(024) 672 4321 umroh@syakirawisata.com

Perjalanan haji seringkali digambarkan sebagai ibadah yang sulit penuh dengan hambatan. Bahkan tidak sedikit yang enggan melaksanakan ibadah haji, walaupun dari segi fisik dan finansial sudah mampu, salah satunya dengan alasan khawatir menghadapi kesulitan – kesulitan dalam perjalanan haji.

1.ONH Plus atau ONH Biasa

Pandangan atau persepsi tentang sulitnya perjalanan haji bisa saja muncul akibat rumit dan berlikunya pengurusan dan persiapan haji. Dari mulai waiting list yang panjang, jauhnya maktab maupun hotel yang digunakan, berdesak – desakan, pemeriksaan kesehatan, pembatasan barang bawaan yang boleh dibawa, pemenuhan urusan makanan selama beribadah, hingga urusan manasik dan administrasi haji yang bagi beberapa calon jamaah haji dipandang sebagai proses yang panjang dan berliku.

Memang, banyak persepsi dari masyarakat Indonesia dan negara di asia tenggara lain nya bahwa perjalanan haji bagi orang non saudi adalah perjalanan yang jauh dan lagi melelahkan. Sehingga membutuhkan fisik yang sempurna. Padahal waiting list yang panjang, membuat sebagian besar jamaah indonesia berusia diatas 50 tahun, yang bisa saja beberapa dari mereka memiliki fisik mereka tak lagi baik, sehingga harus secara serius dipersiapkan dan didukung fisik yang tangguh jauh – jauh hari sebelumnya (baca artikel kami : PAKET HAJI TANPA ANTRI)

1. haji tidak sulit

Rangkaian Perjalanan haji merupakan puncak dari rukun islam, ditambah daftar tunggu atau waiting list yang panjang harusnya diupayakan agar dapat dilakukan dengan sempurna. Secara keseluruhan ukuran kesempurnaan ibadah haji bukanlah ditentukan oleh sebanyak dan sepanjang apa do’a – do’a yang kita hafal. Stigma semacam itu justu membuat haji sebagai suatu phobia tersendiri bagi para calon jamaah. Sebenarnya mayoritas ibadah haji merupakan ibadah fisik, dan do’a – do’a yang ada di buku panduan haji hukumnya adalah sunnah, tidak harus dibaca secara keseluruhan. Namun apabila jamaah berniat dan memeiliki kesadaran penuh selama melaksanakan ritual perjalanan haji. Yakinlah bahwa do’a apapun dalam hati dan sebisa mungkin dengan diucapkan secara lisan, asal tujuan nya baik, dalam bahasa apapun pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT. Ingatlah bahwa Allah Maha Tahu dan Maha Pema’af ( baca artikel kami : MENGAPA TIDAK BERHAJI ATAU UMROH?? ).

Kondisi waiting list Perjalanan haji yang hingga akhir tahun 2015 ini diberbagai daerah tercatat mencapai 19 tahun, sudah menembus batas psikologis calon jamaah. Banyak diantara mereka yang memilih paket PAKET HAJI NON-REGULER maupun memilih ibadah umroh, sambil menunggu waktu untuk beribadah haji. Untuk saat ini keingininan masyarakat untuk melaksanakan ibadah umroh berbanding lurus dengan keinginan untuk beribadah haji. Bila dipantau dari siaran youtube maupun siaran TV satelit yang menayangkan siaran langsung 24 jam dari masjidil haram, hampir area thawaf tidak pernah sepi. Sepanjang hari ramainya seperti saat thawaf ifadhah saat beribadah haji.

2. Tempat Mustajab Multazam

Dari diskusi dengan sesama pengurus travel umroh dan haji khusus, terdapat temuan bahwa qouta jama’ah haji dari seluruh dunia setiap tahun adalah dibatasi sebanyak 5 juta jamaah haji. Sebagai tempat pelaksanaan puncak perjalanan haji, Arafah memang terbatas luas dan daya tampungnya. Dengan kondisi sekarang, maksimal daya tampung hanya 5 juta jamaah haji pada saat pelaksanaan wukuf di hari Arafah. Hal inilah yang menjadikan quota haji setiap tahun nya sulit dinaikkan. Islam tercatat sebagai agama yang paling cepat angka pertumbuhannya di seluruh dunia. Banyak warga muslim baru yang berasal dari negara – negara yang memiliki tingkat ekonomi sebagai maju. Hal ini tentu saja berdampak pada terus meroketnya pemohonan visa haji setiap tahunnya. Membaiknya pertumbuhan ekonomi di Indonesia, berbanding lurus dengan naiknya demand untuk berhaji.

Karena demand untuk melaksanakan perjalanan haji naik hampir merata diseluruh dunia, sementara quota tidak naik, berimbas pada naiknya pemintaan untuk melaksanakan ibadah umroh, banyak kekhawatiran apabila tidak sampai umur untuk ibadah haji. Maka dampaknya lagi, demand untuk melaksanakan ibadah Umroh ikut naik sangat tinggi.

2.ONH Plus atau ONH Biasa

Gayungpun bersambut, ratusan biro baik yang berijin resmi maupun konsorsium ramai – ramai menawarkan paket ibadah umroh, dari mulai kelas apartemen, hingga hotel berbintang. Kondisi inipun menggembirakan, bahkan banyak calon jamaah yang berusia relatif muda melatih fisik, pengetahuan, dan memperkaya pengalaman spiriual, atau bagi mereka yang “sekedar” mengunjungi baitullah. Semoga kondisi semacam ini bukanlah sekedar mengikuti tren, latah, atau niat lain yang menyimpang dari tujuan ibadah itu sendiri.

Be Sociable, Share!