(024) 672 4321 umroh@syakirawisata.com

Land Arrangement, Istilah ini mungkin sedikit asing bagi anda calon jamaah umroh, namun akrab terdengar bagi mereka  penyuka traveling. Ataupun mereka yang menggeluti bidang usaha biro perjalanan umroh. Padahal, pemilihan serta pengurusan Land Arrangement adalah salah satu hal yang menentukan  kelancaran perjalanan umroh. Tentu saja selain tiket, visa, dan pemandu ibadah.

jamaah umroh murah syakira wisata november 2017

Land Arrangement (LA)  pada hakikatnya meliputi proses pengurusan segala kebutuhan dan pendampingan selama perjalanan umroh Anda dan keluarga. LA merangkum penjemputan calon jamaah haji  atau Umroh ketika tiba di Bandara, baik tersebut melalui Bandara King Abdul Aziz di Jeddah, maupun Bandara Madinah, pemilihan sarana transportasi bus, akomodasi hotel sesuai pemesanan, serta konsumsi dan acara ziarah dan city tour juga tidak luput dimasukkan dalam bidang ini atau biasa di sebut pengurusan jamaah dari kedatangan hingga kepulangan.

Dalam bidang Land Arrangement Umroh dan haji, dikenal adanya istilah LA JED to JED atau Jeddah to Jeddah. Istilah itu adalahnama paket yang ditawarkan oleh pihak yang menawarkan Land Arrangement yang tidak jarang telah bekerja sama dengan Travel Umroh di Semarang penyedia jasa perjalanan haji dan Umroh.  Sebab mayoritas pesawat destinasi Arab Saudi tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Nah, setelah mengetahui pengertian Land Arrangement, ada sejumlah hal yang butuh Anda ketahui tentang komponen LA, terutama untuk mereka yang akan menyelenggarakan sendiri paket perjalanan umroh nyaa atau bagi calon jamaah umroh backpacker. Kita simak poin-poinnya dalam Land Arrangement ini:

  1. Penjemputan dan Handling di Bandara Kedatangan

Penyedia jasa Land Arrangement umroh bakal menjemput rombongan di bandara kedatangan di Jeddah Maupun Madinah. Baik itu rombongan dari sebuah biro perjalanan umroh atau mereka yang melaksanakan umroh backpacker. Selanjutnya diantar menuju  ke penginapan di Mekkah maupun Madinah.

bandara madinah

Sedangkan proses Handling di bandara bandara memiliki makna bahwa penyedia jasa Land Arrangement akan  meyakinkan aparat keamanan di bandara serta menulis jadwal kedatangan, kegiatan selama di tanah suci hingga jadwal kepulangan secara spesifik. Meliputi nomer penerbangan dan maskapai yang dipakai, hotel, jadwal perjalanan umroh, city tour, nama penanggung jawab, dan lain hal yang membutuhkan ketepatan.

Sepintas proses ini Nampak mudah, namun sejatinya para penyedia jasa Land Arrangement telah berkoordinasi dengan muassasah, penyedia bus atau transportasi darat, muthawiff, porter, pihak keamanan, imigrasi dan mungkin juga “orang dalam” bandara sebelum kedatangan rombongan. Bagi mereka yang belum berpengalaman bisa – bisa akan berurusan dengan pihak imigrasi dan pihak keamanan di bandara.

2. Transportasi Selama di Tanah Suci

Sarana transportasi yang disediakan dalam paket Land Arrangement  Umroh antara lain  transportasi standar baik menggunakan bus maupun coaster yang mencakup rute transportasi darat Bandara Jeddah dan di dua kota suci. Baik dari Bandara Jeddah menuju Madinah, Madinah menuju Mekkah, Mekkah kembali lagi ke Bandara Jeddah.

Juga kegiatan ziarah dan city tour seputar  Kota Mekkah dan  Madinah. Juga kota – kota bersejarah di sekitarnya seperti Madain Saleh, bergantung pada paket umroh yang di pilih. Bus yang dipergunakan juga harus memiliki izin khusus, atau biasa di kenal dengan bus syarikah.

land arrangement

Sedikitnya terdapat  6 perusahaan otobus yang secara resmi diakui oleh pemerintah Saudi dalam melayani jamaah haji maupun umroh. Antara lain Saptco, Rawahil, Dallah, Qawafil, Rabithat Makkah, dan Al Massah.

    1. Konsumsi

Konsumsi yang bakal disajikan dalam paket Land Arrangement Umroh ini secara garis besar mencakup sajian makanan selamat datang, makanan prasmanan dengan menu masakan Indonesia tiga kali sehari, serta makanan pelengkap laksana kopi, teh, dan roti, serta camilan dan air mineral saat ziarah dan city tour seputar kota Makkah dan Madinah.

