Ketentuan Umum Bagasi Pada Penerbangan Umroh Murah

Kini para calon jamaah atau tepatnya para pengusaha biro perjalanan ibadah umroh semakin banyak pilihan maskapai. Selain maskapai full service, seperti Garuda Indonesia, Saudi Arabian Airlines, Emirates, dan Etihad, Qatar dll, para biro penyelenggara perjalanan ibadah umroh juga semakin diberikan kelulasaan dengan pilihan maskapai berbiaya rendah (Low Cost Carrier). Beberapa maskapai Penerbangan Umroh Murah yang tergolong Low Cost Service yang saat ini tersedia diantaranya Lion Air, Air Asia, dan Mihin Lanka.

3. Bagasi Penerbangan Umroh

Maskapai berbiaya rendah atau LCC (Low Cost Carrier) secara umum keberadaannya memang tumbuh sangat pesat di beberapa belahan dunia, tak terkecuali untuk Penerbangan Umroh. Harga tiket yang cukup murah maskapai ini lebih diminati oleh jamaah umroh, karena dengan harga tiket yang murah secara otomatis dapat membuat harga paket umroh pun  lebih murah dibandingkan dengan menggunakan maskapai full service.

Menurut catatan syakirawisata.com di Indonesia sendiri lebih dari 60 persen rute domestik dikuasi oleh operator penerbangan LCC, terutama Lion Air dan Air Asia. Beberapa perbedaan mendasar antara maskapai Penerbangan Umroh Murah dan maskapai full service adalah jarak kursi yang lebih rapat dibandingkan dengan maskapai full service dan bagasi bebas biaya pada saat chek in. Ketentuan Umum Bagasi Penerbangan Umroh Murah yang dipakai oleh maskapai Lion Air, Air Asia adalah sebagai berikut :

LION AIR

Dengan alasan memprioritaskan keselamatan penerbangan, Ketentuan Bagasi Penerbangan Umroh Murah maskapai yang memiliki penerbangan langsung Jakarta Madinah ini memberikan fasilitas bebas biaya  bagasi kepada penumpang jamaah umroh kelas ekonomi seberat 20kg dan jamaah dengan tiket kelas bisnis 30 kg. Sedangkan Barang bawaan jamaah yang bisa masuk ke kabin pesawat maksimal seberat 7 kg.

4. Bagasi Penerbangan Umroh

Maskapai penerbangan yang sejak hari Rabu 2 Desember 2015 terbang langsung ke Madinah dengan armada pesawat Airbus 330 – 300 ini menetapkan dimensi panjang x lebar x tinggi masing – masing 40 cm x 30 cm x 20 cm. Tas troley atau tas beroda diperkenankan dibawa masuk ke kabin pesawat lion air,  asalkan dimensinya sama atau kurang dari ukuran dimensi 40 cm x 30 cm x 20 cm serta jumlah keseluruhan dimesi (panjang + lebar + tinggi)

Lion Air sejak 2 Desember 2015 memberlakukan Penerbangan Umroh berjadwal dari Jakarta (CGK) dan Surabaya (SUB) langsung menuju Madinah tanpa transit. Sedangkan Penerbangan Umroh Lion Air dari Banjarmasin (BDJ) dan Makassar (UPG) akan transit sejenak di Bandara Batam (BTH)‎ guna  pengisian bahan bakar.

AIR ASIA

Maskapai Air Asia sejak awal kemunculannya sudah menobatkan dirinya sebagai maskapai penerbangan berbiaya murah. Dengan slogan Now everyone can fly, maskapai yang satu ini mencoba menjadi salah satu pemain dalam bisnis Penerbangan Umroh yang tidak bisa dipandang sebelah mata. penerbangan umroh murah

Memang, jika dibandingkan dengan maskapai Penerbangan Umroh full service, harga tiket yang coba ditawarkan oleh maskapai berwarna dominan merah ini terpaut harga yang cukup signifikan, sehingga dapat menekan komponen dalam penentu dalam perhitungan paket umroh.

Hanya saja didalam komponen tiket air asia, maskapai ini tidak menyediakan makanan dan  bagasi gratis. Semua bagasi penumpang  (kecuali bagasi kabin) dikenai biaya bagasi. Dikutip dari halaman resmi nya, Maskapai ini membebankan biaya bagasi Rp. 515.000 (berat bagasi sd 20 kg), Rp. 630.000 (sd 25 kg), Rp. 870.000 (berat bagasi sd 30 kg) dan Rp. 1.430.000 (s/d 40 kg) untuk sekali jalan dari Jakarta menuju Jeddah (simak Penerbangan Umroh Murah dengan Maskapai Air Asia X DISINI)

2. Bagasi Penerbangan Umroh 1. Bagasi Penerbangan Umroh

Setiap bagasi yang didaftarkan (bagasi chek in) tidak boleh melebihi ukuran 119cm (Panjang) x 81 cm (Lebar) 119  cm (Tinggi) dengan berat masing masing tas bagasi tidak melebihi berat 32kg. Sementara untuk bagasi yang dibawa / bagasi kabin setiap jamaah umroh (kecuali bayi) diperkenankan membawa dua (2) buah bagasi untuk dibawa ke atas pesawat. Namun ukuran tas kabin (tas jinjing) tidak boleh melebihi ukuran 56cm X 36cm X 23cm dan beratnya tak boleh melebihi 7kg.

MIHIN LANKA

Mihin Lanka merupakan maskapai berbiaya rendah yang berpusat di Colombo, Sri Lanka. Maskapai ini 100 % sahamnya dimiliki oleh pemerintah Sri Lanka. Mihin Lanka menggunakan bandara Internasional Bandaranaike sebagai bandara hub atau bandara penghubung, tidak terkecuali untuk rute Penerbangan Umroh Murah. Mihin Lanka memungkinkan jamaah umroh dari Bandara Internasional Soekarno Hatta dan Bandara Kuala Namu Medan untuk mengakses berbagai tujuan di seluruh dunia melalui Colombo dengan cepat dan nyaman koneksi dalam kemitraan dengan mitranya Sri Lanka Airlines.

Ketentuan bagasi yang Mihin Lanka tentukan berbeda tergantung dari tujuan terbang. Pada website resmi Mihin Lanka, penerbangan dari dan ke Jakarta termasuk Penerbangan Umroh memperbolehkan setiap jamaah untuk membawa bagasi seberat 30 kg. Setiap jamaah juga diperbolehkan membawa satu hand-carry yang beratnya tidak boleh lebih dari 7 kg. Jika para jamaah yang mengajak balita, tambahan 10 kg untuk bagasi akan diperbolehkan.

mihin lanka backpacker

Selain memiliki penerbangan ke rute umroh yang banyak diminati masyarakat, dari kota Jakarta dan Medan, Mihin juga menawarkan akses ke lebih dari 50 bandara tujuan yang berada di Eropa, Asia, Afrika, dan Timur Tengah. Baca Artikel kami Umroh Backpacker?? Cobalah 4 Maskapai Berbiaya Murah DISINI

 

Penerbangan Umroh Murah
Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!