(024) 672 4321 umroh@syakirawisata.com

Maskapai  berbiaya rendah atau low cost carrier anak usaha Garuda Indonesia, Citilink Indonesia, secara resmi menerbangkan pesawat Narrow Body Airbus A320Neo perdananya guna melayani penerbangan umroh. Pesawat yang baru saja di datangkan Citilink  tahun 2017 ini direncanakn akan yang mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi, mulai musim umroh tahun 2017 / 2018 ini.

citilink penerbangan umroh murah

Direktur Utama PT Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo menuliskan pemakaian Airbus A320Neo bakal menghemat waktu jelajah  penerbangan umroh citilink sekira 1 jam lebih cepat. Dari waktu jelajah sebelumnya tercatat 13  jam kini bisa diterbangi hanya dengan waktu 12 jam.

“Dengan sekian banyak  keunggulan teknologi yang dipunyai oleh pesawat A320Neo, jemaah pun akan merasa lebih nyaman selama  penerbangan umroh landing Jeddah dan dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju ke Tanah Suci Mekkah,” tandasnya di Jakarta.

Di samping pengoperasian pesawat modern narrow body jenis airbus A320neo, lanjut Juliandra, penerbangan umroh Citilink juga Cuma satu kali transit yakni di Ahmedabad, India untuk keperluan isi bahan bakar dan logistik. Hal ini di klaim sebagai sebuah prestasi, ketimbang sebelumnya yang transit dua kali.

citilink a320 neo penerbangan umroh

Tak Cuma  itu, sambungnya, Citilink pun berencana menambahkan  layanan tambahan lainnya, yakni add on makanan dan minuman sejumlah tiga kali selama penerbangan umroh landing Jeddah.  “Kami optimistis pemakaian pesawat A320Neo pada penerbangan umroh ini sejalan dengan destinasi jangka panjang perusahaan guna menjadi maskapai berbiaya murah terkemuka di wilayah regional,” tuturnya.

Untuk diketahui, anak usaha dari PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) tersebut telah menerbangkan 6.783 jemaah umroh ke Jeddah sepanjang kuartal I/2017.  Dari beberapa sumber disebutkan bahwa Citilink Indonesia berencana menerjunkan  35 unit A320neo dalam kurun periode 10 tahun ke depan untuk mendukung perluasan kinerja dan kemampuan maskapai, baik pada penerbangan dalam negeri maupun internasional.

VP Corporate Communication Citilink Indonesia Benny S. Butarbutar menuturkan A320neo adalah pesawat narrow body (berlorong tunggal) berteknologi canggih, dan mempunyai sejumlah keunggulan, di mana sesuai untuk dioperasikan oleh Maskapai berbiaya penerbangan umroh murah seperti Citilink.

citilink a320 neo interior penerbangan umroh

Sebagai maskapai LCC (Low Cost Carrier), Citilink men-setting Airbus A320Neo dalam konfigurasi tunggal berkelas ekonomi, alias all economy class dengan 180 kursi penumpang. A320 neo  ialah seri pesawat narrowbody jarak penerbangan pendek hingga menengah yang diproduksi oleh Airbus. Pesanan pesawat ini pun terus mengalir deras sampai saat ini. Pesaingnya ialah Boeing seri 737 yang juga menelurkan varian 737 – Max 8. Varian Boeing 737 Max 8 ini salah satunya dipergunakan oleh Lion Air dalam Penerbangan Umroh Lion Air

“A320neo  (new engine option) mempunyai daya jelajah yang lumayan jauh, sehingga sesuai untuk perluasan bidang usaha kami yang bakal menyasar pasar Indonesia timur, dan pasar internasional, laksana penerbangan umroh dan chartered flight ke China,” ujarnya.

Di samping itu, konsumsi bahan bakar A320neo dianggap lebih hemat jika dikomparasikan dengan A320 sebelumnya, yaitu 15%-20%. Begitu pun dengan tingkat kebisingannya yang turun 50%, sampai-sampai A320neo dapat dibilang sangat ramah lingkungan sebagai pendukung kebijakan Go Green.

bandara king abdul Aziz jeddah Citilink

Pesawat A320neo datang perdana pada tanggal 24 Februari 2017 yang lalu. Kedatangan pesawat perdana tersebut menjadikan jumlah armada Citilink tersedia 45 unit. Pada tahun ini, Citilink menargetkan bakal kedatangan enam unit Airbus A320Neo salah satunya untuk menunjang sektor penerbangan umroh.

“Kami bakal terus  mendatangkan pesawat baru. Untuk mengejar pasar dalam negeri saja, paling tidak idealnya harus dapat mencapai 50 pesawat supaya pasar nasional dapat dipegang. Di samping itu, ketika merotasi pesawat juga dapat lebih tenang (tidak terburu – buru)” kata Benny.

Keunggulan lain yang dimiliki Citilink di sektor penerbangan umroh adalah layanan add on penumpang dan bagasi dari berbagai daerah menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta. Untuk penumpang jamaah  Umroh Semarang sendiri, penerbangan dari bandara terdekat, yakni Bandara Ahmad Yani Semarang dilaksanakan 3 kali sehari, yakni QG 965 (09:15), QG 967 (18:50) dan QG 799 (19:20).

Tag : penerbangan umroh citilink

 

 

Be Sociable, Share!