Bandara Internasional dan Proses Transit dalam Perjalanan Umroh

Bandara Internasional adalah pintu gerbang keluar atau masuk ke suatu negara, tak terkecuali saat perjalanan umroh. Airport atau Bandara Internasional adalah tempat dimana para jamaah umroh meninggalkan sebuah negara (Indonesia) menuju ke negara lain (Saudi Arabia) dengan menggunakan moda transportasi pesawat udara. Berikut syakira wisata coba rangkum Proses Transit dalam Perjalanan Umroh

1. Etihad Transit Umroh Murah

Sebagaimana yang sudah dijelaskan pada artikel – artikel kami sebelumnya, bahwa dalam sebuah perjalanan umroh menuju bandara King Abdul Aziz Jeddah maupun Bandara Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz Madinah terdapat maskapai penerbangan langsung maupun maskapai penerbangan transit. Untuk penerbangan transit biasanya pesawat tersebut mendarat dan berhenti di sebuah negara yang merupakan home base dari maskapai tersebut, dan para penumpang dipersilahkan untuk turun dan bertukar pesawat di sebuah bandara. Beberapa maskapai yang menggunakan Proses Transit dalam Perjalanan Umroh di airport hub (bandara pengubung) dalam perlanan umroh antara lain Emirates (Dubai), Etihad (Abu Dhabi), Qatar Airways (Doha), Oman Airways (Muscat), Turkish (Istanbul) dsb.

Apabila kita menaiki pesawat menuju Jeddah yang akan Proses Transit dalam Perjalanan Umroh (berhenti dan berganti pesawat) dalam rangkaian perjalanan umroh di sebuah bandara negara ketiga, maka jamaah umroh akan menempuh beberapa prosedur. Prosedur pemeriksaan keamanan dan proses menuju ruang tunggu untuk menunggu penerbangan selanjutnya menuju Saudi Arabia biasanya akan diberlakukan sama di setiap negara. Yang membedakan hanyalah luas dan besarnya airport serta fasilitas yang tersedia dari airport tersebut. (Baca : Pengalaman Transit di Bandara Hamad Internasional Doha dengan maskapai Qatar Airways)

6. Transit Penerbangan Umroh Qatar Airways

Ketika pesawat yang dinaiki oleh jamaah umroh berangkat dari Bandara di Indonesia (Jakarta, Denpasar, Surabaya, Medan, dll) kemudian tiba di bandara transit dalam Proses Transit dalam Perjalanan Umroh di negara lain, maka jamaah akan diminta turun dari pesawat dengan membawa serta seluruh barang – barang bawaan dari pesawat tersebut karena akan melanjutkan perjalanan umroh dengan menggunakan pesawat yang berbeda. Beberapa maskapai seperti Qatar, Emirates, Etihad, dan Oman, menggunakan tata cara demikian, meskipun barang bagasi jamaah lansgung terhubung menuju pesawat berikutnya (koper tidak diambil).

Boarding pass biasanya sudah di dapatkan sejak di bandara awal, sehingga begitu turun maka hanya akan melewati prosedur keamanan (security chek) tanpa harus menganti di chek in counter. Setelah tiba di area Transit atau Transfer, maka petugas akan meminta melewati prosedur keamanan (security chek) dengan proses seperti saat di bandara Indonesia, yaitu memasukkan seluruh barang bawaan ke mesin x ray, melepas ikat pinggang, hand phone maupun benda yang mengandung unsur logam, dan terkadang melepaskan sepatu dan melewati mesin detektor.

Proses Transit dalam Perjalanan Umroh

Setelah selesai proses pemeriksaan, jamaah dipersilahkan mengambil dan merapikan barang dan bergegas mencari petunjuk baik berupa layar LED maupun sign board yang berisi informasi nomor penerbangan atau tujuan penerbangan beserta nomor gerbang atau gate keberangkatan. Pengalaman jamaah syakirawisata.com untuk maskapai Qatar, Etihad maupun Emirates, proses transit dan berpindah pesawat ini sangatlah singkat. Para Jamaah umroh hanya perlu menunggu sekitar 1 hingga 1,5 jam saja di bandara.

7. Etihad Transit di Abu Dhabi International Airport Umroh

Carilah gate atau pintu sesuai dengan yang tertera di boarding pass yang sudah didapatkan di bandara asal. Namun jamaah umroh syakirawisata.com tak perlu bingung maupun bersusah payah mencari gate berikutnya, karena pembimbing ibadah telah berpengalaman. Setelah tiba di gate atau ruang tunggu boarding untuk penerbangan selanjutnya, maka jamaah cukup mencari tempat duduk dan menunggu sampai proses boarding atau naik pesawat diumumkan. Fasilitas kamar mandi dan mushola serta wifi gratis sudah tersedia serta dapat dimanfaatkan secara gratis sambil menunggu penerbangan berikutnya

 

Proses Transit dalam Perjalanan Umroh
Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!