  1. Akomodasi

Fasilitas akomodasi merupakan salah satu hal terpenting yang disediakan oleh penyedia  Land Arrangement dalam Kesuksesan sebuah Perjalanan Umroh. penyedia jasa seringkali menyediakan penginapan baik berupa hotel maupun apartement.

Pullman Zam - Zam hotel terdekat masjidil haram

Pemesanan fasilitas akomodasi hotel sudah dilakukan jauh – jauh hari sebelum ketibaan jamaah umroh. Biro umroh yang baik biasanya menempatkan jamaah nya di 9 Hotel Terdekat Masjidil Haram atau lokasi tinggal yang memiliki jarak dekat selama di Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi.

  1. Air Zam-Zam

Masing-masing anggota rombongan jamaah umroh sudah barang tentu  akan diberi  jatah air zam – zam sejumlah 5 liter, sesuai ketentuan baru bagasi zam – zam. Jatah air zam-zam ini bagi para jamaah tidak sedikit dijadikan sebagai buah tangan guna sanak kerabat di tanah air, tidak sedikit pula yang menjadikannya konsumsi pribadi.

  1. Muthawif/Muthawifah atau Pemandu Kegiatan

Paket Land Arrangement pun banyak yang  menyertakan muthawif atau pembimbing jamaah dalam rangkaian ibadah selama di Tanah Suci. Hanya saja, keberadaan muthawif merupakan opsi. Terkadang banyak travel umroh yang tidak menggunakan muthawif atau guide, karena sudah menyediakan sendiri dari Indonesia.

Muthawif terdiri atas 2 paket pelayanan. Yakni muthawiff full time dan part time. Muthawif full time adalah mereka yang terus menerus hadir mendampingi jamaah selama berada di tanah suci, bahkan menginap di hotel yang sama. Sementara muthawif part time hanya mereka yang mendapingi jamaah saat tertentu saja, semisal saat city tour dan saat beribadah.

Secara garis besar Muthawif bertugas untuk memberi panduan manasik haji dan umroh para Jemaah. Memandu thawaf, sa’i, dan tahallul serta memiliki pengetahuan mendalam seputar tempat bersejarah yang dikunjungi di Tanah Suci, juga beraksi sebagai penerjemah komunikasi bahasa Arab.

Para jamaah wanita pun mempunyai pemandu kegiatannya sendiri, yaitu muthawifah atau pembimbing perempuan. Muthawifah seringkali hadir untuk memberi panduan para jemaah perempuan saat berada di Raudhah, sebuah lokasi yang mustajab untuk berdo’a di Masjid Nabawi Madinah

  1. Layanan Kesehatan dan Pertolongan Jamaah Umroh

Untuk mengantisipasi jamaah yang jatuh sakit, penyedia jasa Land Arrangement umroh pun sudah siap sedia menyiapkan layanan kesehatan. Dapat berupa akses transportasi ke lokasi hotel atau apartement  tempat tinggal jamaah menuju ke lokasi medis terdekat. Serta mengurus segala proses administrasinya.

Penyedia Land Arrangement atau ada juga yang menyebut sebagai perwakilan pun akan membantu para jemaah yang mengalami  peristiwa yang tidak terduga. Utama nya selama jamaah berada  di Tanah Suci, laksana kehilangan paspor atau barang berharga lainnya.

rumah sakit haji umroh

Namun pengeluaran selama mengurus segala sesuatu di rumah sakit atau risiko kehilangan ini tentu saja bakal dibebankan kepada  jamaah. Itulah pentingnya asuransi perjalanan umroh yang harus anda tanyakan sebelum membeli paket umroh di biro umroh

Nah, itulah sejumlah paket standar yang ada pada Land Arrangement umroh dalam Kesuksesan sebuah Perjalanan Umroh. Lantas, bagaimana teknik mendapatkan Land Arrangement umroh yang murah dan terpercaya?

Mudah saja, Anda cukup mendaftarakan group jamaah umroh anda  serta kebutuhan yang diinginkan selama di Tanah Suci. Jangan lupa guna meyakinkan bahwa penyedia layanan perjalanan yang kita pilih terpercaya. Selain itu juga bisa mengakomodasi kebutuhan Anda supaya ibadah Umroh kita, keluarga dan rombongan anda semakin nyaman.

Untuk konsultasi  seputar Land Arranggement  Umroh hubungi www.syakirawisata.com atau cabang Syakira Wisata terdekat di Kota Anda.

 

Land Arranggement