(024) 672 4321 umroh@syakirawisata.com

Kemilau emas selalu menggoda siapapun yang melihatnya, tak kecuali mereka yang sedang melaksanakan rangkaian perjalanan ibadah haji dan umroh. Tak ayal, puluhan toko emas yang berada di sekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi pun “diserbu” para jamaah yang mayoritas peminatnya adalah kaum wanita.

Emas memang jadi incaran kaum hawa sebagai oleh – oleh saat melaksanakan rangkaian ibadah Haji atau Umroh, selain kurma dan air zam – zam. Walaupun sedang menyandang status sebagai jamaah ibadah haji atau umroh, disela – sela kegiatan ataupun disela waktu sholat mereka masih menyempatkan diri untuk mengejar model emas terbaru.

Rata – rata mereka membeli emas untuk menumpuk koleksi emasnya, atau sekedar untuk membeli oleh – oleh bagi keluarga, saudara, maupun tetangga. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya jamaah asal Indonesia yang melakukan pembelian emas di sekitar Masjidil Haram Makkah maupun Masjid Nabawi Madinah.

Dari tahun ke tahun Harga emas di Arab Saudi sangatlah murah, sekitar 120 riyal per gram. Apabila terjadi kenaikan maupun penurunan pun tidak terlalu signifikan. Namun ada pula harga perhiasan emas di tanah suci yang terbilang sangat mahal. Harga Perhiasan yang dipasarkan tidak melulu karena berat gram nya saja, namun menurut Ahmed dari toko “Al Mari for gold and Jawellery” Madinah juga merujuk  pada nilai keindahan desainnya. Semakin bagus desainnya, semakin mahal harganya.

Sebagai contoh  walau beratnya tidak begitu tinggi. Sebuah gelang artistik dengan berat 24 gram dari emas 21 karat dipasarkan 4.250 riyal (sekitar Rp 13 juta).  Untuk cincin emas, rata-rata dilepas dikisaran 400 – 450 riyal untuk setiap dua gram dengan kadar 22 karat berbahan emas Dubai (setara 24 karat emas Indonesia). Konon Emas Saudi ialah yang terbaik di dunia. Kualitasnya tinggi dan diberkati. Para jamaah haji dan umroh membeli perhiasan emas dan berkata bahwa inilah emas yang terberkati dari Mekkah.”

 

Lokasi Toko Emas di dekat Masjid

Puluhan toko emas berderet di luar Masjidil Haram, lokasi yang sangat disucikan oleh  umat Islam. Banyak pertokoan emas di Abraj Al Bait Mall, dan di Hilton Tower Mekkah. Sangatlah mudah menemukannya. Rak serta jendela toko mereka dibuat terang benderang dengan display perhiasan gelang, kalung, cincin, anting, liontin dan rantai yang diukir dengan desain tradisional khas Timur Tengah dan India.

Konon Emas Saudi ialah yang terbaik di dunia. Kualitasnya cukup tinggi dan diberkati. Orang-orang membelinya dan merekapun berujar ini emas yang terberkati dari Makkah dan Madinah. Dan bila kita sedang di Madinah maka ada sejumlah toko-toko sekitaran Masjid Nabawi yang memasarkan emas dengan berbagai macam model yang menarik.

berburu emas di dekat masjid nabawi madinah

Di Madinah, toko perhiasan emas berjejer di luar pagar tembok masjid Nabawi. Antara Lain di pertokoan bawah hotel Movenpick, di bawah Taiba Arac Suites, Al Majeedi, dan di dekat supermarket Bin Dawood. Rata – rata mereka memajang toko dengan tulisan “For Gold and Jawellery” atau “For Gold and Diamond

Emas yang dipasarkan di Madinah adalah kualitas 21 karat, dengan harga dipasarkan per gram SR 110 dan terdapat pun toko yang memasarkan dengan harga SR 108. Anda tidak mampu berbahasa Arab? Tak usah khawatir, Penawaran antara pembeli jamaah haji dan umroh dari Indonesia tampak lancar, sebab para pengusaha toko emas adalah warga Arab Saudi. Lho? Lalu apa hubungan nya?

Melafalkan harga dan berat mereka sangat fasih dengan bahasa Indonesia, sampai-sampai tawar menawarpun berlangsung komunikatif. Dengan beberapa kali diselingi candaan segar, seolah mereka sudah lama menjadi teman akrab.

Maklum saja, jamaah haji dan umroh asal Indonesia dikenal gemar berbelanja. Sehingga tawar menawar dalam bahasa Indonesia seolah menjadi salah satu kiat mereka menggaet calon pembeli. Ketika harga telah disepakati, sesudah perhiasan emas di timbang. Setiap pembayaran bakal disertai kuitansi tanda pembelian. Dan yang pasti adalah kuitansi dalam bahasa Arab dan tertulisakan lokasi toko emas di Makkah dan Madinah. Secara tidak sengaja ini akan memiliki nilai prestise dan cerita pengalaman tersendiri.

Secara umum perhiasan yang terdapat di Mekkah dan Madinah memang serupa. Namun saran kami bagi jamaah hanya ingin berburu perhiasan emas dan jam tangan di Saudi, maka akan terpaut harga yang  lebih murah di Jeddah jika dibandingkan dengan Makkah dan Madinah.

Beberapa faktor yang membuat harga emas di Jeddah lebih murah yang terutama adalah biaya tenaga kerja dan mahalnya sewa tempat di sekitar dua masjid suci. Mau tidak mau hal ini akan sangat mempengaruhi harga jual dari Perhiasan Emas. Namun apabila Anda mengingikan “emas yang diberkahi” tak ada salahnya Anda membeli di Makkah dan Madinah, walaupun terpaut harga jual.

 

Be Sociable, Share!