(024) 672 4321 umroh@syakirawisata.com

Mengapa memilih penerbangan umroh yang mendarat (landing) di Madinah? Setidaknya jika pesawat yang kita tumpangi mendarat di Bandara Madinah, selain suasana bandara yang lebih sepi dan nyaman, waktu yang dibutuhkan untuk pemeriksaan imigrasi juga cenderung lebih cepat.

Para jamaah umroh bisa langsung beribadah di masjid nabawi, setibanya di Kota Madinah Al Munawwarah. Jarak dari bandara Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz Madinah menuju Masjid Nabawi hanya 20 menit. Namun jika kita mendarat di bandara King Abdul Aziz Jeddah, butuh waktu sekitar 6 – 7 jam perjalanan darat untuk menuju kota Madinah

Dengan alasan tersebut, maka syakira wisata berusaha menghadirkan catatan dan pengalaman kami mengenai 6 Maskapai yang Menyediakan Rute Penerbangan umroh  Landing Madinah, khususnya untuk maskapai yang tidak mempergunakan codeshare. 6 Maskapai yang sebagian besar di dominasi oleh maskapai flag carrier tersebut antara lain :

  1. Garuda Indonesia

Sebagai Maskapai plat merah, Garuda Indonesia menduduki peringkat pertama posisi favorit dalam melayani penerbangan umroh rute  Jakarta Madinah. Meskipun kehadirannya terbilang masih sangat muda dalam rute Jakarta Madinah, namun maskapai ini menonjolkan sisi penerbangan langsung tanpa transit menuju Bandara Madinah 

Tingginya Harga tiket Garuda mengakibatkan Harga Paket umroh Garuda Indonesia yang terpaut cukup banyak dari maskapai penerbangan lain. Namun ternyata hal ini tidak memberikan dampak penurunan yang signifikan atas permintaan penerbangan umroh dengan maskapai kebanggaan bangsa, Garuda Indonesia.

Saat ini Garuda Indonesia melayani penerbangan Jakarta – Madinah tiga kali dalam seminggu yaitu setiap Senin, Rabu, dan Sabtu. Selain Jakarta, Penerbangan Surabaya – Madinah dilayani setiap hari Selasa.

Penerbangan umroh berangkat dari Jakarta pada pukul 14.30 WIB dan mendarat di Madinah pukul 20.35 Waktu setempat. Sedangkan penerbangan dari Madinah menuji Jakarta berangkat dari Madinah pukul 22.45 dan mendarat di Jakarta pukul 12.35 WIB hari berikutnya.

Penerbangan dari Surabaya ke Madinah (GA-974) terjadwal berangkat dari Surabaya 06.45 WIB dan estimasi waktu mendarat di Madinah pukul 16.35 waktu Saudi. Sementara penerbangan pulang dari Madinah ke Surabaya (GA-975) terjadwal berangkat dari Madinah pukul 18.35 dan bakal tiba di Surabaya 10.55 WIB di hari berikutnya. Penerbangan Surabaya – Madinah akan transit di Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh guna  pengisian bahan bakar.

Garuda Indonesia sendiri menyiapkan pesawat berbadan lebar dalam melayani rute Madinah yakni B777-300ER dan Airbus 330-300 dengan kapasitas 360 jamaah dengan konfigurasi  All Economy class.

  1. Saudi Arabian Airlines

Masih terbukanya pangsa pasar penerbangan umroh ternyata juga menarik perhatian dari Maskapai terbesar milik Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Tak tanggung – tanggung, selain membuka rute Jakarta – Madinah, maskapai ini juga menyasar rute Surabaya Madinah. Kedua rute penerbangan ini merupakan rute penerbangan tanpa transit langsung landing Madinah.

umroh saudi arabian landing madinah

Untuk Rute Jakarta Madinah maskapai ini menerbangan penumpang yang mayoritas jamaah umroh dan para pebisnis 2 kali sehari. Sementara untuk jadwal penerbangan Surabaya – Madinah, berlangsung pada hari Selasa dan Kamis menggunakan armada Boeing 747.

  1. Etihad Airways

Harga tiket yang kompetitif, waktu transit yang tidak lama, dan fasilitas di dalam  penerbangan umroh full service nampaknya pantas disematkan pada maskapai asal Uni Emirate Arab ini. Maskapai ini terbang dari Jakarta menuju Abu Dhabi dua kali dalam sehari.

