sandal mereka dari daun kurma”.

Hadist Tentang Masjid Khaif atau Al Khayf: Masjid al-Khayf adalah masjid yang kebajikannya terbukti dalam beberapa hadist. Menurut Hadis Ibnu Abbas RA, Rasulullah SAW berkata: “Tujuh puluh nabi berdoa di Masjid al-Khayf.” [Majma’uz-Zawahid]

Yazeed bin Aswad RA mengatakan bahwa ketika dia melakukan haji dengan Nabi Muhammad SAW, di Masjid Khayf Beliau melakukan sholat fajr dengan Rasulullah SAW,besertanya. Abdur -Rahman bin Mu’adh RA.

Melaporkan bahwa ketika Nabi (SAW) menyampaikan sebuah khotbah di Mina, Beliau Menginstruksikan kaum Muhajirin untuk mendirikan kemah di depan Masjid al Khayf dan Ansar mendirikan tenda di belakangnya. Orang-orang Muslim lainnya harus berkemah di belakang mereka. (Abu Dawud)

Telah di Kubur 70 Nabi di Masjid Khaif

Al-Bazzaar rahimahullah berkata :

Abu Hammaam : Ibraahiim bin Thahmaan telah menceritakan kepada kami, dari Manshuur, dari Mujaahid, dari Ibnu ‘Umar : Bahwasan nya Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Di masjid Khaif, telah di kubur tujuh puluh orang Nabi” (Kasyful-Astaar no. 1174).

Di riwayat kan juga oleh Abu Ya’laa sebagaimana telah di sebut kan Ibnu Hajar dalam Al-Mathaalibul-‘Aliyyah no. 1332, Al-Faakihiy dalam Akhbaar Makkah no. 2594, Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir no. 13525, dan Abu Thaahir as-SilafiZ] di dalam Al-Haadiy wal-‘Isyruun minal-Masyaikah Al Baghdaadiyyah no. 9. Semua nya dari jalan Muhammad bin Muhabbab Abu Hammaam Ad-Dalaal, selanjutnya seperti riwayat di tadi. Kecuali Ad-Dalaal pada Manshuur dalam riwayat As-Silafiy tanpa menyebut kan perantara Ibraahiim bin Thahmaan membawa kan secara mursal.

Masjid 70 Nabi di Mina

Masjid Al-Khaif ini mempunyai nilai sejarah yang tinggi, maka seharusnya para jemaah haji memperbanyak ibadah di masjid ini. Rasulullah SAW menjadikan masjid ini sebagai tempat untuk melaksanakan mabit, dan setelah sholat Shubuh yang kemudian baru Rasulullah SAW melempar jumrah.

Baca : Ternyata Melempar Jumroh Bukanlah Melempar Setan

Secara singkat dapat diartikan bahwa Masjid Khaif adalah tempat sholat Rasulullah SAW saat tinggal di Mina, dan dimana sudah ditentukan sholat beliau memang di masjid tersebut

Diriwayatkan bahwasannya Rasulullah SAW bersabda “Telah sholat di masjid Kheif 70 Nabi, diantara mereka nabi Musa as, seolah olah aku melihatnya menggunakan dua pakaian ihram yang tercipta dari katun, ia berihram di atas unta” (HR al-Mundhiri di al-Targhib wa al-Tarhib)

Mina

Pada saat prosesi mabit, masjid ini menjadi penuh dan ramai dipadati oleh para jamaah haji, sedangkan di luar musim haji masjid ini terlihat sangat sepi, Hal ini dikarenakan kawasan Mina bukan merupakan kawasan tempat tinggal masyarakat. Sebenarnya masih banyak terdapat masjid yang menyimpan kisah sejarah dan misteri selain Masjid Al Khaif Mina, Masjid 70 Nabi yang Sering Terlewatkan

Be Sociable, Share!