(024) 672 4321 umroh@syakirawisata.com

Wadi Muhassir atau yang familiar di kenal dengan sebutan Lembah Muhassir merupakan sebuah lembah yang berada di antara Mina dan Musdalifah. Disinilah ratusan pasukan dengan mengendarai Gajah yang gagah dibuat mati kutu, alias tak berdaya oleh makhluk kecil bernama burung ababil.

lembah muhassir pasukan gajah

Saat para jamaah haji atau umroh melaksakan ibadah lempar jumrah dan menginap di Mina, Mereka pasti melewati lembah muhassir.  Kejadian di Lembah Muhassir erat kaitan nya dengan Kisah Pasukan Gajah dan Kisah nya yang diserang oleh segerombolan burung Ababil. Muhassir sendiri berasal dari bahasa Arab “Hasr” yang berarti lemah

Baca Ulasan Kami : Sejenak Mengenal Mina, Si Kota Tenda

Di Lembah atau Wadi Muhassir lah tempat yang menjadi lokasi penyerangan Pasukan Gajah yang menuju kota Makkah, pasukan di pimpin oleh Abrahah. Dalam Perjalanan melakukan serangan telah di hentikan dengan azab Allah berupa burung-burung Ababil yang menyerang dengan melempari batu-batu dari neraka ke para pasukan gajah. Tak banyak buku yang membahas mengenai Wadi Muhassir yang dikenal juga dengan lembah kutukan

 

Penyerangan Tentara Pasukan Gajah

Abrahah  yang merupakan raja sekaligus pemuka gereja “Al Qullais”  yang di bangun di Sana’a. Gereja itu sangat megah dan cantik hingga tidak ada tandinganya pada zaman itu. Abrahah al-Asyram al-Habsy, penguasa Yaman kala itu, menyuruh kepada Raja Habsyah untuk memberitahu bawha dia telah membina gereja cantik itu yang belum pernah bahkan tidak pernah sekalipun diimpikan oleh orang lain.

bekas lahan gereja qullais

Tujuan dari itu adalah untuk memalingkan kepada orang – orang yang berada di Arab  yang pergi menunaikan haji di Makkah  untuk berpindah kegereja yang di namakan al-Qulais. Abrahah terheran, mengapa Orang – Orang Hijaz masih pergi untuk menunaikan Haji di Mekkah. Abrahah yang adalah gubernur perwakilan Abyssina di Habasyah (Sekarang Etiopia) adalah seorang penduduk asli Afrika beragama Nasrani merasa gereja Al Qulais jauh lebih indah dan megah dari pada Baitullah.

Abrahah pun berupaya menghancurkan Ka’bah dan memindahkan ibadah umat nabi Ibrahim dan Ismail (saat itu Rasulullah belum Lahir) ke Gereja miliknya. Rencana itupun di dengar hingga ke penjuru negeri. Seorang Arab dari kabilah An Nash melakukan perjalanan ke negeri Yaman dan mendatangi gereja Qulais. Dengan sengaja seorang Arab ini Lalu membuang “kotoran” yang Najis disitu, dan  kemudian melarikan diri.

Tak ayal Kejadian itu di ketahui oleh Abrahah, Sehingga membuat dia menyusun strategi untuk suatu tindakan penyerangan besar – besaran yang bertujuan untuk meruntuhkan Ka’bah. Rencana inipun dengan matang disusun, tak Cuma tentara terbaik, juga persediaan berbagai perlengkapan perang, dan tak ketinggalan Gajah yang paling kuat. Rombongan besar ini disebut sebagai “pasukan gajah”

pasukan gajah yang akan menghancurkan ka'bah

Dalam pasukan tentaranya, Abrahah  menggunakan seokor gajah terbesar dan terkuat sebagai kendaraan. Abrahah melakukan perjalanananya  mengarahkan gajah yang di kendairainya menuju Makkah. Selama perjalanan menuju kota Makkah para pasukan ini merampas banyak unta, 200 ekor unta itu diantaranya adalah milik Abdul Mutalib pemimpin suku makkah, dan sekaligus kakek Rasulullah SAW

