Ketibaan dan Proses Imigrasi dalam Rangkaian Perjalanan Umroh

Setelah menempuh penerbangan umroh dari daerah asal, para jamaah umroh akan tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah maupun bandara Prince Mohammed bin Abdul Aziz Madinah dalam rangkaian perjalanan umroh. Kedua airport tersebut biasanya digunakan sebagai pintu masuk sebelum memasuki dua kota suci Mekkah Al Mukarramah dan Maninah Al Munawarah, baik dengan maskapai yang melakukan penerbangan umroh langsung maupun transit (BACA : Bandara Internasional dan Proses Transit dalam Perjalanan Umroh)

1. Etihad Transit Umroh Murah

Setelah pesawat berhenti dengan sempurna, dan pintu pesawat dibuka, maka pramugari akan mempersilahkan para penumpang turun dari pesawat dengan membawa serta seluruh barang bawaan pribadi yang dibawa di dalam kabin pesawat. Hal yang paling penting sebelum benar – benar meninggalkan pesawat adalah cek kembali paspor jamaah, pastikan paspor berada di tempat yang aman dan mudah dijangkau karena sebentar lagi para jamaah umroh akan melalui proses imigrasi di saudi arabia (BACA : Prosedur Paspor Online Bagi Calon Jamaah Umroh)

Biasanya setelah turun pesawat, jamaah akan diangkut dengan cobus, atau bus besar yang memiliki lantai rendah menuju gedung terminal airport. Jangan khawatir jika anda terpisah dengan rombongan jamaah yang lain, karena nantinya Anda akan bertemu di gedung terminal kedatangan. Sebelum proses imigrasi disarankan bagi jamaah untuk ke kamar kecil atau toilet sebelum mengantri.

1. Ketibaan dan Proses Imigrasi

Siapkan paspor dan Umra Card (kartu yang berisi data, yang biasanya sudah diisi dan dipersiapkan oleh biro travel umroh Anda). Jika biro travel anda tidak menyiapkan nya, maka anda dapat mengambil dan memintanya saat di airport kedatangan. Yang harus menjadi perhatian bahwasannya jamaah umroh wanita yang berusia dibawah 45 tahun harus mengantri di jalur imigrasi bersama dengan mahramnya. Untuk mahram biasanya di terminal keberangkatan bandara Indonesia sudah diarahkan oleh muthawwif.

Menunggulah di batas garis kuning sampai tiba giliran anda, untuk menghadap dan menyerahkan paspor anda kepada petugas imigrasi. Para jamaah umroh biasanya akan diminta untuk meletakkan sidik jari di alat yang berada di depan petugas imigrasi, dan kemudian di foto dengan kamera yang sudah tersedia. Kemudian paspor akan di stempel dan dikembalikan kepada masing – masing jamaah.

2. Ketibaan dan Proses Imigrasi

Terkadang petugas tidak meminta jamaah untuk meletakkan tangan jamaah di alat scan sidik jari, dan tidak pula mengambil foto jamaah, hanya paspor saja yang di cap (stempel) dan segera dikembalikan kepada jamaah. Terkadang pula jamaah malah harus berkali – kali mengulang proses scan sidik jari hingga paspor dicap dan dikembalikan. Hadapi proses ini dengan sabar dan selalu berdo’a meminta kemudahan kepada Allah SWT.

Proses imigrasi ini biasanya akan memakan waktu yang agak lama. Terutama jika banyak pesawat yang mendarat secara bersamaan. Sehingga penumpang yang hampir semuanya merupakan jamaah umroh akan banyak mengantri di depan counter imigrasi yang memang jumlahnya tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan jamaah umroh yang datang bersamaan, sehingga antrian dipatikan akan semakin panjang. Tetaplah mengantri dalam jalur antrian anda, dan jangan pernah menunggu antrian sedikit atau sepi terlebih dahulu karena setiap saat akan datang lagi penumpang dari penerbangan umroh yang berbeda. Pengalaman rombongan syakirawisata.com dan beberapa biro travel lain pada penerbangan umroh bulan Desember dan sepanjang bulan Ramadhan yang menjadi puncak kedatangan jamaah umroh dari segala pelahan dunia di bandara King Abdul Aziz Jeddah, antrian imigrasi dapat mencapai waktu 3 hingga 5 jam.

3. Ketibaan dan Proses Imigrasi

Di Bandara Prince Mohammad bin Abdul Aziz Madinah biasanya relatif lebih sedikit jumlah penumpang yang tiba, sehingga proses antrian di jalur imigrasi nya relatif lebih cepat dan singkat (BACA : Pengalaman Penerbangan Umroh Landing Madinah bersama Maskapai Qatar Airways) . Proses imigrasi sama seperti di Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Setelah melewati prosedur imigrasi dan paspor sudah di cap dan dikembalikan, maka segeralah menuju ketempat bagasi dan mencari atau mengenali koper bagasi jamaah, apakah sudah tiba di airport tersebut. Jika sudah menemukan koper maka bergabunglah dengan jamaah satu rombongan untuk bersama – sama keluar dari airport. Jika jamaah bersama travel biro biasanya petugas handling airport dari travel sudah ada dan mengurusi semua koper bagasi tersebut dan bersegeralah membawanya ke bus yang akan membawa jamaah ke hotel di mekkah atau di Madinah.

4. Ketibaan dan Imigrasi

Setelah selesai proses ketibaan dan imigrasi, jamaah akan keluar dari airport bersama dengan rombongan. Paspor kita akan dikumpulkan dan diserahkan kepada pihak Muassasah untuk di data dan disimpan serta akan dikembalikan ketika akan pulang ke tanah air.

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!