Apa Yang Dilakukukan Jamaah Umroh Saat Tiba di Bandara Jeddah atau Madinah?

Menunaikan ibadah umroh dalam sebuah grup atau menggunakan jasa travel merupakan pilihan yang tidak ribet dan sangat disarankan. Meskipun Anda berangkat dalam sebuah grup yang dikelola biro travel umroh, bukan berarti jamaah dapat bersikap santai apalagi sampai melakukan tindakan ceroboh, apalagi saat baru mendarat tiba di bandara Jeddah, Madinah, maupun bandara di negara ketiga (dalam perjalanan dengan pesawat transit).

bandara jeddah

Masing – masing jamaah diwajibkan untuk  bertanggungjawab dan harus mematuhi semua peraturan, termasuk apa saja yang disampaikan oleh pembimbing ibadah atau pemandu/guide dari travel umroh yang Anda pakai, termasuk soal apa yang harus dilakukan saat tiba di bandara Jeddah / Madinah.

Saat pertama kali Anda turun dari pesawat baik di bandara Jeddah atau Madinah. Perhatikan bahwa Anda tiba bersama dengan banyak penumpang yang memiliki tujuan yang hampir sama. Tujuan yaitu melaksanakan ibadah umroh maupun haji. Walaupun jamaah sudah didampingi oleh pemandu ibadah, suasana di bandara yang penuh dengan lalu – lalang orang bisa jadi menjadi membingungkan.

Masih ditambah lagi dengan GEJALA JET LAG yang bisa saja menyerang jamaah yang baru saja menempuh perjalanan udara jarak jauh lebih dari 9 jam.  Informasi berikut semoga saja dapat membantu calon jamaah umroh tentang apa yang dilakukan saat tiba di bandara Jeddah / Madinah.

Sesaat Setelah Mendarat

Pastikan pesawat sudah benar – benar berhenti dengan sempurna. Begitu menginjakaan kaki turun dari pesawat di bandara jeddah / madinah, jamaah akan disambut perwakilan dari Kementrian Haji Kerajaan Saudi. Petugas dari kementrian haji inilah yang akan  membantu untuk menuntun rombongan calon jamaah umroh menuju ruang tunggu untuk pemeriksaan dan pengurusan dokumen keimigrasian umroh. Kesabaran Anda sangat diperlukan, karena ada banyak orang, biasanya jamaah harus rela antri menunggu hingga berjam-jam. Memanfaatkan waktu, di sini jamaah bisa membuka bekal makanan dan beristirahat. Namun jangan sampai terlepas dari grup umroh Anda.

Pemeriksaan Paspor dan Barang Bawaan

Tak jauh beda saat jamaah akan berangkat, atau apabila Anda sudah mendapat petunjuk dari pembimbing group ibadah mengenai pengawasan dan pemeriksaan paspor, visa serta barang bawaan saat di bea cukai. Semua tak luput dari pemeriksaan petugas bandara. Pastikan Anda calon jamaah selalu mengecek barang-barang secara detail dan mendapatkan informasi mengenai yang ada pada paspor, visa, maupun arrival card sebelum meninggalkan tempat itu. Jangan ragu untuk bertanya kepada pembimbing ibadah umroh jika ada hal maupun untuk mendapatkan penjelasan yang kurang Anda ketahui.

2. Landing Madinah

Setelah selesai pemeriksaan, Anda akan dibimbing menuju ke ruang tunggu. Di dalam ruang tunggu ini fasilitasnya jauh lebih lengkap dan beragam. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh calon jamaah umroh. Seperti sholat, membeli makanan dan minuman, atau sekedar mencuci muka menghilangkan rasa kantuk, dan juga membeli beberapa barang di pertokoan duty free yang ada di bandara. Atau dapat menukar uang rupiah Anda ke dalam mata uang Riyal. Pembimbing grup travel umroh akan mengumpulkan dan menyimpan dokumen paspor Anda guna kepentingan pemesanan  bus yang akan membawa rombongan menuju hotel.

Naik Bus menuju kota Mekkah/Madinah

Saat bis yang dipesan datang, jangan lupa lakukan pengecekan semua barang-barang yang Anda bawa. Tetap ikuti petunjuk dan arahan dari pembimbing ibadah. Karena Beliau lah yang tahu mana bis yang akan Anda dan rombongan pakai. Bawa barang-barang kecil yang ada di tas jinjing (tas paspor) bersama Anda,  karena tas koper besar akan diangkut oleh petugas porter ke dalam bagasi bus.

Paspor Anda akan dibawa oleh sopir atau petugas bus dan jumlah penumpang dalam bus akan dihitung. Saat masuk ke gerbang kota Mekkah / Madinah, bus akan melewati sebuah area chek point. Area ini berfungsi sebagai pos pemeriksaan untuk mencocokkan jumlah paspor yang dibawa dan penumpang.

3. Landing Madinah

Jika Anda ingin turun sebentar, untuk sekedar ke toilet atau keperluan lain, segera beritahu pembimbing grup Anda  atau langsung ke sopir. Intinya apapun yang ingin Anda lakukan, beritahu pembimbing ibadah dari romongan umroh adalah tempat Anda bertanya. Hindari sifat riya (terutama bagi mereka yang sudah berkali – kali melaksanakan ibadah umroh). Jangan malu bertanya dan pastikan Anda menanyakan hal – hal  yang kurang Anda pahami sampai benar – benar paham. Hindari melenceng dari jadwal serta aturan yang telah ditetapkan oleh pembimbing ibadah maupun biro travel umroh Anda.

bandara jeddah
Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!