Makkah Kota Yang Paling Bercahaya

Cahaya identik dengan kebaikan, sementara gelap identik dengan kejahatan. Makkah kota yang paling bercahaya, dalam arti menjadi salah satu kota symbol kebaikan dan kesalehan seorang muslim. Kebaikan-kebaikan yang dilakukan oleh manusia dengan berbagai bentuk ibadah di kota Makkah pada akhirnya memancarkan cahaya dalam arti yang sesungguhnya.

Makkah kota yang paling bercahaya

Sebuah kabar yang dimuat dalam beberapa situs di internet yang menurut sebagian beritanya bersumber dari Koran  asy-Syarq Al-Awsath- telah menurunkan sebuah berita yang membuat heboh para astronot dan juga dunia islam. Dalam berita itu, salah satu anggota tim astronot dari Rusia, Anatoly Ivanishin, menceritakan, “ketika berada di luar angkasa, kami mengambil foto-foto bumi sepanjang hari untuk dokumentasi. Namun, ketika malam hari, sangat sulit untuk mengambil gambar.”

Ivanishin sebelumnya berusah mencari foto dokumentasi kota-kota bercahaya di Eropa, seperti Paris dan sebagainya. Namun, kota-kota yang terkenal dengan cahaya lampu-lampu super terangnya itu tidak bias tampak dari luar angkasa. Ivanishin melanjutkan ceritanya, “Yang membuat saya terkejut adlah ketika kami mengarahkan kamera kami untuk mengambil foto  kota Makkah dan Madiah. Dua kota itu begitu bercahaya dan kami pun dapat mengambil fotonya sebagai dokumentasi. Makkah Kota yang Paling bercahaya

Suatu yang diasosiasikan kepada cahaya ternyata menjadi suatu keutaman. Makhluk Allah SWT yang diciptakan dari cahaya adalah malaikat. Malaikat selalu bersujud kepada Allah SWT. Sebagaimana Makkah juga tempat sujud para hamba Allah yang tunduk kepada-Nya. Malaikat tercipta dari cahaya sehingga kebaikan dan kasih saying selalu terpancar darinya, begitu juga pancaran kota Makkah yang mengirimkan magnet-magnet ibadahnya ke seluruh penjuru dunia.

 

Ilmu diibaratkan sebagai cahaya, ingatkah kita dengan syair Imam Syafi’I yang sangat terkenal ini?

Aku mengadu kepada Waki’ perihal buruknya hafalanku

Kemudian dia mengarahkanku untuk meninggalkan maksiat

Dia berkata ketahuilah bahwa ilmu adalah cahaya

Dan cahaya Allah tidak ditujukan kepada orang maksiat.

Ilmu adalah cahaya yang memancarkan penerangan kepada para pemiliknya, di dunia dan akhirat. Ilmu adalah pelita kegelapan zaman. Makkah bagaikan cahaya yang menerangi segenap alam raya, dengan cahaya islam yang muncul dari sana bersama Rasulullah SAW. Makkah sebagai kota yang paling bercahaya. Makkag adalah sumber ilmu agama, sehingga kemudian menjadi para penyebar cahaya islam di bumi Nusantara kita. Betapa cahaya ilmu itu memancar begitu terang hingga termanifestasikan dalam wujudnya yang terlihat dari angkasa luar sana.

Betapa menakjubkan cahaya – cahaya yang terpancar dari doa dan ibadah serta kebaikan yang dilakukan karena Allah SWT, disekitar KA’BAH. Betapa bersinar cahaya-cahaya yang dipancarkan oleh semburat ibadah dan amal saleh Muslimin, yang ikhlas karena Allah SWT. Sinar itu pun mengalahkan cahaya – cahaya yang dibuat oleh manusia dengan lampu-lampu duniawi, yang diukur dengan besaran watt dan dialiri arus listrik.

Seandainya tanpa ada kabar dari para astronot Rusia itu, kita pun sudah bisa menarik kesimpulan tentang cahaya kota Makkah Kota Yang Paling Bercahaya yang selalu menjadi tempat beribadah dan tak pernah sepi dari orang yang menyembah Allah SWT.

Sebagai orang yang beriman, tentunya kita percaya tentang cahaya yang terpancar dari wajah orang-orang yang terbiasa melakukan wudhu lima kali dalam sehari. Sebagai orang mukmin kita harusnya juga percaya bahwa wajah-wajah para calon penghuni surga kelak berseri-seri seakan memancarkan sinar.

Kita yang beriman juga harus percaya, bahwa cahaya akan bersinar dari wajah-wajah yang biasa disungkurkan para pemiliknya ke tanah, menghamba atas kebesaran dan keagungan Allah yang Maha Agung. Seperti dijelaskan dalam firman Allah SWT:

Seandainya kita sebagai orang yang memiliki keimanan tentang kebenaran cahaya-cahaya yang terpancar oleh amal saleh dari mereka semua, tentunya kita juga dapat mempercayai tentang sinar yang dipancarkan oleh kota Makkah. Makkah adlah tempat yang selalu manjadi arah kiblat setiap orang yang shalat,berdoa, dan melakukan kebaikan-kebaikan yang lainnya.

 

Makkah kota yang paling bercahaya
Umroh murah
Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!