Namun untuk penerbangan umroh landing madinah kami sarankan mengambil penerbangan EY 475 tujuan Jakarta – Abu Dhabi dan EY 345 Abu Dhabi – Madinah. Penerbangan ini hanya memiliki waktu transit sekitar 1 hingga 2 jam. Pilihan transit ini perlu dipertimbangkan guna mendapatkan Paket Umroh Landing Madinah dengan harga yang cukup ekonomis.

Soal makanan dan hiburan dalam pesawat anda tak perlu khawatir. Maskapai dengan armada yang terbilang baru ini menawarkan menu masakan dan beberapa film dan music sebagai hiburan yang sudah disesuaikan dengan selera jamaah umroh Indonesia. Tersedia pula bacaan Al Qur’an serta doa haji dan umroh

  1. Emirates

Emirates tercipta sebagai “kakak kandung” dari Etihad, sama – sama berasal dari Uni Emirates Arab. Bedanya Emirates bermaskas di Dubai, ibu kota Negara. Maskapai ini selain menjadi favorit para jamaah umroh, juga menjadi pilihan utama bagi para pebisnis lintas Negara. Bagi para traveler, maskapai ini mendapat julukan sebagai maskapai internasional “sejuta umat”

emirates umroh madinah

Penerbangan umroh landing madinah via Dubai dengan EK 357 dengan transit di Bandara Dubai selama 1,5 hingga 2 jam. Apabila beruntung, anda akan mendapatkan armada Airbus A380.  Sebagai armada pesawat dengan dua lantai, terbesar di dunia saat ini. Penerbangan dengan Emirates menjadi salah satu komponen paket umroh plus Dubai

  1. Oman Airways

Setelah penerbangan umroh Qatar Airways ditutup akibat ketegangan diplomatik, maka salah satu alternatif penerbangan dengan harga paket umroh yang relative terjangkau adalah dengan maskapai Oman Airways. Kesultanan Oman sendiri adalah Negara penghasil minyak yang kaya raya. Hal ini sedikit banyak berimbas pada armada pesawat yang dipergunakan.

Dalam penerbangan umroh ini Oman Airways menggunakan pesawat Boeing 787 – 900 Dreamliner. Produksi terbaru dari Boeing yang di klaim akan menjadi pesawat tercanggih masa depan. Soal kenyamanan armada ini tak perlu diragukan Pesawat dengan nomor penerbangan WY 850 ini akan berangkat dari Jakarta pada jam 14:55. Penerbangan umroh menuju madinah akan transit di bandara Muscat hanya selama 1,5 jam. Atau Anda dapat transit lebih lama, jika sengaja mengambil paket umroh plus Oman.

Oman Air Jakarta Madinah

Fasilitas di pesawat Oman tergolong full service, antara lain jarak antar kursi penumpang lebih luas, yang memberikan keleluasaan lebih untuk penumpang jarak jauh. Ukuran jendela pun lebih besar, dengan system kendali jendela elektronis, layanan makanan dua kali, serta pemberitahuan di pesawat (announcement) dengan bahasa Indonesia.

Sebenarnya masih tidak sedikit beberapa kelebihan yang belum di sebutkan, namun susunan diatas hanya sejumlah keunggulan kunci dari Boeing 787 dalam penerbangan umroh landing madinah.

  1. Turkish

Maskapai penerbangan milik negeri Turkey ini sangat pas jika jamaah umroh di dalamnya adalah jamaah umroh plus Turkey. Salah satu keuntungan naik Turkish Airlines dalam penerbangan umroh menuju Madinah adalah para calon jamaah akan transit di Istanbul.

Dalam catatan sejarah kota ini dahulu bernama Konstantinopel, saat ini kota eropa muslim ini  menjadi tujuan wisatawan dari seluruh dunia. Terletak di perbatasan antara Benua Eropa dan Benua Asia, Istanbul menyuguhkan cultural heritage baik.

Penerbangan umroh dengan Turkish Airways menuju madinah dengan nomor penerbangan TK57 pada jam 20:45. Dengan waktu transit di Bandara Ataturk Istanbul Turkey antara 7 hingga 20 jam. Waktu transit yang cukup lama ini dapat dimanfaatkan oleh calon jamaah umroh dengan kegiatan City tour di kota Istanbul Turkey maupun menginap Gratis persembahan dari Turkish Airways.

turkish free city tour