(024) 672 4321 umroh@syakirawisata.com

10 Tips menghadapi suhu panas kota Mekkah sangatlah diperlukan ketika Anda sedang berada di Mekkah untuk melakukan ibadah haji maupun umroh. Kebanyakan ketika musim haji atau ketika beribadah umroh ramadhan tiba suhu di Mekkah sangat panas dan berbeda dengan suhu di Indonesia.

Mekkah sendiri merupakan kota utama di Arab Saudi, terletak 600 km sebelah selatan kota Madinah dan kurang lebih berada 200 km sebelah timur laut Jeddah. Suhu tertinggi kota Mekkah bisa mencapai 50⁰ C dan disertai angin panas.

Baca : Menelisik Masjid Terapung Jeddah yang benar – benar tidak terapung

Suhu di kota Mekkah sendiri terkenal sangat extreme. Sangat dingin saat musim dingin dan sangat panas ketika musim panas. Dengan suhu yang begitu ekstrim banyak jama’ah haji dan umroh Indonesia yang mengalami gangguan kesehatan.

Penyebab kota Mekkah panas karena jauhnya kota Mekkah dari lembah air besar dan jarang sekali turun hujan, terkadang ketika sekali hujan lebat akan mengakibatkan banjir dimana – mana.

Tantangan jama’ah akan lebih berat ketika terjadi pergantian musim dingin ke musim panas yang terkadang terjadi badai pasir. Masalah kebersihan dan udara juga menjadi faktor tambahan orang jadi sakit. Banyak juga terjadi masalah kesehatan ketika jama’ah sampai di Mekkah padahal ketika berangkat kondisinya sehat, hal ini karena adaptasi tubuh yang kurang baik.

10 Tips Menghadapi Suhu Panas Kota Mekkah
  1. Bagi calon haji yang akan berangkat diharapkan untuk mempersiapkan diri dengan baik. Lakukan pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi untuk menghindari terserangnya penyakit ketika haji karena kekebalan tubuh menurun. Lakukan Olahraga setiap hari, disarankan berjalan-jalan kecil agar ketika melakukan Sa’i dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah.
  2. Bagi Anda yang memiliki penyakit berbahaya hendaklah dari awal memeriksakan diri secara rutin dan minumlah obat dari resep dokter untuk menjaga tubuh tetap stabil. Mintalah saran dokter untuk pertolongan pertama jika terjadi sesuatu ketika melakukan ibadah haji.
  3. Perbanyaklah minum sewaktu berada di tanah suci. Biasanya pemerintah Arab menyediakan air zam-zam dan es batu untuk para jama’ah haji atau umroh ketika suhu panas melanda. Minumlah secara rutin tapi jangan terlalu banyak, usahakan Anda tidak akan dehidrasi ketika di Mekkah. Dan jangan minum air zam – zam yang dingin. Pilihlah Tanki zam – zam yang bertuliskan “NOT COLD” di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi
  4. Buah-buahan merupakan sumber energi dan air yang baik, maka konsumsilah buah-buahan yang ada di Mekkah agar kesehatan Anda tetap terjaga. Buah – buahan adalah salah satu menu yang tersedia bagi jamaah umroh Syakira Wisata, disamping menu catering lain yang disajikan secara prasmanan
  5. Tips menghadapi suhu panas kota Mekkah selanjutnya menganjurkan pemakaian payung, jika Anda tidak bisa menahan panasnya kota Mekkah, Anda bisa menggunakan payung sebagai pelindung ketika di Mekkah. Gunakanlah payung yang muat untuk diri Anda sehingga tidak menghalangi jama’ah lain yang berjalan. Jangan menggunakan topi atau peci, apalagi ketika anda melaksanakan ibadah umroh. Karena menutup kepala merupakan salah satu larangan ihram bagi laki – laki
  6. Selalu sediakan handuk kecil dan semprotan air dalam tas. Hal ini sangat berguna karena cuaca yang panas dapat membuat Anda dengan mudah berkeringat dan lelah. Semprotan bisa berguna menjadikan Anda tetap segar.
  7. Ketika berada di Mekkah gunakan waktu sebaik mungkin. Karena biasanya bagi sebagian orang akan menggunakan waktu sebelum puncak haji dengan jalan-jalan dan tiba waktunya beribadah haji kondisi tubuhnya kurang sehat.
  8. Gunakanlah kaca mata hitam ketika berada di Mekkah, karena dengan teriknya matahari akan membuat Anda silau dan mata Anda akan perih.
  9. Bawalah obat-obatan untuk memberikan pertolongan pertama ketika Anda mulai merasakan kondisi tidak enak badan.
  10. Yang paling penting dari tips menghadapi suhu panas kota Mekkah di atas adalah berdoalah meminta perlindungan dan pertolongan Allah.

Itulah 10 dari beberapa tips menghadapi suhu panas kota Mekkah yang harus Anda perhatikan. Tetaplah jaga asupan minum dan makanan. Jangan takut untuk pergi menuju kota Mekkah untuk beribadah haji maupun UMROH, karena Allah senantiasa bersama Anda.

Be Sociable, Share!