(024) 672 4321 umroh@syakirawisata.com

Pada tanggal 16 Juni 2015 di ajang World Airline Awards at the Paris Air Show. Skytrax sebuah perusahaan konsultan riset terhadap maskapai penerbangan, bandara, dan elemen pendukung penerbangan (inflight entertainment, makanan, dan pelayanan staff ). Berhasil memilih 10 maskapai terbaik dunia 2015 yang beberapa diantaranya memiliki dan melayani rute perjalanan umroh.

Kesepuluh maskapai penerbangan ini dipilih dari hasil riset terhadap lebih dari 240 maskapai penerbangan di dunia dan lebih dari 18 juta pengguna jasa transportasi udara di tahun 2015.

Dikutip dari situs resmi skytrax, Perusahaan yang hasil risetnya sering dipakai oleh otoritas penerbangan dunia dalam membuat peraturan transportasi udara, menempatkan GARUDA INDONESIA, maskapai nasional yang memiliki rute perjalanan umroh di rangking urutan ke 8 di dunia, dengan World’s Best Cabin Crew nya. Dan inilah urutan 6 dari 10 maskapai terbaik dunia 2015  yang memiliki rute perjalanan umroh adalah sebagai berikut :

  1. Qatar Airways (Juara Umum – Peringkat 1 Dunia)

Dengan cadangan minyak dan gas bumi terbesar, menjadikan Qatar, negara yang terletak di Jazirah Arab sebagai negara paling kaya di dunia. Kesejahteran hidup warga negaranya seringkali dianggap lebih maju dibandingkan negara-negara di Eropa sekalipun. Kemajuan Qatar dalam bidang ekonomi tentu saja berbanding lurus dengan sarana transportasi udara sebagai sarana pendukung. Qatar Airways adalah maskapai penerbangan nasional yang bermarkas di Bandara Hamad International Doha, ibukota Qatar. Tidak kurang dari 156 pesawat yang berusia “muda” kurang dari 5 tahun melayani lebih dari 150 destinasi di seluruh dunia, termasuk rute perjalanan umroh. Di tahun ini pencapaian Qatar Airways sebagai maskapai terbaik dunia 2015 merupakan prestasi ketiga kalinya, setelah pada tahun 2011 dan 2012 juga menyabet gelar yang sama

qatar airways 1

Mulai 1 Maret 2013 tercatat Qatar Airways 3 kali menerbangi rute Jakarta – Jeddah, dan Jakarta – Madinah via Doha, PP setiap harinya. Menggunakan armada terbaru Boeing 777 – 200 LR, Boeing 777-300 ER maupun Airbus A330 – 300 yang nyaman untuk penerbangan diatas 8 jam, tak terkecuali untuk Penerbangan umroh yang ditempuh dalam waktu 9 hingga 10 jam. Rute Jakarta – Jeddah via Doha diberangkatkan pada pukul 00:20 (QR 955), jam 06:10 (QR 959), 17:45 (QR 957) dan 00:25 (QR 955).

Selain melayani penerbangan dari Jakarta, mulai 16 Juli 2014 Qatar airways membuka Rute Penerbangan umroh dari Denpasar – Jeddah via Doha dua kali sehari, yakni pada pukul 00:20 (QR 961) 19:05 (QR 963) dengan transit terlebih dahulu di Doha, selama lebih kurang 2 – 4 jam, untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah maupun Bandar Udara Internasional Prince Mohammad bin Abdul Aziz Madinah.

  1. Singapore Airlines (Peringkat 2 Dunia)

Singapore Airlines, dilihat dari namanya merupakan maskapai penerbangan nasional milik negara tetangga, Singapura. Maskapai ini bermarkas di Bandara Internasional Changi Singapura, sebuah bandara yang dapat menampung 50 juta penumpang dan pada tahun ini dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia (World’s Best Airport by travellers). Maskapai ini memiliki 114 buah armada yang rata – rata berusia dibawah 7 tahun. Singapore Airlines merupakan salah satu pengguna Airbus A380-800 pesawat terbesar di yang mampu menampung hingga 800 penumpang dan terkadang mempergunakannya dalam penerbangan umroh non direct.

