(024) 672 4321 umroh@syakirawisata.com

Unta merupakan salah satu jenis hewan yang hidup di padang pasir dan sering dijumpai di negara-negara timur tengah. Saat ini banyak peternakan unta Makkah yang dijadikan tujuan wisata jamaah haji ataupun umroh. Para jamaah biasanya ditawari untuk memerah sendiri susu unta oleh penggembala. Setelah diperah, susu unta segar bisa langsung diminum oleh para jamaah.

Masyarakat Arab banyak yang menggunakan air susu unta sebagai pencegahan dan pengobatan penyakit jantung dan diabetes. Susu unta ternyata kaya dengan kandungan vitamin B, vitamin C, dan mineral sepuluh kali lebih banyak jika dibandingkan dengan susu sapi. Kadar lemak jenuh yang ada pada susu unta juga lebih sedikit daripada susu sapi.

Khasiat Susu Unta dari Peternakan Unta Makkah

  1. Mengontrol Diabetes

Khasiat susu unta yang pertama yaitu dapat digunakan untuk mengontrol diabetes tipe 1. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian yang menyebutkan bahwa susu unta mengandung insulin yang mempunyai efek anti-diabetes di dalam tubuh. Apabila susu unta dikonsumsi sebanyak 0,5 liter maka akan mengurangi kebutuhan obat insulin sebanyak 30%. Sehingga dengan mengkonsumsi susu unta mampu mengurangi dosis insulin.

  1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Khasiat yang selanjutnya susu unta dari peternakan unta Makkah ialah mampu membantu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Susu unta mengandung antibodi dan imunoglobulin yang berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh dari serangan penyakit dan serangan partikel asing dari luar tubuh.

Adapun fungsi utama imunoglobulin adalah untuk melindungi tubuh dari gangguan alergi, autoimun, infeksi bakteri, virus, dan jamur. Dengan mengkonsumsi susu unta setiap hari mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik.

  1. Membantu Perkembangan pada Anak Autis

Selain mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, susu unta dari peternakan unta Makkah juga membantu perkembangan pada anak autis. Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa tidak adanya kandungan beta-kasein dan beta-laktoglobulin di dalam susu unta menjadikan susu unta tidak merugikan penderita autisme.

Kemudian kandungan imunoglobulin dan protein yang terdapat di susu unta mampu untuk membantu perkembangan otak. Susu unta membantu anak-anak autis agar keterampilan berkomunikasi dan fungsi otak menjadi lebih meningkat.

  1. Sebagai Suplemen Kesehatan dan Obat Penyakit Pernafasan

Susu unta juga memiliki beragam manfaat lainnya, seperti digunakan untuk membersihkan darah, menyuburkan tubuh yang kurus, menghilangkan rasa was-was, memberikan efek tenang, mengurangi penyakit ragu dan risau. Jika susu unta diminum dengan madu maka akan berkhasiat membersihkan kotoran perut yang bercampur dengan sisa makanan.

Jika susu unta dicampur dengan gula maka bisa digunakan untuk mengkilatkan dan memperindah warna kulit, menyembuhkan penyakit TBC, paru-paru, dan sesak nafas. Susu unta juga sangat baik digunakan untuk memperlancar, memperhalus, dan membuka sesuatu yang tertutup pada sistem pencernaan. Bagus juga digunakan untuk menghilangkan rasa haus.

  1. Obat Tradisional Bangsa Arab

Susu unta juga sering digunakan oleh bangsa Arab sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit seperti sakit gigi, cacar, luka, keracunan, dan gangguan pencernaan. Menurut bangsa Arab, susu unta paling bagus digunakan sebagai obat yakni susu yang keluar 40 hari setelah melahirkan. Adapun susu unta yang baik adalah yang memiliki warna putih pekat, harum, rasa manis sedang, lezat, tidak terlalu kental, lemak sedang, dan diperah dari unta sehat.

Beberapa ahli juga menyebutkan bahwa susu unta dari peternakan unta Makkah bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung serta mengatasi permasalahan seksual, seperti impotensi dan kurangnya libido.

Meskipun bukan merupakan syarat maupun rukun haji dan umroh, Peternakan Unta di Makkah merupakan salah satu objek kunjungan dalam acara ziarah dan city tour jamaah umroh Syakira Wisata. Peternakan ini merupakan objek dalam kemasan paket perjalanan seputar kota Makkah selain MUSEUM HARAMAIN dan pabrik pembuatan KISWAH KA’BAH. Disini anda dan keluarga dapat langsung mengunjungi peternakan unta yang mayoritas di kelola oleh suku Arab Badui.

Selain melihat unta, anda juga bisa memerah dan merasakan nikmatnya minum susu unta. Tak hanya susu yang dijual seharga 5 riyal per botol, peternakan juga menyediakan air kencing unta sebagai sarana pengobatan alternative sesuai hadist Rasulullah SAW. Ingin mencoba ? Hubungi syakira wisata cabang terdekat di kota Anda, untuk informasi dan pendaftaran PROGRAM UMROH MURAH yang terpercaya

Be Sociable, Share!