Mendengar 200 ekor untanya dirampas pasukan Abrahah, Abdul Muthalib lantas beranjak mendatangi* Abrahah. Mendapat tamu dari pemuka Makkah, berbangga hatilah Abrahah. Ia menduga* Abdul Muthalib khawatir* Ka’bah bakal* dihancurkan oleh pasukan gajahnya. Abrahah pun bertanya “Apa kebutuhan Anda sampai* datang ke mari?” tanya Abrahah tertuju pada  kakek Rasulullah dengan congkak.

Namun, jawaban Abdul Muthalib sangatlah  di luar sangkaan Abrahah. Baca Kisah selanjutnya di : Ulah Pasukan Gajah di Kota Suci Makkah

 

Di Namakan sebagai Lembah Muhassir dan Kisah Burung Ababil

Sebuah Keajaiban dari peristiwa ini, Belum sampai pada tujuannya  untuk menghancurkan ka’bah, Raja Abrahah telah di hentikan oleh azab dari Allah. Dengan datangnya burung-burung ababil entah dari mana datangnya, beberapa riwayat menyebutkan burung – burung ini keluar dari arah laut.

lembah muhassir pasukan gajah

Dikisahkan setiap burung ababil membawa tiga batu kecil dari neraka. Di letakan pada  paruh dan dua kakinya yang di selipkan.  Pasukan Gajah yang melewati lembah muhassir dibuat mati kutu, tidak berdaya. Gajah yang ukuran nya berkali lipat dari seekor burung ababil dibuat tidak bisa melanjutkan perjalananya menuju kota Makkah.

Bahkan gajah – gajahnya menjadi  hancur lebur berceceran diatas tanah. Abrahah mulai ketakutan dengan burung-burung yang semakin banyak, kemudian memutuskanya untuk kembali ke Sana’a. Abrahah pun mati di San’a karena terkena batu ababil dalam perang ajaib itu. Maka lembah itu juluki dengan nama Muhassir yang artinya ‘Lemah’.

Sunah yang menarik ketika melewati Lembah Muhassir. Cepat-cepatlah untuk berjalan, Berlaku juga untuk para jamaah yang menggunakan bus, laju bus pun akan menjadi lebih cepat. Disunahkan karena sesuai dengan perbuatan Rasulullah SAW ketika sedang melewati lembah ini.

jalan menuju lembah muhassir

Wadi Muhassir disebut juga merupakan perkampungan syaitan. Letak lembah Muhassir sangatlah mudah untuk di temui karena terdapat papan besar yang bertuliskan Wadi Muhassir. Lembah muhassir memang berada di tanah suci, namun tidak masuk kedalam tempat yang disyariatkan dalam ibadah haji dan umroh.

Lembah Muhassir saat ini telah di bangun sebuah jembatan untuk menghubungkan ke Mina secara langsung. Selain di sunnahkan untuk berjalan cepat melewati lembah muhassir. Para jamaah juga harus memperbanyak membaca tahlil dan doa seperti yang telah di ajarkan oleh Rasullillah SAW ketika melewati lembah tersebut.

Peristiwa Lembah Muhassir dan kisah burung Ababil dapat menjadi pelajaran bagi kita untuk tidak mempunyai sifat untuk mengikuti hawa nafsunya yang tinggi.

Sejarah Lembah muhassir dan kisah burung ababil ini telah populer bagi para umat muslim. Dan tepat pada kejadian peristiwa itu lahirlah seorang yang telah merubah dunia, terutama bagi kita umat muslim. Beliaulah Rasulullah SAW, dan lahir tepat di Tahun Gajah. Tempat Lembah Muhassir atau Wadi mussahir merupakan lembah yang mempunyai sejarah penting untuk di kenang.

Be Sociable, Share!