singapore airlines

Untuk perjalanan umroh menggunakan Singapore Airlines, jamaah dapat diberangkatkan dari Jakarta, Surabaya, maupun Semarang melalui maskapai anak perusahaannya, Silk Air (SQ 5101) dengan terlebih dahulu transit di Singapore selama 2-6 jam. Waktu transit ini biasanya dimanfaatkan oleh kami, Syakira Wisata untuk kegiatan city tour gratis di Singapore. Selain menempatkan Singapore Air di peringkat ke dua maskapai terbaik dunia, maskapai ini juga di daulat sebagai maskapai dnegan prestasi World’s Best Business Class (maskapai dengan kelas bisnis terbaik), Best Airline in Asia (maskapai terbaik di Asia) dan World’s Best First Class Airline Seat (maskapai dengan seat kelas pertama terbaik)

  1. Turkish Airlines (Peringkat 4 Dunia)

Mengawali penerbangan di tahun 1933, hanya dengan lima unit pesawat, kini dengan kekuatan 246 armada pesawat yang rata – rata berusia dibawah 6 tahun, Turkish Airlines melirik besarnya jamaah perjalanan umroh asal Indonesia. Maskapai yang memilih Bandara Internasional Atatürk (IST), Istanbul sebagai bandara penghubung dari 130 tujuan kota besar di dunia termasuk untuk perjalanan umroh menuju Jeddah.

Turkish Airlines
Pada tahun 2015, merupakan tahun kelima Turkish Airlines mempertahankan gelar sebagai “Airline Terbaik di Eropa” dan penghargaan “Best Business Class Catering di Lounge” oleh Skytrax. Saat ini Turkish Airlines terus berinovasi dalam kualitas pelayanan, sistem hiburan dalam penerbangan, kursi yang nyaman, catering halal dan tentu saja SDM. Turkish Airlines menjadwalkan 1 kali penerbangan perjalanan umroh Jakarta – Jeddah via Istanbul pada jam 20:35 (TK 57). Untuk saat ini Syakira Wisata membuka program UMROH PLUS TURKEY dengan menggunakan maskapai Turkish Airlines.

  1. Emirates (Peringkat 5 Dunia)

Selama dasarwarsa terakhir, Dubai dengan maskapai Emirates nya terus berkembang menjadi salah satu pemain utama penerbangan jarak jauh di dunia, dan menjadikan Bandar Udara Internasional Dubai sebagai bandara termewah yang menghubungkan 150 kota di 74 negara di dunia. Maskapai penerbangan ini merupakan anak perusahaan dari The Emirates Group dan sepenuhnya merupakan milik pemerintahan Uni Emirat Arab. Emirates menyadari bahwa armada pesawat merupakan titik central pelayanan mereka dalam bisnis transportasi, tak terkecuali untuk penerbangan perjalanan umroh. Maskapai ini memiliki 238 buah pesawat dengan 67 buah diantaranya merupakan armada pesawat Airbus A380 yang merupakan pesawat terbesar di dunia, serta Boeing 777 dan Airbus A340 pesawat jet berbadan lebar.

Sebagai negeri petro dollar yang tengah berupaya mewujudkan ambisi nya sebagai negara yang mencetak rekor dunia terbanyak, dari mulai burj khalifa sebagai menara tertinggi, Bandara Internasional Dubai sebagai bandara terbesar yang dapat menampung hingga 120 juta penumpang, hingga penerbangan maskapai terbaik.

Emirates a380

Emirates memiliki tiga kelas penerbangan, yaitu Economy Class, Business Class, dan First Class. Konsep First Class yang Emirates tawarkan akan memberikan privasi seperti yang penumpang butuhkan, seperti ruangan tertutup, minibar pribadi, kursi yang dapat diubah menjadi tempat tidur. Namun bagi Anda yang menggunakan Economy Class pada penerbangan umroh, tak perlu khawatir, karena Emirates juga mendesain kursi sedemikian rupa sehingga memberikan rasa nyaman selama perjalanan. Jarak antara kursi di Economy Class antara 79-81 cm, cukup nyaman untuk penerbangan yang memakan waktu lebih dari 9 jam. Selain itu, Emirates merupakan maskapai penerbangan dengan penyediaan fasilitas hiburan terbaik di antara maskapai-maskapai penerbangan lainnya.

