(024) 672 4321 umroh@syakirawisata.com

Salah satu pilihan maskapai penerbangan umroh yang sering dipergunakan oleh biro travel umroh adalah Saudi Arabia Airlines. Maskapai flag carrier asal negeri dimana kota suci Makkah dan Madinah berada ini memang menyuguhkan beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh maskapai penerbangan umroh lain.

Beberapa kelebihan Saudia antara lain penerbangan umroh reguler berjadwal dari beberapa bandara di Indonesia yang langusng mendarat di Bandara Jeddah dan Madinah tanpa transit. Kelebihan lain yang patut diapresiasi pada pesawat Saudi Arabian Airlines dalam rute penerbangan umroh ini adalah keberadaan “mushola terbang”.

saudi arabian boeing 747 - 400 jakarta

Waktu dan tempat sholat memang sering kali menjadi permasalahan tersendiri bagi para jamaah umroh yang mesti dihadapi ketika berada dalam penerbangan. Apalagi penerbangan umroh yang memang bertujuan untuk beribadah mesthi di arungi dalam kurun waktu 10 hingga 12 jam, dan bisa saja melewati beberapa waktu sholat.

Dalam setiap manasik umroh, biasanya biro travel umroh sudah menyiapkan tata cara sholat dalam pesawat. Namun mayoritas mengambil tayamum di pesawat dan sholat dalam kondisi duduk di kursi. Tapi masalah ini nggak bakal di temuai bila menggunakan maskapai Saudi Arabian Airlines.

Selain tidak menyediakan minuman beralkohol, maskapai ini memang familiar dengan  maskapai yang sangat Islami. Seluruh pesawat wide body dilengkapi dengan ruang sholat luas.  Mushola terbang maskapai Saudi Arabian Airlines ini di desain sedemikian rupa sehingga mampu menampung 10 jamaah sholat dalam sekali waktu. 

mushola saudi arabian airlines

Tidak  hanya itu, ruang sholatnya bahkan dilengkapi dengan penunjuk arah kiblat akurat dalam TV LED. ada layar LED kecil yang menempel di dinding yang menunjukkan rute pesawat dan lokasi saat ini. Ada kala pesawat berbelok menghindari gangguan. Makanya para calon jamaah umroh bisa menentukan arah sholat (kiblat).  Sementara jika kita mengikuti petunjuk manasik,  sholat dengan posisi duduk hanya dapat menghadap kemana pesawat tersebut mengarah terbang.

Mushola terbang maskapai Saudi Arabian Airlines (Saudia) terletak di bagian paling belakang pesawat, di bagian tengah antara tiga baris terakhir ekonomi. Maskapai Saudi ini sengaja menghilangkan baris seat (kursi) 6 – 9 baris kursi di pesawat dan mengisinya dengan ruang sholat (prayer room).

Di samping dilengkapi penunjuk arah kiblat, ruang sholat ini dilengkapi pula dengan ” pagar” di sisi dinding pesawat sehingga saat sewaktu-waktu terjadi turbulensi, penumpang yang sedang sholat dapat berpegangan. Ada tirai di kedua sisinya, sehingga apabila jamaah umroh perempuan dapat menutup sementara.

mushola terbang saudi arabian airlines

Untuk diketahui, Saudi Airlines sendiri ialah maskapai mewah yang baru saja dinobatkan sebagai maskapai berbintang empat. Basis operasional utama maskapai ini ialah di Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah. Sama seperti Garuda Indonesia, Saudi Airlines ialah anggota dari aliansi SkyTeam.

Berdasarkan wawancara singkat kami dengan Andri Bermawi, Managing Director GSA-Indonesia Saudi Arabian Airlines mengatakan bahwasanya banyak sekali pesawat Saudia yang mempunyai ruang doa atau “musholla terbang”  di dalamnya. Kami juga tidak keberatan kehilangan sejumlah kapasitas tempat duduk guna mendapatkan lebih banyak berkah”.

Namun Bernawi menekankan tidak semua pesawat maskapai Saudia memliki ruang ini. Khusus bagi pesawat berbadan lebar atau “wide body” yang melayani penerbangan umroh. Dan jenis pesawat wide body dengan lorong ganda ini  memang di desain untuk mengarungi  jarak tempuh yang cukup jauh.

saudi arabian airlines mushola

Untuk penerbangan umroh dari Jakarta dan beberapa daerah lain di Indonesia menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah maupun Bandara Madinah memang menggunakan pesawat jenis wide body. Antara lain Boeing 777 – 200ER , Boeing 777 – 300 maupun Boeing 747 – 400 (untuk penerbangan charter dan penerbangan haji). Rencananya tahun ini akan menggunakan armada Boeing 787-9 Dreamlier. Sehingga secara otomatis di setiap penerbangan umroh maskapai penerbangan dengan Kode IATA SV ini akan membawa “mushola terbang”.

Pengalaman penerbangan umroh maskapai Saudi Arabian Airlines dengan konsep “mushola terbang” nya memang sangat menarik untuk diikuti. Tak perlu khawatir mengenai harga Paket Umroh nya, karena syakira wisata telah mengemasnya dalam PAKET UMROH 2018 dengan maskapai Saudi Arabian Airlines. Tertarik? Hubungi kantor cabang Syakira Wisata terdekat di Kota Anda

Selamat datang di Syakira Wisata

 

 

Tag : Saudi Arabian Airlines
Be Sociable, Share!