(024) 672 4321 umroh@syakirawisata.com

Salah satu hasil Munas ke IV Asosiasi Muslim Penyelenggara Umroh dan Haji Republik Indonesia (AMPHURI) yang dilaksanakan di Bogor baru – baru ini dengan tegas meminta Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Agama agar menolak pengenaan biaya  visa umroh dan haji tambahan yang dilakukan oleh pemerintah kerajaan Arab Saudi

harga-visa-umroh-2

Kenaikan biaya visa sebesar 2.000 riyal ini dikenakan kepada masing – masing jamaah yang pernah melaksanakan ibadah umroh dan haji. Atau bagi jamaah yang akan melaksanakan ibadah haji dan umroh kedua terhitung sejak tahun 2014.

Joko Asmoro ketua umum AMPHURI mengatakan bahwa kenaikan biaya visa umroh sebesar 2.000 riyal. Hal ini memang sangat berdampak pada berkurangnya minat umat muslim untuk beribadah umroh. Walaupun dampak buruk kenaikan biaya visa terhadap penurunan jumlah jamaah terlihat signifikan

Joko Asmoro mengharapkan masyarakat khususnya mereka yang berniat melaksanaan ibadah haji maupun umroh untuk kedua kalinya. Hendaknya memahami bahwa kenaikan harga visa dan pengenaan biaya sebesar 2000 riyal bukanlah merupakan kebijakan dari penyelenggara.  (biro travel umroh) namun murni dari kebijakan pemerintah Arab Saudi.

harga-visa-umroh

Aturan ini mau tidak mau mereka tetap harus tetap di patuhi untuk siapapun, bukan Cuma untuk Indonesia, melainkan dari seluruh dunia

Bagi syakirawisata.com sendiri kenaikan biaya visa ini jelas sangat memberatkan. Selain hal ini dapat menimbulkan miss persepsi antara biro penyelenggara umroh dan haji dengan para jamaahnya, kebijakan ini juga sangat tidak masuk akal, mengingat penyelenggara haji dan umroh selalu menyertakan petugas dan pembimbing haji dan umroh bukan dari pembimbing yang masih “hijau” melainkan mereka yang telah berpengalaman. Dan pengguna visa multiple ini dikenakan BIAYA VISA yang jauh lebih mahal.

Meskipun terjadi kebijakan untuk menaikkan harga visa umroh, AMPHURI tetap optimis kedepan keinginan masyarakat untuk melaksanakan umroh masih sangat besar.  Tahun 2016 ini saja tercatat jumlah jamaah umroh yang telah diberangkatkan sebanyak 699.800.

Dalam kesempatan terpisah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin Senin 7 November 2016 malam dalam sebuah pertemuan dengan Dubes Arab Saudi, Osamah Mohammed al-Shuibi, di Jakarta, menyampaikan pengakuan dan menghormati kebijakan baru dari Pemerintah Arab Saudi tersebut.

harga-visa-umroh-3

Bagaimanapun kebijakan ini merupakan otoritas penuh dari pemerintah kerajaan saudi. Namun demikian, Menag berharap otoritas pemerintah kerajaan Saudi dapat mempertimbangkan ulang pemberlakuan biaya visa bagi jamaah umroh dan petugas haji asal Indonesia.

Selain visa umroh, Menag juga berharap visa petugas haji bisa dibebaskan biaya. Sebab, menurut Menag, agar bisa memberikan pelayanan terbaik, para petugas haji dan umroh justru harus berpengalaman.

Biaya Visa Umroh
Be Sociable, Share!