Saat ini untuk rute perjalanan umroh Jakarta – Jeddah maupun Jakarta – Madinah via Bandara Internasional Dubai, maskapai penerbangan Emirates memiliki jadwal 3 kali penerbangan yaitu pada pukul 00: 40 (EK 359), jam 07:45 (EK 369) dan EK357 pada jam 17:55. Selain dari Jakarta, penerbangan perjalanan umroh dengan maskapai emirates pun dapat dinikmati dari kota Denpasar Bali, dengan 1 kali penerbangan pada pukul 23:40 (EK 399) dengan masa tunggu untuk transit di Bandara Dubai selama 1 – 2 jam guna penerbangan lanjutan menuju Jeddah maupun Madinah.

  1. Etihad Airways (Peringkat 6 Dunia)

Maskapai terbesar kedua milik pemerintah Uni Emirat Arab setelah Emirates, Etihad Airways yang Didirikan oleh dekrit kerajaan Emirat Abu Dhabi pada bulan Juli 2003 dan mulai beroperasi pada 13 November 2003 terus mengepakkan sayapnya ke 120 kota di 55 negara seluruh dunia, tak terkecuali Jakarta, Jeddah, dan Madinah. Maskapai penerbangan yang memiliki 118 armada, termasuk 4 buah pesawat Airbus A380 yang sering dipergunakan dalam penerbangan umroh maskapai yang sering disebut sebagai “adik kandung” dari maskapai Emirates.

etihad

Di Indonesia sendiri, Etihad Airways yang memiliki slogan From Abu Dhabi to The World mengudara dari terminal 2D Bandara soekarno Hatta, Jakarta sebanyak 2 kali sehari, yakni pada pukul 01:30 WIB (EY 471) dan 17:15 (EY 475). Dalam penerbangan umroh maskapai ini singgah dahulu di Abu Dhabi, untuk melakukan connecting flight.

  1. Garuda Indonesia (Peringkat 8 Dunia)

Sebagai national flag carrier yang membawa nama baik Indonesia ke seluruh dunia, Garuda Indonesia berhasil menduduki peringkat ke 8 dari Ratusan Maskapai penerbangan di Dunia. Tak hanya itu, dengan pelayanan prima para awak kabin nya, Garuda Indonesia juga berhasil menyabet penghargaan sebagai World’s Best Cabin Crew dan masuk dalam peringkat maskapai dengan pelayanan bintang lima versi skytrax.

Meskipun peringkat Garuda Indonesia di tahun ini turun dari tahun lalu, namun dalam pelayanan pernerbangan perjalanan umroh Maskapai Garuda Indonesia masih menjadi pilihan utama jamaah umroh dari Indonesia. Hal ini selain karena Garuda Indonesia memiliki jadwal penerbangan umroh reguler Jakarta – Jeddah, Garuda juga memberikan layanan pemberangkatan umroh dari Makasar, Medan dan Surabaya menuju Jeddah tanpa transit.

garuda 747 syakira

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia memilik 140 armada guna melayani penerbangan domestik dan internasional. Untuk penerbangan perjalanan umroh, Garuda masih menggunakan armada Boeing 747-400 disamping Airbus A330 dan Boing 777-300 dengan waktu tempuh 9-10 jam tanpa transit.

6 dari 10 maskapai terbaik di dunia ini merupakan maskapai penerbangan perjalanan umroh, yang memiliki rute terbang langsung maupun tidak langsung menuju Jeddah, maupun Madninah. 4 maskapai lain, yaitu Cathay Pacific (Peringkat 3), ANA All Nippon Airways (Peringkat 7), EVA Air (Peringkat 9) dan Qantas Airways (Peringkat 10) masing – masing tidak memiliki jadwal penerbangan umroh dari Indonesia menuju Jeddah maupun Madinah.

Maskapai Terbaik Dunia 2015
Be Sociable, Share!